Anggrek Anggrek Ini Mungkin Sudah Jarang Terlihat

Posted on

Siapa sih yang nggak tau bunga anggrek, bunga dengan harga yang selangit ini ternyata juga memiliki banyak sekali jenisnya. Termasuk jenis jenis yang langkah dan bahkan belum pernah anda temui sebelumnya. Dan tahukah anda jika ternyata ada beberapa bunga anggrek yang memiliki keunikan mulai dari segi bentuk maupun corak bunga tersebut. Mau tahu jenis jenis bunga anggrek yang langkah? Tengok artikel berikut.

1. Anggrek Ki Aksara

Gambar terkait
Anggrek Ki Aksara

Anggrek ini kalau dilihat lihat seperti bukan anggrek pada umumnya bukan? Namun anggrek ini merupakan anggrek yang unik karena warnanya yang hijau dan corak yang seperti petir ini membuat anggrek ini berbeda dari yang lain. Ukurannya yang kecil juga membuat orang semakin menyukainya. Jika tanaman ini dilihat lebih detail, akan ada seperti butiran butiran emas yang ada didalam corak petir bunga anggrek ki aksara. Anggrek ki aksara mempunyai anama lain yakni Macodes petola.

2. Anggrek Jamrud

Gambar terkait
Anggrek Jamrud

Bunga bisa dibilang unik karena memiliki bulu pada kelopak luarnya dan pada kelopak dalam tampak halus sehingga bunga anggrek ini sangat menarik. Anggrek ini mempunyai nama lain yaitu Dendrobium macrophyllum. Sebagian orang mengatakan bahwa anggrek ini seperti kulit rambutan, karena keunikan pada kelopak bawahnya.

3. Anggrek Bulan

Hasil gambar untuk Anggrek Bulan
Anggrek Bulan

Anggrek bulan dikatakan anggrek langkah karena pertumbuhannya yang membutuhkan banyak perawatan. Anggrek yang satu ini sangat sedikit menyukai sinar matahari, mungkin ini juga yang membuat bunga anggrek ini disebut anggrek bulan. Dinamakan anggrek bulan juga karena kelopaknya yang lebar dan lumayan besar. Besar bunga anggrek bulan sekitar 10 cm lebih. Keutamaan anggrek yang satu ini adalah keharumannya yang lama dan mekar yang tahan lama, itu juga yang membuat anggrek bulan disukai banyak orang.

4. Anggrek Hartinah

Gambar terkait
Anggrek Hartinah

Nama anggrek yang satu ini Indonesia banget loh, buktinya ia hanya bisa berkembangbiak di Indonesia tepatnya di desa Baniare kecamatan Tele kabupaten Samosir. Anggrek yang satu ini merupakan anggrek tanah dengan banyak rumpun. Tanaman ini termasuk tanaman yang dilindungi bahkan dilindungi oleh undang undang negara tepatnya nomor 7 tahun 1999, benar benar sangat dijaga bukan? Anggrek ini juga mempunyai keunikan pada corak yang ia miliki, dan corak tersebut jarang dimiliki oleh bunga anggrek lain.

5. Anggrek Kebutan

Gambar terkait
Anggrek Kebutan

Bunga anggrek yang satu ini bukan karena bunganya suka kebut kebutan ya, namun memang kaharumannya dalam setiap bunganya yang semerbak yang membuat bunga ini disebut bunga anggrek kebutan. Namun perlu diketahui kalau anggrek ini termasuk anggrek yang dilindungi oleh negara. Keunggulan anggrek ini juga ada pada warna yang ia miliki, yakni warna orange cerah yang membuat bunga anggrek kebutan tampak segar dan menjadi pusat perhatian karena keindahan yang ia miliki.

6. Anggrek Sendok

Gambar terkait
Anggrek Sendok

Mungkin anda akan berfikir bunga anggrek yang satu ini bisa jadi pengganti sendok makan. Wah jangan salah faham ya, nama anggrek sendok diambil dari nama latin anggrek ini yakni spathoglottis zurea. Anggrek yang satu ini mempunyai warna kuning cerah dan sedikit warna putih serta terdapat corak merah pada bagian tengah bunga anggrek sendok.

7. Anggrek Hitam

Hasil gambar untuk Anggrek Hitam
Anggrek Hitam

Anggrek hitam memiliki nama latin yakni Coelogyne pandurata. Namun dilihat sekilas bunga anggrek ini memang berdominan warna hijau, namun sedikit pada bagian tengahnya warna merah.

8. Anggrek Jingga

Gambar terkait
Anggrek Jingga

Anggrek jingga ini memiliki warna seperti namanya. keunikan bunga anggrek ini terdapat pada bentuk dan coraknya. Pada bentuk, bunga ini memiliki bentuk yang gepeng dan cungkring. Sementara pada corak, bunga ini memiliki corak seperti macan tutul, hanya saja yang berbeda terletak pada warnanya.

9. Anggrek Kasut Kumis

Gambar terkait
Anggrek Kasut Kumis

Anggrek kasut kumis ini memiliki bulu halus pada kelopak dan pada batangnya, namun jika dilihat sekilas bunga anggrek kasut kumis ini mirip dengan tanaman kantong semar bukan? Namun tanaman yang satu ini tidak memakan serangga ya, anggrek ini juga memiliki warna yang hampir mirip pula dengan warna kantong semar yakni warna hijau dan ungu.

Itulah beberapa bunga anggrek yang langkah dan kita kita lindungi tentunya. Mreka semua memiliki keunikan masing masing bukan? Cukup sekian artikel berikut, semoga bermanfaat.

Leave a Reply