Teater
Teater

Anak Teater? Baca Pengertian Dan Sejarahnya!!

Posted on

Kata teater di dapat dari bahasa Yunani yaitu theatron yang memiliki arti gedung atau tempat pertunjukan.Teater adalah salah satu dari banyak jenis kesenian yang berupa pertunjukan drama yang dipentaskan di atas panggung. Pengertian secara spesifik seni teater adalah sebuah seni yang menampilkan perilaku manusia yang terikat dalam gerak, tari, nyanyian yang biasanya lengkap dengan dialog, akting dan juga gestur tubuh serta mimik wajah.

Teater
Teater

Kata Teater pun tidak bisa hanya di artikan dengan pemikiran yang sempit kata teater sangat luas untuk didefinisikan. Secara luas, teater adalah seluruh adegan akting dan peran yang ditampilkan diatas panggung dan di saksikan oleh banyak audien. Misalnya, ketoprak, wayang, dagelan, sineton ataupun akrobat.

Dan definisi teater di lingkup sempit adalah adegan tentang perjalanan hidup seseorang yang dibuat dengan sedemikian rupa sehingga telah layk dipertontonkan dihadapan umum dan bisa juga di drama kan sesuai dengan naskh yang telah ditulis.

Teater
Teater

Teater sering di sebut dengan drama, dan menurut KKBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) drama adalah:

  • Kisah atau cerita yang sering melibatkan sebuah problema atau konflik
  • Prosa atau syair yang diharapkan bisa menggambarkan kehidupan atau watak dari pada tokoh yang terlibat.
  • Kejadian yang menunjukkan sebuah suasana entah itu menyenangkan atau menyedihkan

Lalu apa pengertian dari teater atau drama menurut para ahli drama?

  • Menurut Moulton drama adalah kish hidup seseorang yang digambarkan melalui sebuah bentuk gerakan
  • Menurut Balthazar Vallhagen drama adalah seni yang menggrambarkan sifat dan watak manusia melalui sebuah gerakan
  • Menurut Anne Brunetierre drama atau teater adalah sebuah kehendak yang dilakukn dengan aksi atau gerakan.

Banyak perbedaan dalam mendefinisikan sebuah makna dari drama dan teater tapi itu tidak menjadi masalah ya. Yang menjadi kata kunci adalah beberapa jawaban diatas dengan beberapa orang (jawaban yang sama) misalnya: seni teater adalah kesenian yang berasal dari naskah yang dibuat dan di dramakan dihadapan para umum.

Teater
Teater

Sejarah  Seni Teater

Sejarah Teater mulai berkembang sejak 2500 tahun yang lalu. Di setiap negara memiliki sejarah nya masing-masing. Namun, beberapa seni teater yang terkenal antara lain seni teater Roma, seni teater Yunani, seni teater Eropa Barat, seni teater zaman Renaissance, seni teater English-Elizabethan, seni teater periode emas Spanyol, seni teater Prancis gaya Baroque, seni teater Afrika, seni teater Asia, dan seni teater Islam Timur Tengah.

Di Indonesia sendiri, seni teater sudah ada sejak lama dan dipercaya sudah ada sejak manusia mulai melakukan interaksi. Dulunya, seni teater sering dikaitkan dengan upacara adat diyakini sebagai bentuk syukur dan penghormatan kepada Allah karena sudah diberi berkat makanan dari hasil perburuan. Tiap daerah di seluruh Indonesia memiliki seni teater tradisionalnya masing-masing.

Selain untuk upacara adat, seni teater juga digunakan untuk memanggil kekuatan gaib (mengingat masyarakat pada zaman dahulu masih menganut kepercayaan animisme dan dinamisme), memperingati leluhur atau nenek moyang, dan masih banyak lagi yang lain.

Jenis-jenis teater di Indonesia

  • Ketoprak
  • Lenong
  • Ludruk
  • Mamanda
  • Makyong
  • Randai
  • Wayang orang

Demikian sedikit mengenai definisi teater atau drama dan juga sejarahnya. Semoga bermanfaat!.

Gravatar Image
Beauty Army Of Allah

Leave a Reply