Angota Anggota Dalam Tata Surya

Posted on
anggota anggota tata surya
anggota anggota tata surya

Apakah kalian pernah melihat bulan dan bintang saat malam hari. Itu semua adalah benda benda langit yang ada di tata surya termasuk bumi yang kita pijak ini.

Dan apa itu tata surya? Tata surya adalah kumpulan benda benda langit yang terdiri dari sebuah bintang yang disebut matahari  dan semua terikat oleh gaya gravitasi. Benda langit itu adalah planet, meteor, asteroid, dan komet.

Angota Anggota Dalam Tata Surya

Matahari

benda langit
benda langit

Matahari adalah pusat dari tata surya. Jarak bumi dengan matahari sekitar 150 juta kilometer dan jarak ini sudah di sepakati sebagai 1 SA (Satuan Astronomi). Matahari adalah bintang yang terdekat dibanding dengan bintang-bintang yang lain. Alpha Centauri merupakan bintang terdekat kedua setelah matahari, jaraknya sekitar 200.000 SA, sedangkan jarak Matahari hanya sekitar 1/546.000 kali jarak Sirrius ke bumi. Sirrius adalah bintang paling terang dibanding bintang yang lainnya.Apabila kita lihat dari segi ukurannya, Matahari termasuk  Bintang dengan ukuran sedang, Diameternya adalah sekitar 1.380.000 Km jika dibandingkan dengan diameter Bumi. Maka diamater matahari adalah 109 kali diameter Bumi.

Planet

tata surya
tata surya

Planet adalah benda yang memiliki ukuran paling besar dalam tata surya setelah matahari, terkecuali beberapa satelit yang memiliki ukuran diameter yang sebanding dengan planet Merkurius. Benda langit ini atau planet menorbit pada bintang yang besar untuk mempunyai grafitasinya sendiri.

Kemudian jika digolongkan dari jarak planet-planet ini dari matahari, maka planet-planet ini bisa diurutkan dari urutan yang terdekat adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan kemudian adalah planet Neptunus

Asteroid

Asteroid atau planet minor benda langit yang berukuran lebih kecil dari planet tapi lebih besar dari meteorid. Pada tanggal 1 januari 1801 seorang ahli astronomi italia menelitinya, dan dia menemukan sebuah benda langit antara mars dan jupiter. Benda ini dinamakan ceres. Diameternya sekitar 1000 km, sampai sekarang sudahlebih dari 1000 benda yang ditemukan. Dan benda ini disebut asteroid.

Komet

Komet adalah benda langit yang mengelilingi matahari namun komet tidak bergerak pada orbit layaknya benda langit lainya. Komet berputar mengelilingi matahari yang sangat panjang ke setiap arah. Letak komet sangat jauh dari  matahari, bahkan walaupun dilihat menggunakan teleskop terbesar yang manusia punya.

Meteor

Meteor merupakan penampakan jalur jatuhnya sebuah meteorid ke atmosfer bumi. Kebanyakan orang mengira meteor adalah pecahan dari komet yang memasuki bumi. Besar meteor antara kepala jarum sampai baturaksasa yang beratnya berton ton.

Leave a Reply