Beberapa Tips Diet Sehat
Beberapa Tips Diet Sehat

10 Tips Diet Sehat Yang Sangat Efektif

Posted on

Semua orang tentu menginginkan badan dengan berat badan yang normal, jika dilihat tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus juga. Hal tersebut biasa kita sebut dengan badan yang ideal. Kebanyakan orang memiliki pikiran sama, yaitu memiliki badan ideal. Karena menurut mereka badan ideal ialah suatu kebahagiaan tersendiri.

Banyak orang yang memiliki badan terlalu besar sehingga dia tidak merasa percaya diri dengan keadaan fisiknya. Timbul lah keinginan untuk melakukan diet keras, salah satunya dengan cara tidak makan seharian. Ada juga yang memakai cara mengonsumsi obat diet yang mengandung bahan kimia. Cara di atas sebenarnya cara diet yang salah. Cara tersebut dapat menimbulkan efek samping seperti sakit perut dikarenakan tidak pernah makan atau kebanyakan bahan kimia.

Cara diet yang tanpa menimbulkan efek samping merupakan cara diet yang dianjurkan untuk mendapatkan badan yang ideal. Banyak cara diet yang alami dan aman untuk dilakukan, jika kita melakukannya tidak akan terjadi bahaya apa pun pada tubuh. Dalam arti lain, kita akan mendapatkan berat badan yang kita inginkan dengan cara tetap makan setiap hari dan tanpa mengonsumsi bahan kimia sedikit pun. Lalu seperti apakah cara diet yang sehat? Jika anda ingin tahu, maka baca artikel di bawah ini.

1. Menentukan Target Diet

Menentukan target diet
Menentukan target diet

Target menurunkan berat badan merupakan langkah awal kita jika ingin diet sehat. Kita harus punya target diet. Berapakah berat badan yang kita inginkan, maka kita harus mengejar sungguh-sungguh berat badan tersebut. Jika kita memiliki target kita akan lebih semangat dalam melakukan proses diet. Misalkan kita terbiasa ngemil gorengan jika kita ingat memiliki niat target diet maka kita akan memiliki niat meninggalkan gorengan tersebut dengan sendirinya.

2. Olahraga Secara Teratur

Banyak olahraga
Banyak olahraga

Salah satu kegiatan yang mendukung pada saat proses diet adalah olahraga secara teratur. Olahraga yang efektif pada saat proses diet yaitu jogging, jalan santai, senam aerobik, atau bahkan lari pagi. Dengan kita melakukan olahraga rutin maka secara otomatis lemak yang ada di dalam tubuh akan terbakar dengan sendirinya.

Sadar atau tidak sadar sebenarnya saat anda berjalan pada waktu kerja itu termasuk olahraga. Jika dalam kantor terdapat pilihan tangga atau lift maka usahakan anda memilih lift, karena itu termasuk salah satu cara melakukan proses diet.

3. Banyak Mengonsumsi Air Putih

Banyak mengonsumsi air putih
Banyak mengonsumsi air putih

Para ahli kesehatan selalu menganjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi banyak air putih. Mengapa begitu, dikarekan dengan kita mengonsumsi air putih otomatis menghilangkan resiko dehidrasi. Selain itu manfaat dari air putih yaitu dapat membantu menurunkan berat badan secara efektif. Dengan minum air putih secara teratur lambung akan terasa penuh dan perut merasa sudah kenyang meskipun tidak makan. Banyak para dokter kesehatan mengatakan bahwa mengonsumsi air setiap hari itu minimal 8 gelas.

4. Mengonsumsi Kacang Pistachio

Mengonsumsi kacang pistachio
Mengonsumsi kacang pistachio

Apakah kacang pistachio itu? Kacang pistachio merupakan jenis kacang yang biasanya tumbuh di daerah kering seperti Turkmenistan, kacang ini juga banyak dijumpai di daearh Iran. Kacang Pistachio memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan harga jenis kacang-kacangan yang lain. Harga mahal tersebut dibayarkan dengan kandungan protein terbaik dimilikinya serta kandungan rendah kalorinya.

5. Mengonsumsi Makanan Yang Mampu Membakar Lemak

Mengonsumsi makanan yang mampu membakar lemak
Mengonsumsi makanan yang mampu membakar lemak

Banyak mengonsumsi makanan yang dapat membakar lemak merupakan cara yang efetif untuk menurunkan berat badan. Makanan tersebut terdiri dari beberapa macam jenis seperti buah berry, telur, yogurt. Mengapa makanan tersebut dapat membakar lemak, karena terdapat beberapa kandungan yang terdapat pada makanan itu.

  • Buah berry: Buah berry terdiri atas strawberry, blubery, dan rasbery. Mengapa dapat menurunkan berat badan? Karena dalam ketiga buah bery tersebut terdapat kandungan flavonoid dan rendah kalori. Selain itu buah ini juga memiliki kandungan antioksidan. Kandungan tersebut lah yang mampu menangkal radikal bebas.
  • Telur: Telur memiliki kandungan kaya akan protein dan rendah kalori. Banyak orang yang melakukan proses diet dengan cara mengonsumsi telur ini, bahkan para ahli kedokteran juga ikut menyarankan.
  • Yogurt: Yogurt dikatakan makanan sehat yang dapat menurunkan berat badan karena kandungan vitamin yang terdapat pada yogurt sangatlah banyak, selain itu yogurt juga memiliki kandungan rendah lemak. Dengan mengkonsumsi yogurt secara rutin setiap hari otomatis dapat menurunkan kadar lemak.

6. Mengurangi Mengonsumsi Makanan Kemasan

Mengurangi makanan kemasan
Mengurangi makanan kemasan

Makanan kemasan sama saja dengan makanan siap saji. Makanan tersebut kebanyakan mengandung kalori dan lemak yang sangat tinggi. Belum lagi jika makanan siap saji terdapat banayk pengawetnya. Selain mengganggu proses diet makanan tersebut juga berdampak sangat buruk bagi kesehatan tubuh anda.

Jika anda memiliki tekad untuk diet maka supaya mengurangi makanan siap saji. Atau bahkan tidak mengonsumsinya sama sekali. Hal tersebut merupakan salah satu cara mengatasi berat badan.

7. Memilih Makanan Yang Diolah Dengan Cara Tertentu

Memilih makanan yang diolah dengan cara tertentu
Memilih makanan yang diolah dengan cara tertentu

Memilh makanan yang diolah dengan cara tertentu memiliki arti supaya anda lebih memilih mengonsumsi makanan yang dimasak dengan cara dikukus atau bisa juga direbus. Karena makanan yang diolah dengan cara dikukus dan direbus akan lebih sehat dalam proses diet jika dibandingkan dengan makanan yang dimasak dengan cara digoreng.

Nutrisi yang terdapat pada makanan olahan kukus dan rebus terdapat lebih banyak daripada makanan yang digoreng menggunakan minyak yang memanas. Terlebih lagi makanan yang terolah dengan minyak goreng memiliki kandungan kalori tinggi dan lemak jenuh.

8. Mengonsumsi Makanan Yang Kaya Akan Serat

Mengonsumsi makanan kaya serat
Mengonsumsi makanan kaya serat

 

Mengonsumsi makanan kaya serat adalah salah satu cara diet alami dan berdampak sehat terhadap tubuh. Makanan yang mengandung kaya akan serat ini mampu menurunkan berat badan secara cepat dan sehat, hal tersebut dikarenakan banyak vitamin yang terdapat di dalamnya. Contoh makanan kaya serat adalah kentang, brokoli, bayam, sayuran hijau dan yang lainnya.

9. Mengatur Isi Makanan Di atas Piringmu

Mengatur isi makanan
Mengatur isi makanan

Yang harus kamu perhatikan selanjutnya yaitu bagaimana cara kamu mengatur makanan yang terdapat di atas piringmu. Perbanyaklah memakan buah-buahan dan sayur-sayuran. Tambahkan juga makanan berlemak, tapi dengan kandungan makanan yang rendah lemak. Pilih juga sumber karbohidrat yang memiliki kandungan sehat seperti kentang, jangan nasi. Tambahkan juga buah-buahan sebagai pelengkap nutrisi makanan dietmu.

10. Memperhatikan Pola Makan Malam

Membatasi pola makan dan jam makan
Membatasi pola makan dan jam makan

Makan malam sebenarnya tidak mempengaruhi masalah menurunkan berat badan. Jadi jika ada mendengar gosip makan malam itu tidak boleh, sebenarnya hal tersebut salah. Yang perlu kamu perhatikan itu apa saja pola makan malam mu.

Pada waktu malam hari tubuh jarang melakukan aktivitas dan asupan energi yang dibutuhkan hanya kecil. Maka jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung gula dan makanan berlemak jika malam hari. Apalagi makanan berbentuk gorengan seperti halnya tahu goreng, makanan itu mengandung sangat banyak lemak jenuh. Jika anda terlanjur mengonsumsinya maka lakukan olahraga kecil pada saat malam itu juga.

Atur pola makan malam dengan memperbanyak mengkonsumsi sayur dan buah. Karena kandungan yang terdapat pada sayur-sayuran dan buah-buahan sangatlah baik bagi tubuh yang sedang melakukan proses diet sehat.

Cara yang sangat praktis kan. Jadi jangan galau lagi dengan masalah kelebihan berat badan. Cara diet yang kami bagi diatas semoga bermanfaat bagi anda yang berkeinginan mengurangi berat badan pada tubuh. Terimakasih.

Leave a Reply