Cara Mengurangi Kegugup Didepan Publik

Yuk Cari Tahu! Tips Mengurangi Kegugupan Didepan Publik

Posted on

Kamu mendapat tugas yang mana kamu diharuskan untuk berbicara di depan publik? Sebelum tampil kamu sering merasa nervous atau gugup yang luar biasa saat berbicara di depan publik? Gejala itu merupakan gejala yang manusiawi, bahkan seorang pembicara ulung sekalipun masih akan merasakan “sensasi rasa ini” ketika kita harus memulai tampil di depan umum.

Cara Mengurangi Gugup Didepan Publik
Cara Mengurangi Gugup Didepan Publik

Berikut adalah 5 cara menghilangkan atau minimal mengurangi rasa gugup itu:

  1. Berdo’a

Dengan cara inilah sebelum kamu maju ke atas mimbar atau didepan para audience akan memberikan kekuatan yang luar biasa pada kamu.

  1. Kuasai Panggung

Ketika kamu mulai tampil di atas panggung atau mimbar usahakan supaya segera menguasai keadaan, kuasai panggung, dengan cara menatap para audience dari sudut sebelah kanan, kiri sampai ke barisan belakang. Hindari menunduk saat berbicara ataupun saat lupa teksnya.

  1. Kuasai Materi

Kita harus memastikan apakah kita sudah menguasai materi yang akan disampaikan. Kita bisa bicara dengan menyakinkan apabila kita menguasai materinya. Audience pun akan merasa yakin dengan apa yang kita sampaikan saat kita menyakinkan. Jadi belajarlah terlebih dahulu sebelum tampil dan kita harus benar – benar menguasai materinya itu wajib ya!

  1. Percaya Diri

Sampaikanlah materi dengan penuh percaya diri, kita boleh menambah gerakan kecil yang kita inginkan. Hal akan membantu mengurangi rasa gugup pada saat tampil. Berbicaralah dengan semangat dan jangan sampai mematung. Usahakan untuk berbicara dengan suara yang tidak datar, dengan kita mengeluarkan suara datar itu akan membuat audience merasa bosan dan bahkan mengantuk. Jadi, berbicaralah dengan berbagai macam intonasi, panjang pendek, kadang meninggi dan lantang, kadang suara merendah. Maka dengan begitu para audience akan cenderung lebih tertarik untuk menyimak apa saja yang kita sampaikan, sehingga dengan perhatiannya yang penuh itu akan membuat kita semakin percaya diri, sehingga akan mengurangi kegugupan kita.

  1. Berfikirlah bahwa “Saya ini Leader” di Forum ini

Saat kita berdiri dihadapan audience, berfikirlah bahwa kamulah yang paling mengerti dan menguasai materi yang akan disampaikan. Hal ini akan memunculkan rasa kepercayaan dirimu dan gugup pun akan bisa teratasi.

Gravatar Image
Saya adalah pemuda sederhana yang berharap suatu keajaiban datang padaku. Seperti kepompong yang berubah menjadi kupu - kupu yang cantik.

Leave a Reply