Tahukah Anda Ada Berapa Agama yang ada Di Indonesia

Posted on
agama di indonesia
agama di indonesia

Tahukah anda ada berapa agama yang ada di Indonesia? Kebanyakan orang berfikir di Indonesia ini hanya ada 5 agama, memang indonesia memiliki 5 agama tapi itu sebelum pemerintahan presiden Abdurrahman Wachid atau lebih dikenal Gus Dur. Gus Dur mencabut larangan kepada agama , sebuah kepercayaan, dan juga adat dari masyarakat Tionghoa dengan adanya keppres No.6-2000 dan juga dierkuat dengan adanya surat keputusan atau SK dari Mentri Agama Republik Indonesia yang No.MA-12-2006.

Dan sampai saat ini pemerintahindonesia telah mengakui adanya 6 agama di indonesia yaitu agama Islam, Kristen Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Budha dan ditambah agama konghuchu. Dan berikut pembahasan lebih lengkap tentang 6 agama itu

Agama Islam

agama di indonesia
agama di indonesia

Agama ini mulai datang ke Indonesia pada abad ke 13 agama ini memiliki kitab suci yaitu Al Quran, pemeluk agama islam  disebut seorang muslim atau muslimah. Pada Data Sensus Penduduk tahun 2010 menunjukan ada sekitar 87,18% atau 207juta orang yang beragama islam dari total 238 juta jiwa penduduk Indonesia.

Ibadah umat islam disebut shalat dan mereka shalat di masjid atau mushalla. AgamIslam memiliki beberapa hari besar seperti hari raya idul fitri, hari raya idul adha, maulid Nabi dan banyak lagi. Agama islam memiliki pemuka agama yakni Syekh, Ustadz, Kyai, dan Ulama’.

Agama Kristen

Agama kristen ini terbagi menjadi 2 yaitu katolik dan protestan. Agama kristen memiliki kitab yakni Alkitab. Permulaan agama ini 2000 tahun yang lalu. Tempat ibadah umat ini adalah gereja uma

t kristen memiliki beberapa haru besar seperti Natal, Kenaikan Isa Almasih dan banyak lagi.

Kedua agama ini hanya di bedakan pada pemuka agamanya Katolik memiliki pemuk agama yang disebut Romo, Paus, Pastur. Dan Protestant memiliki pemuka agama yang disebut Pendeta.

beberapa agama indonesia
beberapa agama indonesia

Agama Hindu

Agama hindu memiliki kitab suci yang disebut Weda. Awal permulaan agama ini sekitar 3000 tahun yang lalu. Tempat ibadah mereka di sebut Pura. Mereka memiliki beberapa hari esar seperti Nyepi, Pagerwesi dan banyak lagi. Pemuka agama mereka biasa di panggil Pandita dan Pedanda.

Agama Budha

Agama ini bermula sekitar 2500 tahun yang lalu. Mereka memiliki kitab yang di sebut tripitaka. Tempat ibadah mereka disebut Wihara. Mereka juga memiliki hari besar yakni hari Waisak, setiap hari Waisak mereka berbondong bondong merayakannya. Pemuka agama mereka dipanggil Bhiksu.

beberapa agama yang ada di indonesia
beberapa agama yang ada di indonesia

Agama Kong Hu Chu

Agama Kong Hu Chu memiliki kitab yang di sebut Si Shu Wu Ching pada permulaan 2500 tahun yang lalu. Adapun tempat ibadahnya disebut klenteng. pemeluk agama Kong Hu Cu memiliki hari besar yaitu Tahun Baru Imlek. Agama ini dikemikakan oleh Xueshi.

 

Semoga bisa menambah wawasan bagia anda semua yang membacanya. Semoga bermanfaat cukup sekian dan terimakasih.

Leave a Reply