HIV
HIV

Penularan Virus HIV dan Cara Pencegahannya!

Posted on

Banyak pemikiran yang salah mengenai penularan penyakit HIV. Maka dari itu, para pengidap HIV dijauhi dari orang –orang sekitarnya dengan beberapa alasan yang tidak tepat. Perlu di garis bawahi bahwa penularan virus HIV tidak melalui air liur, sentuhan, keringat, ciuman, gigitan nyamuk atau tidak juga karena penggunaan toilet bersama. Yang perlu diketahui faktor utama penularan virus HIV dari kontak cairan tubuh contok darah dan sperma yang di tularkan melalui perilaku seksual/ seks bebas dan juga penggunaan jarum suntik secara bersamaan (1 jarum suntik digunakan 3-4 orang).

HIV
HIV

Lalu apa itu HIV? Apa kepanjangan dari HIV? bagaimana penularannya? Bagaimana penanganannya? Baca artikel dibawh ini!

Human Immunodeficiency Virus adalah kepanjangan dari HIV , merupakan virus yang menyerang pada sistem kekebalan tubuh manusia. HIV bukan virus yang sepele, HIV ini bisa berakibat fatal jika tidak sesegera mungkin diobati dan yang paling parah, Virus HIV ini bisa menular ke orang-orang yang belum terkena virus HIV.

Mengenali cara- cara penularan HIV

HIV dapat di tularkan melalui cairan-cairan dalam tubuh. Misal, darah, cairan vagina, air mani dn air susu ibu yang dinyatakan terkena virus HIV.

Beberapa penguraian tentang faktor yang dapat menularkan virus HIV

  • Hubungan Seksual

Jika kita berhubungan seks dengan orang yang mengidap virus HIV ,maka besar kemungkinan virus yang diderita oleh lawan pasangan seks kita akan menular pada diri kita . Penularan HIV bisa terjadi melalui vagina, anal ataupun melalui seks oral. Saran terbaik agar tercegah dari virus HIV adalah menggunakan kondom saat akan berhubungan seks dan jangan berganti-ganti pasangan.

  • Penggunaan Jarum Suntik

Jarum suntik yang terkontaminasi dengan darah yang terinfeksi oleh virus HIV menjadi faktor penularan HIV. Jadi, jangan gunakan jarum suntik secara bersamaan untuk menghindari tertularnya virus HIV.

  • Selama Kehamilan, persalinan atau menyusui

Ibu yang terinfeksi virus HIV mempunyai resiko tinggi untuk menularkan virus tersebut pada anaknya. Maka, sering-seringlah untuk berkonsultasi pada dokter agar dilakukan pemeriksaan an pengobatan pada bayi.

  • Transfusi Darah

Dalam beberapa penelitian,sebagian dari pengidap virus HIV tertular karena tranfusi darah.

Penjelasan penting mengenai pencegahan penularan HIV

HIV
HIV

Hingga saat ini, belum ditemukan juga obat yang bisa menyembuhkan dari virus HIV. Bagi anda yang telah terlanjur terinveksi HIV maka sring-seringlah berkonsultasi dengan dokter kepercayaan anda. Biasanya, akan diberikan obat antiretroviral yang fungsinya untuk menekan aktivitas virus dalam tubuh, sehingga penderita HIV memiliki harapan hidup lebih panjang dan meminimalkan menularkan pada pasangan.

Cara Pencegahan Virus HIV:

  • Gunakan kondom setiap kali berhubungan seksual
  • Jangan berganti-ganti pasangan
  • Hindari perilaku seksual yang berisiko
  • Hindari penggunaan jarum bekas
  • Pre-ezposure prophylaxis

Pemahaman dan stigma yang salah mengenai penularan HIV merupakan salah satu kendala dalam penanggulangan penyakit ini. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan pemeriksaan dini terkait HIV, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter melalui VCT.

 

Gravatar Image
Beauty Army Of Allah

Leave a Reply