Desain Bangunan

Langkah-langkah Mendesain Bangunan yang Mudah Dipahami!

Posted on

Kebanyakan  dari anda pasti memimpikan rumah idaman. Kemudian ketika planning sudah matang anda akan berkonsultasi dengan desainer interior atau arsitek yang anda percaya. Seorang arsitek akan menggambarkan apa yang konsumen inginkan, dan apa yang telah digambarkan oleh arsitek disebut dengan sketsa. Jadi bisa disimpulkan bahwa sketsa adalah gambaran ringan untuk mengawali sebuah karya.

Pada kesempatan ini, izinkan saya untuk memberi sedikit informasi mengenai beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika membuat sketsa bangunan:

Desain Bangunan
Desain Bangunan

Proporsi dan Skala dari Sketsa Bangunan

Proposi dan skala dari sketsa ini yang sering tertinggal dalam perhitungan saat penggambaran sketsa bangunan. Kesalahan dalam skala membuat pelaksanaan dimensi ruang akan mengalami kekacauan sedangkan kesalahan dalam proporsi mengakibatkan ruangan yang terealisasi menjadi tidak adanya kenyamanan.

Biasanya, para arsitek mengakali saat membuat atau membaca sketsa dan proporsi dengan pengukuran yang tepat dan juga menggunakan standar wajib yang di cari di data prinsip arsitektur atau internet.

Legenda atau Notasi pada Sketsa Bangunan

Dalam penggambaran sketsa banyak sebuah garis yang memiliki maksud tertentu. Misalkan material beton dilambangkan dengan arsiran gelap dan dinding  batu bata dilambangkan dengan arsiran diagonal.

Jika kita tidak serius dalam pembuatan legenda dan notasi maka jika sketsa tersebut dibaca oleh tenaga propesional akan menyebabkan fatal dalam proses pembangunan. Kesalahan kecil dan kesalahan besar bisa terjadi, misal kesalahan arah buka pintu hingga kesalahan besar, misal struktur bangunan.

Selalu Perhatikan Dimensi Ketinggian saat Membuat Sketsa Bangunan

Saat membuat sketsa bangunan sangat mudah untuk menentukan panjang dan lebar lalu bagaimana jika menggambarkan tinggi dari sebuah sketsa bangunan?

Dari demikian itu , supaya tidak  mengandalkan denah sebagai pedoman utama pembangunan. Maka, ketika membuat sebuah sketsa harus benar-benar hingga mendetail dari panjang, lebar dan juga tinggi. Dan untuk para arsitek gambarlah dengan baik, sehingga para pelaksana pembangunan tidak mengalami kesulitan dalam membaca sketsa.

Desain Bangunan
Desain Bangunan

Imajinasikan dan Realisasikan Detail Desain pada Sketsa Bangunan

Rinci dari desain harus direalisasikan untuk mamaksimalkan sketsa bangunan dan untuk meminimalkan kesalahan yang fatal. Maka dari itu, perlu adanya gambar detail yang memperjelas seluruh bagian-bagian yang kecil.

Gambarlah dengan sebaik mungkin ,seorang arsitek supaya bisa memberikan gambar atau sebuah sketsa yang diinginkan oleh konsumennya dan konsumen supaya bisa memberikan informasi desain bagaimana yang diinginkan sehingga arsitek dan konsumen sama-sama merasakan kepuasan dalam bekerja sama.

Mungkin, sedikit informasi ini bisa membantu anda dalam mencapai rumah impian anda! Semoga bermanfaat!.

Gravatar Image
Beauty Army Of Allah

Leave a Reply