Tempe Bacem
Tempe Bacem

Resep Tempe Bacem Yang Membuat Ketagihan

Posted on

Apa yang kalian pikirkan jika kalian mendengar kata “Tempe Bacem”? Mungkin, kalian akan membayangkan warnanya yang coklat redup dan rasanya yang sangat khas, serta baunya yang menggugah selera makan. Lalu apakah pernah kalian bertanya-tanya mengenai  asal-muasal tempe bacem tersebut? Apa makna bacem? Dari mana asalnya? Siapa yang menamainya? Untuk tau jawabannya, silahkan simak artikel dibawah ini!

Tempe Bacem 3
Tempe Bacem

Odilia Winneke adalah seorang peneliti kuliner, dia mengatakan dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) bacem bukan lagi menjadi nama makanan saja melainkan bacem digunakan sebagai kata kerja. Bukan sebuah masakan tapi poses memasak.

Menurut kamus Besar Bahasa Indonesia, kata bacem atau membacem memiliki arti merendam dengan bumbu dan merebusnya didalam ruang atau wadah yang tertutup hingga airnya diresap habis.

Di Indonesia kuliner yang menyediakan makanan ini sudah banyak ditemui, bahkan dengan harga yang relatif sangat murah dan berbagai macam variasi pengolahan. Terlebih, didaerah jawa Tengah-an sudah banyak mengenal makanan tempe bacem ini. Tak jarang di setiap warung makan terdapat tempe bacem sebagai tambahan.

Lalu mengapa Jawa yang lebih sering ditemui tempe bacem? Karena, tempe bacem itu lebih dominan ke rasa manis dan pemanis yang digunakan adalah gula merah atau gula jawa.

Tempe bacem dimasak dengan menggunakan satu rempah saja, tidak rumit dan muda dicari yaitu ketumbar. Untuk bumbu yang lain, kebanyakan dapur anda sudah tersedia.

Nah, kali ini saya juga akan memberikan sedikit informasi mengenai cara pembuatan tempe bacem tersebut.

Tempe Bacem
Tempe Bacem

Bahan:

2 potong tempe

3 gelas air kelapa (yang tidak terlalu tua)

Bahan Bumbu:

6 siung bawang merah

4 siung bawang putih

2 sdm gula merah

1 sdt ketumbar

Garam secukupnya

Serai dan daun salam

5 sdm Kecap manis

2 cm lengkuas

Cara Memasak:

Ulek  bawang merah, putih dan ketumbar hingga halus

Geprek lengkuas dan serai

Tumis semua bumbu hingga harum

Masukkan potongan tempe

Masukkan air kelapa

Tutup wajannya, biarkan selama beberapa waktu, hingga air kelapa terserap habis. Gunakan api kecil saja agar bumbu lebih meresap.

Setelah itu goreng dengan api sedang

Tempe bacem siap di hidangkan

Sandingkan dengan nasi hangat.

Dan kami ingin memberi sedikit tips agar baceman yang anda buat tidak hancur:

  1. Gunakan api kecil atau sedang

Jika kita menggunakan api besar maka baceman tersebut akan overcooked hingga matang berlebih. Dan ketika diangkat akan lunak dan hancur.

  1. Jangan sering di aduk

Kita sering berfikir  bahwa dengan masakan terus diaduk bumbu akan lebih meresap dan bumbu akan merata ke seluruh masakan. Tapi perlu diketahui, masakan yang sering diaduk akan menyebabkan masakan itu hancur karena sering bergolak dan juga terkena spatula yang kita pakai.

  1. Jangan gunakan air telalu banyak

Jangan sampai baceman yang kita masak benar-benar terendam dengan air kelapa, dikerenakan akan lebih mudah hancur dan memiliki tekstur lembek.

Gravatar Image
Beauty Army Of Allah

Leave a Reply