Tips dan Trik Menghadapi Pikiran Negatif

Posted on

Banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk berlarut larut dalam pikiran nya sendiri, mengkhawatirkan yang seharusnya tidak selalu di khawatirkan, mengingat- ingat kejadian di masa lampau dan sebagainya. Apakah kalian termasuk?

Emosi Adalah pegangan yang kuuat dalam menjalankan kehidupan sehari- hari. Jika kamu tidak bisa mengendalikannya apa yang terjadi guys? Atau fikiran mu selalu tertuju pada hal hal negatif yang sebenarnya tidak perlu di pikirkan.

Bahkan hanya karena pemikiran itu sering kali otak kita diserang dengan pemikiran yang menggoda kita untuk menyerah dan membiarkan pikiran negatif menguasai diri kita.

Jika sudah begitu, kamu harus bisa mengontrol cara berfikir dan bertindak mu.

Bagaimana sih cara nya menangani emosi dan pikiran buruk?

  1. Mengetahui dan mengenali pengalihan pikiran

Taukah kamu? Pikiran punya acara pintar dan persisten untuk menyakinkan kita kalau sesuatu tidak benar benar ada atau nyata. Nah, pikiran yang tidak akurat ini mendorong sebuah pemikiran negatif. Maka saat kamu bisa mengenalinya maka kamu bisa menantangnya dan melakukan cara menghilangkan kebiasaan buruk mu itu.

Ada beberapa cara nya guys :

  • Pikiran hitam dan putih, ini adalah cara memandang suatu hal dengan cara yang hanya akan melihat dengan satu cara saja.
  • Personalisasi yaitu memiliki suatu asumsi bahwa kamu patut di salahkan (intropeksi) akibat suatu hal yang berjalan dengan salah.
  • Menyaring pikiran, memilih suatu hanya untuk melihat sisi negatif dari setiap situasi (mengasumsikan kemungkinan yang paling buruk yang akan terjadi)

 

  1. Menantang si pikiran negatif

Sebuah emosi dalam psikologis bisa juga berasal dari pikiran buruk yang tidak dapat di kendalikan. Kapan pun waktunya kamu mengalami pikiran yang teralihkan, maka berhenti dan evaluasikan mengenai obrolan seorang teman yang menjelekan dirinya sendiri. lalu praktekanlah hal yang sama pada logika yang ada pada dirimu. Tanya lah dirimu, asumsi paling buruk yang akan terjadi itu apa.

 

  1. Istirahat dari pikiran negatif

Memisahkan diri dari pemikiran buruk, ini merupakan cara mengendalikan emosi dan pikiran negatif yang bisa kamu praktekan loh. Cara ini di gunakan untuk mengizinkan diri sendiri untuk memberi sedikit waktu agar mengenali emosi yang sedang rasakan. Lalu beristirahat dari fokus yang menyebabkan kita terpikir dan melanjutkan kegiatan yang lain.

 

  1. Mengabaikan penghakiman yang ada

Semua orang akan menghakimi diri sendiri dan orang lain pada kondisi yang tidak sadar. Membandingkan dirinya sendiri dengan orang lain dengan kehidupan ideal nya. tanpa tau semua orang di coba dengan cara yang berbeda. Ketika kamu mampu melepaskan kebiasaan menghakimi orangg lain maka kamu akan lebih mudah untuk bersantai. Dalam artian lain menilailah dengan positif.

 

  1. Biasakan dengan bersyukur

Rasa syukur akan lebih mempermudah kita menerima dampak kebahagiaan dan pikiran yang positif. Sampai ketika kita bertemu dengan situasi yang menantang di kehidupan dan mempermudah kita dalam bersyukur jika menghadapi keberuntungan

Leave a Reply