perbedaan kucing anggora dan persia
perbedaan kucing anggora dan persia

8 Perbedaan Kucing Angora dan Kucing Persia yang Harus Kamu Ketahui

Posted on

Kucing angora dan kucing Persia adalah jajaran kucing sangat sering dipelihara di Indonesia dan juga seluruh dunia. Kedua jenis kucing ini banyak sekali yang menyukainya karena bulu dan bentuk wajah mereka. Bulu-bulu mereka indah dan panjang dan juga sifatnya yang lucu menjadikan orang-orang mudah tertarik untuk memeliharanya.

Untuk pecinta kucing kalian harus mengetahui tentang perbedaan kucing angora dan Persia. Berikut ini perbedaan kucing angora dan kucing Persia.

  1. Daerah asal
perbedaan daerah asal
perbedaan daerah asal

Di urutan yang pertama perbedaan dua kucing ini yaitu asalnya. Kucing angora merupakan salah satu ras tertua dari kucing, kucing ini berasal dari daerah Ankara maksudnya Anggora ysng ada di Turki yang katanya sudah dikenal sejak tahun 1600-an.

Sedangkan kucing Persia ini merupakan ras kucing berbulu panjang dan berasal dari daerah Persia (Iran). Ucing ini pertama kali dibawa/diperkenalkan ke Negara italia sekitaran tahun 1620-an dan pada akhirnya sekarang bisa terkenal sampai ke Indonesia.

  1. Bentuk Wajah
perbedaan bentuk wajah kucing anggora dan persia
perbedaan bentuk wajah kucing anggora dan persia

Yang kedua yaitu perbedaan wajah mereka. Kucing angora memiliki bentuk wajah seperti kucing lokal atau biasa di sebut dengan kucing kampung. Bentuk wajahnya sedikit segitiga dan hidung yang sedikit mancung. Telinganya pun cenderung runcing dan panjang.

Sedangkan kucing Persia memiliki bentuk wajah yang cukup bulat dan hidung yang kebanyakan pesek. Jika kamu perhatikan bagian samping kucing Persia ini dahi, hidung, dan dagunya kelihatan datar. Tidak hanya itu mata kucing Persia juga kebanyakan bervariasi dari pada kucing angora.

  1. Tubuhnya
perbedaan tubuh kucing anggora dan persia
perbedaan tubuh kucing anggora dan persia

pada urutan yang ketiga kali ini adalah bentuk tubuhnya. Kucing angora memiliki ukuran tubuh yang ideal dan terlihat langsing ototnya pun juga menonjol. Kucing ini juga mempunyai bentuk yang terlihat lebih tinggi.

Kucing Persia mempunyai badan yang terlihat lebih gemuk bulat dibandingkan kucing angora. Badan kucing Persia ini tidak setinggi kucing angora, kalian bisa lihat dar kakinya yang pendek tapi kokoh besar dengan cakar yang membulat.

  1. Bulunya

Urutan yang keempat yaitu perbedaan blunya, semua jenis kucing kecuali jenis Sphinx lazimnya mempunyai bulu-bulu yang menyelimuti hamper semua tubuhnya. Dan dari bulu ini kita bisa dengan mudah membedakan jenis kucing tertentu.

Kucing angora mempunyai bulu yang tebal tapi tidak setebal bulu kucing Persia, tetapi pada bagian ekornya kucing angora bulunya paling tebal dan panjang bahkan smapai disebut sebagai ekor musang karena mirip.

Dibagian wajahnya, buu kucing angora ini tidak tebal maupun panjang jafi cenderung lebih sedikit lebih lebat dari pada kucng lokal.

Sedangkan kucing Persia, mempunya bulu yang terkenal sebagai kucng bulu tebal, bulu di wajahnya saja sudah tebal apalagi dari leher sampai ekor semua tertutupi oleh bulu yang tebal. Terkhususnya kucing Persia yang berdarah murni.

  1. Ekornya

Kucing angora, ekor lucing angora ini mempunyai bulu yang cukup tebal seperti kemoceng atau bulu musang.

Sedangkan kucing Persia, mempunyai bulu yang lebat seperti bulu pada tubuhnya, akan tetapi tidak selebat ekor kucing angora.

  1. Kepribadiannya

Kepribadian kucing tentunya sangatlah berbeda beda. Pada kucing angora ini mempunyai kepribadian yang umumnya lebih aktif, senang bermain, energik dan penurut. Kucing angora ini cukup cerdas atau pintar, suka berinteraksi dengan manusia, dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, mudah dilatih, beradaptasi dan ramah dengan manusia ataupun hewan lain.

Kucing Persia, memiliki kepribadian yang berbeda dengan angora. Kucing Persia ini mempunyai sifat yang lebih kalem, penurut, sedikit malas dan manja.

  1. Aktivitasnya
perbedaan aktivitas kucing anggora dan persia
perbedaan aktivitas kucing anggora dan persia

Kucing angora, lebih senang duduk di lantai atau di sekitar pemiliknya, kucing ini juga lebih waspada dengan sekitar dan juga suka pergi mencari tempat yang tinggi untuk dinaiki. Kucing ini juga gemar bermain dan berlari bersama temannya ataupun majikannya. Tidak hanya itu, cara berjalan kucing ini juga luwes sehingga terlihat menggemaskan apalagi jika kalian memperhatikannya ketika sedang berjalan sangat menggemaskan sekali.

Lah, sedangkan kucing Persia, kucing Persia ini sangat berbeda dengan kucing anggora. Sifatnya yang pemalas bisa dilihat dari cara beraktivitasnya yang tidak seenergik kucing anggora. Kucing ini cenderung lebih suka diamditempat atau istirahat. Cara berjalan kucing Persia ini juga lambat sehingga terlihat manja sekali.

  1. Masalah Kesehatan

Kucing anggora cenderung lebih bagus kesehatannya, dia akan tetap bisa bertahan dengan penyakit biasa. Yang penting jarang sakit, akan tetapi kalian juga perlu memperhatikan penyakit ini yaitu, Ataxia, Hypertropic Cardiomyopathy.

Sedangkan kucing Persia, mempunyai daya tahan tubuh yang tidak sebagus kucing anggora, masalah kesehatan pada kucing Persia ini harus terus diperhatikan. Contohnya susah nafas atau nafas yang berisik, Cherry eye, Dental Malocclusions, Diease, Ringworm, dan Saborrhea oleosa.

Itulah tadi beberapa perbedaan kucing anggora dan kucing Persia. Bagaimana kalian ingin memelihara kucing anggora ataun Persia? Tentu saja dua-dua nya sangat lucu dan menggemaskan.

Leave a Reply