makanan-berkolesterol-tinggi
makanan berkolestrol

Yuk Cari Tahu! Makanan Tinggi Akan Kolesterol yang Perlu Dihindari

Posted on
makanan-yang-mengandung-kolesterol
makanan yang mengandung kolesterol

Kolesterol adalah zat yang berlemak yang ditemukan pada sel tubuh manusia. Sebetulnya kolestrol ada bukan hanya dari factor makanan. Namun, kolestrol sudah ada di dalam tubuh yaitu dihasilkan oleh Organ Hati. Apabila tubuh mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Maka kadar kolesterol yang ada didalam tubuh menjadi tidak seimbang sehingga akan menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius dan fatal bila ditangani. Oleh karena itu, ada beberapa jenis makanan yang tidak dianjurkan dikonsumsi dalam jumlah banyak oleh seorang penderita kolesterol. Maka menjaga asupan makanan dengan seimbang dan tidak berlebihan merupakan hal yang wajib dilaksanakan agar tubuh tetap Sehat dan Terjaga dari sumber penyakit.

Berikut beberapa makanan yang harus dihindari agar tidak terkena penyakit kolesterol.

  1. Gorengan

Makanan yang digoreng biasanya lebih banyak kandungan kolesterol. Hal ini terjadi apabila menggoreng menggunakan minyak yang telah berkali-kali dipakai atau menggunakan minyak yang panas. Proses mneggoreng menggunakan minyak tersebut akan memberi dampak pada meningkatnya kadar kolesterol. Apabila minyak goring sering di gunakan maka  asam lemak jenuhnya juga akan bertambah banyak.

  1. Udang

Udang memiliki kolesterol yang cukup tinggi. Setidaknya 195 mg kolesterol terkandung dalam 100 mg udang. Satu ekor udang yang cukup besar memiliki kandungan kolesterol sekitar 11 mg. meskipun tidak semua seafood mengandung kolesterol. Alangkah baiknya cara pengolahanya dengan cara di rebus dari pada digoreng.

  1. Ayam

Ayam termasuk makanan yang mengandung kolesterol. Tapi tidak kesemuanya, bagian paha ayam dan kulitnya yang mengandung kolesterol. Penyebabnya kulit ayam yang digoreng merupakan pemicu banyaknya kolesterol yang ada pada ayam.

  1. Otak Sapi

Kandungan kolestrol dalam 10 gram otak sapi sampai 2.500 mg. oleh karena itu hal ini harus diperhatikan apalagi bagi orang yang menggemari makanan hewani, Meskipun belum ada batasan yang pasti tentang mengkonsumsi otak sapi. Oleh karena itu, kurangilah makanan hewani dan mulailah mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayur-sayuran, ikan, dan jenis makanan yang sehat lainnya.

  1. Kuning Telur

Kuning telur diketahui memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi jika dibandingkan makanan yang lain. Dalam 100 gram kuning telur terdapat kandungan kolesterol sekitar 1200 mg. jumlah ini sekitar 400 % jika dibandingkan denagn kolestrol yang dibutuhkan setiap harinya.

  1. Butter

Dalam 100 butter terdapat kandungan kolestrol sekitar 215 mg, dan satu sendok makan butter mengandung 20 mg kolesterol. Oleh karena itu Anda harus bisa membatasi makanan yang akan Anda makan.

  1. Keju

Keju merupakan salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. tapi keju merupakan makanan yang mengandung banyak kolesterol. Setidaknya 123 mg kolesterol terdapat 100 mg keju. Dan dalam persatu inci keju terdapat sekitar 21 mg kolesterol. maka Anda harus membatasi mengkonsumsi keju.

  1. Es krim

Ternyata es krim merupakan salah satu makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Di ketahui bahwa dalam satu gelas es krim terdapat kandungan lemak jenuh yang cukup banyak dan memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi dibandingkan dengan 10 donat. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan segar. Mengkonsumsi buah-buahan lebih baik karena buah memiliki banyak vitamin dan banyak kandungan serat yang baik bagi kesehatan tubuh, selain itu juga rendah kalori.

Demikian informasi dari Saya, semoga bermanfaat bagi Anda.

Gravatar Image
Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu "BISA DAN MAMPU". jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply