PSIKISMU ABNORMAL? baca ini dan kenalilah!

Posted on

Abnormal, mungkin terdengar kurang pantas jika menyangkut terhadap seseorang.  Tapi dalam hal psikologis, bukan kah tidak ada salah nya kita mencoba mengenal bagaimana ciri abnormal yang merupakan gelaja gangguan psikis pada manusia.

Bukan berarti karna karena abnormal dalam kondisi psikis berarti juga abnormal dalam fisik ya! Namun keadaan abnormal dalam hal psikis menunjukan bahwa kondisi manusia yang berkembang tidak sesuai pekembanganya secara psikologis.

Oleh sebab itu lah kita bisa melihat lebih jauh lagi soal apa saja yang menjadi gejal dari manusia dengan perkembangan psikologis yang kurang baik ini guys.

Berikut penjelasan mengapa seseorang bisa di anggap abnornaml dalam hal psikis nya :

  • Berfikiran negatif secara berkala (tidak henti henti)

Seseorang cenderung mudah untuk berfikiran negatif melulu bisa menjadi salah satu penyebab atau gejala dari abnormalitas yang sedang dia alaminy. Kita bisa tau bahwa ada suatu yang salah dengan apa yang terjadi. Pada umumnya, ketika seorang di datangi pemikiran negatif secara terus terusan maka ia akan cenderung menjadi depresi.

 

  • Suka menyakiti dirinya sendiri

Waduh, menyakiti diri sendiri tuh buat apa sih guna nya ya? Nggak ada manfaat nya,kecuali sakit sendiri. tapi guys, ini juga termasuk salah satu dari gejala abnormal loh. Kesehatan jiwa seseorang mungkin sedang mengalami sebuah gangguan psikologis sehingga memerlukan dukungan yang penuh dari individu yang lain.

 

  • Rasa semangat yang hilang secara mendadak dan berkepanjangan.

Semangat hilang? Kalau kayak gini sih ngelakuin apa apa jadi nggak enak. Mau kerja nggak maksimal, mau pergi nggak seneng. Pokok nya ngelakuin semua kegiatan nggak ada yang maksimal deh. Kalau kayak gini kan udah bahaya kan? Bukan hanya nggak semangat, seseorang juga jadi lebih tertutup dengan orang lain bahkan tidak memperhatikan lingkungan yang ada di sekitarnya. Mengurung diri di dalam kamar atau bahkan mengalami gangguan bersosialisasi.

 

  • Tertekan

Murung dan suka menangis tiba tiba merupakan gejala yang ditunjukan seseorang yang mempunyai gangguan psikis. Menjadi diri yang tertutup tidak seperti biasanya. Ia sangat sulit untuk berkomunikasi. Lebih banyak memilih diam dari pada menanggapi sebuah obrolan layaknya patung.

 

  • Halusinasi

Timbul suatu sensasi, penglihatan, pendengaran, penciuman dan indra peraba yang hanya dirasakan oleh dirinya sendiri tapi tidak dengan orang orang sekitarnya. Perasaan ini bersifat personal dan mengarah ke hal yang buruk. Seperti melihat seseorang yang nyata nya tidak ada, mendengar suara suara yang nyata nya tidak ada suara.

 

  • Fobia yang berlebihan

Merasa terlalu ketaakutan akan suatu hal juga menjadi ciri abnormalitas loh. Seseorang mungkin bisa takut dengan suatu hal, atau bahkan pasti bisa takut dengan suatu hal. Akan tetapi jika ketakutan itu tidak dalam porsi yang sewajarnya maka akn menjadi kan trauma. Lalu berlanjut pada tingkay depresi yang parah.

 

  • Obsesi yang berlebihan

Ketika sebuah tinndakan yang harus nya mendatangkan hal baik tidak sesuai dengan harapan, atau malah mendatangkan sebuah rasa kekecewaan yang begitu dalam. Ini bisa menyebabkan seseorang mengalami kecenderungan mengejar apa yang menjadi obsesi nya dengan cara apa pun. Bahkan dengan cara yang tiddak terpuji. Ini adalah gejala yang patut untuk di waspadai.

 

  • Emosi yang labil

Dari yang ceria menjadi marah marah dan tak terkontrol. Ini menandakan jiwa yang tidak sehat loh. Namun sebalik nya, jika emosi nya stabil dan tidak banyak menyimpang maka itulah jiwa sehat. Jika sudah menemuka apa yang menjadi penyebab perubahan emosi dan bisa di atasi segera maka tidak masalah. Namun jika tidak maka itu merupakan gejala abnormalitas.

 

Leave a Reply