Belajar Fotografi
Belajar Fotografi

Taukah kalian Fotografi itu ?

Posted on

Fotografi, mungkin banyak yang tau apa itu fotografi, tapi tidak dengan pengertian, sejarah, dan jenis-jenisnya, nah disini saya akan sedikit membahas tentang fotografi, karena menurut saya banyak yang suka foto-foto menggunakan kamera ataupun menggunakan smartphonenya atau camera phonenya, bahkan untuk menjadi seorang fotografer yang handal harus mengetahui tentang dunia fotografi.

  • PENGERTIAN FOTOGRAFI

Foto atau fotografi itu diambil diambil dari bahasa inggris yaitu photography dan berasal dari bahasa Yunani yaitu photo yang artinya cahaya dan grafo yang artinya melukis/menulis. Dari pengertian diatas bisa diambil kesimpulan bahwa fotografi yaitu melukis / menulis yang menggunakan media cahaya.

Belajar Fotografi
Belajar Fotografi

Fotografi berarti proses pengambilan atau menghasilkan gambar dari suatu obyek yang merekam pantulan cahaya dan menggunakan media yang peka pada cahaya. Tanpa cahaya foto tidak bisa dibuat. Alat yang populer yang peka pada cahaya adalah kamera.

Untuk mendapatkan intesitas cahaya yang tepat dalam menghasilkan gambar yang bagus biasanya menggunakan alat ukur berupa lightmeter. Seteah mendapat pengukuran cahaya yang tepat seorang fotografer bisa mengubah intesitas cahaya dengan mengatur kombinasi ISO/ASA (ISO Speed), Diagframa  (Apeture), dan  kecepatan Rana (Shutter Speed). Kombinasi anatara ISO, Diagframa, dan Shutter Speed sering disebut dengan pajanan (Eksposure), dan biasanya digambarkan Segitiga Eksposure.

  • SEJARAH FOTOGRAFI

Sejarah fotografi dimulai pada tahun 1822 oleh Joseph Nicephore Niepce. Dia adalah orang pertama yang menciptakan foto Heliografi dengan menjadikan Paus Pius VII sebagai objeknya. Pada saat itu hasil fotonya masih sangat sederhana karna masih menggunakan proses heliografik. Setelah itu pada tahun 1835 William Henry Fox Talbot berhasil menyempurnakan hasil gambar yang lebih berkualitas. Baru pada tahun 1907 Atochrome Lumiere berhasil enemukan gambar yang bewarna untuk yang pertama kalinya. Hingga sampai saat ini fotografi berkembang sangat pesat dan banyak mengaami pembeharuan yang sangatlah luar biasa.

  • JENIS-JENIS FOTOGRAFI
  1. Fotografi Landscape

Fotografi landscape ialah merekam pemandangan alam dan juga bisa dikombinasikan dengan manusia, hewan, ataupun objek lainnya.

Landscape
Landscape
  1. Fotografi Macro

Fotografi macro ialah pengambilan suatu objek dari jarak dekat, biasanya pengambilan ini diutamakan pada benda-benda yang kecil.

Fotografi Macro
Fotografi Macro
  1. Fotografi Hitam Putih

Menurut saya fotgrafi hitam puti ini tidak terlalu menonjolkan gambarnya hanya saja agar terlihat lebih berbeda dan menarik.

Fotografi Hitam Putih
Fotografi Hitam Putih
  1. Fotografi Satwa

Fotografi satwa ini lebih memfokuskan pada hewan. Biasanya pengambilannya setiap hewan tersebut sedang melakukan tingkah yang unik.

Fotografi Satwa
Fotografi Satwa
  1. Fotografi Potrait

Fotografi potrait ini untuk menunjukkan karakter dari sebuah obyek foto, bila obyeknya manusia maka mata biasanya lurus pada kamera.

Fotografi Potrait
Fotografi Potrait
  1. Fotografi Light Painting

Fotografi light painting adalah mengambil gambar atau melukis dengan cahaya yang sangat unik. Memotret denganteknik light painting adalah salah satu penggunaan kreatif shutter speed.

Fotografi Light Painting
Fotografi Light Painting

Incoming search terms:

  • makna dari foto landscape adalah menunjukan kebesaran allah
Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply