CARA MENGATASI DAN MEREDAKAN TRAUMA

Posted on
ketakutan yang selalu terbayang

Setelah mengenali pengertian detail trauma dan perbedaan antara trauma dan phobia. Saat ini mari kita mengetahui penyebab trauma yang dialami. Kira kira kalian tau nggak, apa aja penyebab dari si trauma ini?

Umumnya sih guys seperti ini :

  • Pernah Di Khianati Orang Terdekat

trauma yang timbul akibat penghianatan dapat menjadi salah satu faktor utama trauma psikologis. Biasa nya trauma ini timbul karna seseorang yang dekat sekali dengan kita, seperti pasangan hidup atau sahabat.

 

Dengan adanya peristiwa ini terjadi, menyebabkan menghilangnya rasa kerpercayaan kepada siapapun. Dampak nya cukup parah bukan? Terlebih lagi manusia adalah makhluk sosial. Yang artinya tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain

 

 

  • Menjadi Bahan Ejekan/Bully

Di hina, di ejek di dalam pergaulan atau kalangan. Membuat kepercayaan diri seseorang menurun. Bukan hanya tingkatan “pede” akan menurun tapi juga mental tertekan. Jika ejekan ini terus berlanjut maka akan mengalami trauma psikolog.

 

 

  • Di Perlakuakan Secara Tidak Adil

Jelas, siapa yang menyukai sikap pilih kasih? Jawaban nya tentu tidak ada yang menyukai nya. adil adalah suatu pembagian yang di bagi dengan sama rata. Jangan pernah loh memperlakukan seseorang secara tidak adil ya! Karna ini juga termasuk dampak trauma.

 

  • Sering Di Bentak/ Selalu Di Marahin

Perlakukan sering kena marah oleh orang yang lebih tua dari pada dirinya dampak nya ternyata cukup besar loh guys. Apa lagi bagi seorang anak kecil. Ketika membuat kesalahan dan si orang tua atau kakak nya membentak nya atau memarahi nya tanpa mendengarkan alasan si anak dahulu. Tujuan nya sih agar si anak tidak mengulangi kesalahan nya. namun membentak dan memarahi anak bukan lah hal yang efektif dan malah menjatuhkan mental si anak dan kesan trauma.

 

 

MENGATASI SEBUAH TRAUMA PSIKOLOGIS

 

Mengatasi sebuah trauma psikologis yang pernah di alami seseorang dan tidak bisa hilang. Sulit memang, namun jika melakukan dengan di sertai dukungan dari orang terdekat maka akan lebih mudah meredakan si trauma ini.

 

  • Stabilisasi

Tahapan pertama yang di lakukan dalam upaya mengatasi trauma psikologis adalah menciptakan rasa ama bagi individu. Dengan rasa ini akan mulai menekan sebuah ketakutan yang selam ini terbayang bayang.

 

  • Berbagi cerita

Tahap selanjutnya untuk menghilangkan sebuah trauma atau mengatasi nya. seseorang bisa mendengar pertanyaan dari seorang psikiater atau sahabat terdekat untuk menceritakan peristiwa yang terbayang dan membuat kita ketakutan.

 

  • Membangun sebuah kepercayaan

Tahapan ketiga seletah menceritakan kepada orang terpercaya atau dari seorang ahli psikiater. Lalu kita sudah mendapatkan sebuah saran. Langkah selanjut nya silahkan membangun lah sebuah kepercayaan yang bisa kamu mulai dari orang orang terdekat atau yang ada di sekitar kamu dahulu guys. Hilang kan perasaan waspada yang ada di dalam diri.

Itulah sedikit kita yang bisa saya tulis untuk kalian coba. Jadi bagaimana pendapat kalian guys?

Leave a Reply