matematika
matematika

Cara Belajar Matematika Dasar Dengan Mudah dan Cepat

Posted on

Matematika merupakan memanglah salah satu mata pelajaran yang terkenal sulit saat disekolah. Akan tetapi matematika akan sangat mudah dan menyenangkan jika mempelajari matematika ini dengan cara yang seru dan menyenangkan, bahkan sampai mudah untuk dipahami.

Kali ini kami akan memberikan beberapa penjelasan tentang belajar matematika dasa dalam bentuk perkalian. Jadi buat kalian yang masih kesulitan dalam memahami ilmu matematika diharapkan kedepannya nanti akan mudah dan sangat mudah untuk memahami ilmu matematika  kedepannya.

matematika dasar
matematika dasar

Cara belajar matematika dengan mudah dan cepat

Matematika ialah pelajaran yang berkaitan dengan angka, dalam belajar ilmu matematika sangatlah bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Contohnya dalam perdagangan, pertukangan, dan lain sebagainya yang memang memerlukan perhitungan.

Sebenarnya ada banyak cara dalam belajar matematika dasar ini. Seiring dengan perkembangan jaman cara untuk menghitung perkalian, bahkan pembagian, pengurangan, penjumlahan itu pun sudah bervariasi. Banyak sekali para-para ahli matematika menemukan cara-cara yang mudah dalam berbagai macam perhitungan di dalam matematika.

Cara mudah menghitung perkalian

Perkalian adalah salah sat operasi hitung bilangan aritmatikadasar serta juga merupakan operasi matematika yang mengalikan angka satu dengan angka yang lainnya. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam menghitung perkalian.

Syarat awal supaya bisa dengan mudah memahami cara belajar matematika dasar dengan sangat mudah khususnya dalam perkalian. Didalam perkalian kita harus bisa paham dan mengerti betul-betul terlebih dahulu 2 operasi hitung, yaitu tambahan dan pengurangan. Kalau kita sudah paham dan mengerti dan menjalankan 2 operasi hitung tersebut tentu saja pasti akan snagat mudah juga memahami dan mengerti serta menguasai tehnik operasi hitung perkalian.

Menghitung Perkalian 1 sampai 10

Didalam belajar ilmu matematika dasar terkhususnya untuk menghitung dan mengingat perkaliann mulai dari 1 sampai 10 sangatlah mudah. Contohnya pada gambar berikut.

perkalian
perkalian

Menghitung Perkalian Sembilan

Perkalian sembilan adalah perkalian yang sangat mudah untuk belajar ilmu matematika dasar daam bentuk perkalian yang bisa kita hafal dan kita ingat, yaitu dapat mengingat dan menghitung dengan menggunakan jari tangan. Contohnya (4×9) yang hasilnya 36.

perkalian 9
perkalian 9

Dalam menghitung perkalian sembilan ini sangatlah mudah yaitu seperti pada gambar diatas, contoh misal tadi 4×6=36 dengan menekuk atau menyimpan jari yang nomor 4 sebagai pembatas kita sudah bisa menemukan hasilnya yaitu ada 3 jari yang disudut kiri dan 6 jari yang disudut kanan. Dari situ kita sudah bisa lihat hasilnya. Mudah kan dalam belajar ilmu matematika dalam bentuk perkalian.

Perkalian angka 6,7,8 dan 9

Dalam menghitung perkalian dari angka 6 sampai 9 dapat kita hitung dengan mengunakan jari tangan. Contohnya 6×8 yang hasilnya 48. Caranya seperti gambar dibawah ini.

perkalian 6-9
perkalian 6-9

Menghitung perkalian 11

Cara yang mudah dalam belajar Ilmu matematika menghitung perkalian 11 bisa kalain lihat seperti gambar dibawah ini. Misalnya 457×11 dan 46×11

Hasil dari 457×11 = 5027

perkalian-11
perkalian-11

Contoh lainnya yaitu 46×11 = 506

perkalian 11
perkalian 11

Perkalian puluhan

Dalam perkalian puluhan ini semakin besar angka puluhan yang dikalikan semakin mudah pula cara menghitungnya. Dan yang paling mudah didalam menghitung perkalian ini yaitu perkalian 90 sampai dengan 99 saja. Rumusnya bisa kalian lihat pada gambar dibawah ini.

perkalian puluhan
perkalian puluhan

Keterangan atau pejelasannya

Di angka 93 dan 96 masing-masing mengurangi angka100 misal 100-93= 7 dan 100-96= 4

Jika sudah mendapatkan jumlah dari pengurangan tadi selanjutnya hasil masing-masing dijumlahkan 7+4= 11 dan dikalikan 7×4= 28

Lalu kurangkan lagi agka 10 dengan hasil dari enjumlahan tersebut yaitu angka 11 (100-11= 89)

Dan terakhir gabungkan atau sandingkan hasil dari keduanya tadi yaitu 89 dengan 28, maka hasilnya 8928.

Menghitung perkalian dua digit angka atau lebih

Kali ini dengan perkalian dua digit angka atau lebih. Cara dalam menghitung perkalian ini yaitu dengan menggunakan garis-garis dengan garis tersebut maka akan menemukan beberapa titik dimana titik itu dijumlahkan. Contohnya 123×21= 2583.

perkalian digit
perkalian digit

Itulah tadi cara yang bisa kita gunakan untuk menyelesaikan operasi hitung perkalian. Semoga saja bermanfaat buat kalian yang ingin bisa belajar ilmu matematika dan bagi yang belum mengerti tentang belajar matematika dasar.

Leave a Reply