Kelinci Hias
Kelinci Hias

Kelinci Menggemaskan Yang Cocok Dipelihara Di Rumah Anda

Posted on

Kelinci adalah salah satu hewan mamalia dari jenis famili Leporidae. Kelinci sangat mudah ditemukan di berbagai belahan bumi. Cara kelinci berkembangbiak dengan beranak yang biasa disebut dengan bahasa vivipar. Pada zaman dahulu masih belum ada yang namanya kelinci hias, akan tetapi adanya kelinci liar. Jenis kelinci liar tersebut merupakan hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke Eropa. Namun pada akhirnya seiring berkembangnya zaman tahun 1912 kelinci ini diklasifikasikan menjadi 2 famili, yaitu Ochtonidae dan Leporidae.

Asal kata hewan kelinci ini dari bahasa Belanda, yaitu kata yang memiliki arti anak kelinci. Dengan hal tersebut maka sama halnya dengan menunjukkan bahwa masyarakat di sekitar sudah mengenal hewan kelinci, padahal pada zaman itu masih masa kolonial.

Namun pada umumnya jenis kelinci ini terbagi atas 2 jenis. Pertama jenis kelinci liar dan yang kedua jenis kelinci hias. Nah, kelinci hias ini lah yang biasanya disebut dengan kelinci peliharaan. Jenis kelinci apa saja yang cocok dipelihara di rumah.

1. Lion Head

Lion Head
Lion Head

Lionhead merupakan salah satu ras kelinci domestik yang ada di Amerika Serikat. Jenis kelinci lion head ini memiliki bentuk bulu yang melingkari kepala di lehernya. Dan kelinci ini cenderung memiliki bentuk bulu seperti bentuk bulu yang di miliki singa jantan, bulu yang menarik bukan. Ciri khas yang dimiliki kelinci ini yaitu memiliki kepala tinggi, memiliki tubuh yang tegak, memiliki telinga yang kecil, dan berat bdan yang dimiliki rata-rata sekitar 1 – 1,5 Kg. Sedangkan berat maksimal dari kelinci jenis lion head ini tidak lebih dari 1,7 Kg.

Untuk masalah ukuran tubuh kelinci lion ini memiliki tubuh kecil sampai sedang. Ukuran yang berbeda sama sekali tidak mempengaruhi kelucuan kelinci ini, dikarenakan yang membuat kelinci ini kelihatan menarik adalah bulunya yang lebat tersebut. Harga kelinci yang sudah dewasa rata-rata Rp.150.000 sampai RP.700.000.

2. New zeeland red rabbit

Newzeland Red Rabbit
Newzeland Red Rabbit

Jika dilihat dari nama kelinci ini pasti dikira berasal dari New zeeland padahal mereka berasal dari amerika serikat. Kelinci jenis ini hanya tersedia dalam dominan tiga warna putih, merah, dan abu-abu pucat. Berat badan yang dimiliki hewan ini rata-rata 2,5 kg-4,5 kg. Hebatnya kelinci ini dapat tumbuh dewasa dengan berat mencapai 5kg dan danak yang dilahirkan bisa mencapai 8 – 12 ekor.

Pada awalnya kelinci ini berasal dari New Zealand akan tetapi setelah itu mulai berkembang di beberapa negara seperti Amerika dan bahkan berkembang sampai di negara Indonesia. Salah satu kelebihan new zealand white ini memiliki warna mata yang merah, dan mata yang dimilikinya akan terlihat menyala pada saat malam hari.

3. Rhine lander rabbit

Rhine Lander Rabbit
Rhine Lander Rabbit

Rhine lander rabbit merupakan salah satu jenis kelinci yang berukuran sedang di Eropa. Sedangkan asal kelinci ini dari Jerman. Kelinci ini banyak memiliki penggemar dikarenakan memiliki wajah lucu dan imut. Itulah yang menjadi ciri khas kelinci ini. Pada umumnya warna dari kelinci ini adalah warna hitam dan oranye, dengan latar belakang berwarna putih.

Selain ciri di atas jenis kelinci ini memiliki tubuh yang lebar dan herannya besarnya sama dari bahu ke pinggul. Rhine landers rabbit banyak dikenal dengan pola bulu unik danmenarik. Berat badan rata-rata yang dimiliki jenis kelinci ini adalah 2,7-4,5 kg.

4. Flemish Giant

Flemish Giant
Flemish Giant

Jenis kelinci diatas memiliki nama Flemish Giant. Kelinci ini bisa memiliki berat badan yang agak berlebih, kira-kira mencapai bobot 22 kg. Akan tetapi berat badan rata-rata hanya 15 kg. Kelinci Flemish Giant memiliki ciri khusus yaitu tubuh yang panjang disertai daun telinga lebar.

Warna bulunya yang beragam juga menjadi salah satu daya tarik seperti, putih, abu-abu cerah, biru, hitam kecoklatan, abu-abu gelap, dan coklat kekuningan. Kelinci ini juga biasanya dipelihara karena menghasilkan hasil daging yang memiliki rasa lezat.

5. Angora giant

Kelinci Angora Giant
Kelinci Angora Giant

Untuk jenis kelinci yang terakhir adalah anggora giant. Ras kelinci ini tercipta dari hasil persilangan antara flemish giant dengan kelinci english angora. Hasil yang diciptakan dari persilangan kedua kelinci tersebut adalah kelinci angora raksasa. Berat rata-rata kelinci anggora giant ini yang dewasa adalah 10kg.

Leave a Reply