Pengertian Detailnya Trauma dan Bedanya Dengan Phobia

Posted on

 

Mendengar kata “taruma” apa saja yang kalian pikirkan tentang trauma? Ketakutan untuk mencoba lagi atau mengulangi nya lagi?

Dalam trauma psikologis yang terjadi mungkin akan terus terbayang selama hidupnya. Terutama jika seseorang tidak memiliki sebuah dukungan untuk membuat nya berubah.

TRAUMA juga sangat berkaitan kuat dengan  kejadian yang pernah di lalui seseorang yang bersifat psikis hingga memberikan sebuah dampak negatif kepada dirinya sendiri. bahkan akan selalu terbayang hingga di masa mendatang.

Kadang hidup memang tidak sesuai angan dan bisa membawa bayangan buruk dalam sebuah pengalaman. Terutama pengalaman yang tidak di inginkan atau di luar ekspetasi. Terjadi lah kenangan buruk akibat pengalaman itu.

Saat kenangan itu terjadi, maka kondisi mental yang di alami seseorang bisa saja tidak dalam keadaan siap sampai berakibat buruk dan menimbulkan TRAUMA PSIKOLOGIS secara spontan dan tak sengaja.

Tentu saja hal ini sangat tidak baik, terlebih lagi akan selalu terbayang dan terbayang. Ketakutan yang tak akan berhenti ini tentu membutuhkan orang sekitar agar membangun sebuah kepercayaan dan meyakinkan bahwa dirinya bisa berubah dan melupakan.

Keluarga dan teman dekat, adalah tokoh yang akan membuat si korban meredakan traumanya perlahan. Ini di perkuat karena sebuah trauma akan mereda dalam waktu yang cukup panjang. Apalagi sebab trauma itu sistem yang ada di otak akan berubah, begitu juga dengan fungsi nya.

 

Kalian sendiri gimana guys? Punya trauma tentang apa? Trauma tentu nya berbeda loh dengan phobia ya!

PHOBIA sendiri artinya adalah sebuah rasa ketakutan yang berlebihan kepada suatu hal atau sebuah fenomena. Phobia sendiri adalah evolusi dari trauma, bisa di katakan sebagai bentuk parah nya trauma.

Ini lah mengapa trauma sangat tidak baik untuk diri.

Potensi yang di datangkan oleh phobia bahkan bisa sampai sangat berlebihan. Semisal kamu pernah mengalami sebuah kecelakaan sepeda, hingga menyebabkan kaki mu terluka parah sampai patah.

Tentu saja dalam dirimu terdapat sebuah kecemasan dan rasa takut ketika menaiki sepeda lagi atau melihat sepeda. Khawatir jika kejadian itu akan kembali terjadi.

Jika trauma ini berlanjut dan tidak ada yang meredakan nya maka akan bertahap ke phobia. Mental nya terganggu dan menjadi terkunci. Di sebabkan ketidakmampuan seseorang yang tidak mampu mengendalikan rasa takutnya itu.

Maka, jika sudah berlanjut ke fobia maka saat melihat sepeda kamu akan menjerit ketakutan atau pingsan.

Bagaimana guys? Kalian sudah tau kan apa perbedaan antara trauma dan fobia?

Macam trauma pun tidak hanya satu, seperti berikut :

  • TRAUMA KARENA PENGOBATAN

Trauma ini ada hubungan nya dengan kesehatan. Trauma ini terjadi karena seseorang mengalami penyakit tertentu yang mewajibkan dirinya melakukan tindakan operasi atau bedah.

 

Dalam keadaan seperti ini, jika diri nya tidak siap kadang seseorang akan mengalami semacam trauma didalam dirinya. Trauma yang di akibatkan akan membuat dirinya takut untuk kerumah sakit atau sekedar berobat ke puskesmas.

 

 

  • TRAUMA DUKA CITA

Kehilangan seseorang yang sangat berarti dalam hidup nya. mungkin sahabat, keluarga, pasangan hidup dsb. Trauma psikologis yang di alami ini akibat merasa kehilangan yang sangat dalam. Dampak nya membuat seseorang itu mengurung diri di dalam kamar atau tidak semangat melakukan aktivitas nya seperti biasa.

 

  • TRAUMA BENCANA ALAM

Bencana alam, suatu kejadian yang tidak pernah diduga sama sekali. Dalam hitungan yang mendadak dan tidak bisa di perkirakan. Konteks trauma bencana alam ini akan berdampak seseorang mudah terkejut dan ketakutan dengan suara atau getaran yang terjadi di sekitarnya.

 

  • TARUMA MENJADI ANAK YANG DI ABAIKAN ORANG TUA

Sibuk, banyak kerjaan dan sebagainya, menjadi kendala orang tua untuk memberi perhatian kepada anak nya. kondisi seperti ini mungkin tidak begitu berarti terhadap orang tua, tapi bagaimana dampaknya dengan anak?

 

Tentu saja sangat berpengaruh dan bahkan menekan mentalnya. Keadaan ini akan membuat seorang anak mengalami trauma psikologis. Bahkan ini di sebut pelecehan psikologis loh..

 

Leave a Reply