neon tetra
neon tetra

5 Jenis-jenis Ikan tetra terpopuler

Posted on

Ikan tetra merupakan ikan yang menjadi pilihan favorit bagi para aquarist pemula maupun yang sudah mahir. Perwatannya pun tidak begitu rumit. Meskipun demikian kalian juga harus tetap mempertimbangkan banyak hal agar resiko apapun yang ada nanti bisa diminimalisir.

Kenapa bisa disebut dengan nama tetra. Nama tetra sendiri terinspirasi dari gigi-gigi kecil mereka yang berbentuk unik. Ikan tetra ini berasal dari amerika serikat, Amerika Tengah, Afrika, da nada yang berasal dari Insonesia dan hidup di wilayah air yang hangat. Mereka hidup dengan berkelompok kurang lebih 6 ekor atau lebih. Berikut ini jenis-jenis ikan tetra.

  1. Neon Tetra (paracheirodon innesi)

neon tetra
neon tetra

Neon tetra ini berasal dari sungai amazon, Amerika Selatan. Ikan neon tetra merupakan ikan omnivore yang sangat harmonis, dan kompatibel dengan ikan jinak lainnya. Mereka dating dengan campuran yang indah dari mulai warna merah, putih, biru, silver, dan hitam.

Ikan neom tetra ini memiliki renteng hidup yang panjang. Mereka bisa bertahan hidup sampai 5-10 tahun. Tanaman hidup didalam tangki sangat dianjurkan sekali untuk menjaga neon tetra tetap bahagia. Karena mereka suka memiliki tampat untuk bersembunyi.

Mereka menikmati berada dalam kelompok, dan itu hanya ada sekitar 3-4cm. jika kalian ingin memeliharanya kalian harus membeli berkelompok juga. Tapi jika kalian memblinya terlalu banyak dan di taruh di dalam satu tangki sekaigus maka mereka bisa menjadi stress dan mudah terkena penyakit.

  1. Cardinal Tetra (paracheirodon axelrodi)

cardinal tetra
cardinal tetra

Warnanya yang beilian membuat ikan ini menjadi salah satu ikan akuarium yang paling terpopuler. Akan tetapi perlu kalian ketahui bahwa ikan karnidal tetra ini bukan merupakan ikan yang mudah untuk dipelihara.

Mereka akan sensitive terhadap perubahan kimia pada air. Filter yang efisien pun harus digunakan dan mereka juga tidak boleh dimasukan kedalam akuarium yang baru disetting. Kalian juga harus menunggu sampai sistem kalian sudah jadi dan melihat rata-rata parameter air yang keluar.

Kalian kan membutuhkan air yang lembut, dengan kondisi sedikit asam dan tangki yang sudah jadi dengan semak-semak tanamannya yang mapan itu sudah cocok untuk dijadikan tempal tinggal.

Ikan ini hanya akan menjadi berani dan mendapatkan kekuatan jika mereka ada dalam jumlah yang banyak dan juga akan terlihat jauh lebih mengesankan dalam berkelompok.

Pada sebagian besar ikan karnidal tetra yang dijual itu merupakan tangkapan dari alam alir dan sangat mudah dicari untuk ikan yang suka berkelompok. Meski mereka ini ialah community fish, ukuran mereka kecil hanya 3,5mcm dan bisa dimakan oleh ikan yang lebih besar darinya.

  1. Serpae Tetra (Hyphessobrycon eques)

serpae tetra
serpae tetra

Urutan ketiga yaitu ikan serape tetras, ikan ini mempunyai warna merah terang yang solid nan indah. Dan juga mereka biasa disebut dengan Blood Tetra dan Red Minor Tetra. Mereka bisa hidup dengan sangat baik diair yang lembut, netral dan sedikit asam. Ikan ini tidak akan bisa tumbuh lebih besar dari 5cm dan ikan ini datang dalam berbagai jenis spesies hibrida yang berbeda-beda. Jenis ikan tetra yang ini sangat mudah untuk dipelihara. Tetap saja jika kalian ingin memeliharanya pastikan kalian memelihara mereka dalam 5-6  kelompok atau lebih. Dan sama seperti jenis tetra yang lainnya kalian juga harus menyiapkan tempat tinggal dan tempat untuk bersembunyi.

Serape tetra ini dikenal dengan satu kenakalannya yaitu suka menggigit sirip ikan lain. Jadi pastikan kalian yang ingin memeliharanya menjauhkan dari ikan yang mempunyai srip panjang dan mengair seperti cupang.

  1. Diamond Tetra (Moemkhausia pitteri)

diamond tetra
diamond tetra

Ikan tetra jenis diamond tetra ini sangat aktif akan tetapi dia tidak ada kecendrungan untuk mengejar atau menggigit ikan lainnya tidak seperti serape tetra. Dia adalah ikan yang indah karena sisiknya yang bersinar. Ikan ini Nampak berkilau seperti belian dengan sisik nya yang berwarna hijau, emas, oranye, perak, dan juga ungu. Warna penuh dia tidak akan muncul sampai dia dewasa, jadi kalian mungkin harus menyabarkan diri untuk sementara waktu ika kalian ingin melihat keindahan mereka secara penuh.

Sama seperti ikan tetra lainnya ikan ini juga suka dengan air yang lembut dan sedikit asam dan air gambut yang disaring.  Ikan ini sangat kuat dan memiliki rantang umur antara 3-6 tahun. Karena ikan ini tidak begitu aktif, jadi ikan ini perlu diberi makan dengan baik. Diamond tetra ialalah ikan yang bermasyarakat atau community fish yang baik dan juga damai, dan lebih suka berada dalam kelompok 5 ekor atau bisa lebih.

  1. Glowlight tetra

glowlight tetra
glowlight tetra

Yang terakhir adalah ikan tetra jenis Glowlight, ikan ini merupakan salah satu ikan yang berasal dari Amerika Selatan. Ikan inimemiliki warna yang berwarna warni seperti merah cerah dan oranye serta garis-garis dari matanya kedasar ekornya menambah kesan yang sangat indah untuk dipeihara. Menonton permainan warna dan tubuh yang semi transparan dari ikan glowlight tetra ini berenang bersama sama merupakan suatu pemandangan yang sangat indah untuk dilihat. Ikan ininmemiliki umur yang relative cukup pendek yaitu 3-5 tahun.

Ikan ini membutuhkan air yang sedikit asam dengan kekerasan menengah. Kenapa berbeda dengan jenis ikan tetra lainnya, karena ikan ini sensitive terhadap flukuasi pH, suhu, nitrst, dan nitrit. Dia harus dipelihara dalam tangki yang memiliki filtrasi biologis yang konsisten. Ikan ini merupakan ikan yang damai dan harus dipelihara dengan ikan ikan jinak yang berukuran sama dengannya.

Leave a Reply