Pelecehan Psikologis Yang Tidak Banyak Orang Tau

Posted on
membentak anak bukan lah cara didik yang baik

Pernah denger nggak “pelecehan psikologis” itu apa? Atau belum pernah?

Ternyata pelecehan bukan hanya pelecehan seksual aja loh guys. Tapi secara psikologis ada juga!

Berbagai aspek yang harus di perhatikan pada aspek pertumbuhan, terutama pada seorang anak, kalian termasuk anak anak, remaja atau orang tua?

Sisi psikologis bisa dilihat dari cara perkembangan seseorang. Jika sifat seseorang kasar dan cenderung arogan, mudah tersinggung atau kejam. Bisa jadi mereka memiliki masa kecil yang rumit, dalam artian cara didikan dari orang tua nya kasar atau kurang memperhatikan.

Oleh karna itu berbagai aspek harus sangat di perhatikan dalam pertumbuhan seorang anak. Salah satu nya dalam segi psikologis. Mungkin belum banyak yang para orang tua tau tentang hal ini. namun tau kah, perkembangan yang tidak seimbang akan berpengaruh pada masa depan si anak.

Bagaimana dengan kalian guys? Pernahkah kalian mengalami nya?

Contoh saja, apa kah sering kali di bentak, di perlakukan kasar oleh pengasuh kalian atau orang tua kalian? Lalu bagaimana sifat kalian saat ini menurut kalian? Apakah sangat kasar? Mudah tersinggung? Mengeluarkan kalimat pedas? Dan sifat yang tidak baik lain nya?

Menurut kalian, bagaimana sifat yang kalian bisa seperti itu?

Kemungkinan karna cara didikan pengasuh atau orang tua loh.

Sebagian orang tua kadang secara tidak sadar sudah melakukan tindak peleccehan psikologis dan emosional terhadap seorang anak karna kurang mampunya mengasuh, atau di sebabkan nya stres akibat banyak pekerjaan yang menumpuk. Terutama yang bisa menjadi penyebabnya kurangnya sosialisasi orang tua terhadap anak nya.

Belum jelas apa salah si anak, orang tua udah keburu marah. Mau jelasin, nggak punya ruang atau malah ketakutan. Serba salah emang ya kalau jadi anak guys. Maka nya, untuk kalian para orang tua cobalah mengerti para anak.

Dampak yang terjadi bisa beresiko untuk perkembangan nya loh, seperti  :

  • Perkembangan mental nya lambat
  • Memiliki kesulitan dalam bersosialisasi
  • Sering berperilaku memberontak di luar lingkungan rumah
  • Stres
  • Tidak bisa maksimal dalam belajar di sekolah
  • Trauma psikologis
  • Dan bahkan depresi
  • Membuat sifat anak menjadi arogan, keras kepala, kasar
  • Mencontoh perbuatan yang dilakukan si pengasuh kelak

Fakta yang diterima tersebut ternyata cukup mencengangkan bukan?

Bahkan korban pelecehan psikologis ini memiliki efek atau dampak yang tidak jauh berbeda dengan pelecehan fisik atau seksual.

Jangan pernah menganggap pelecehan psikologis ini remeh loh guys! Ingat itu baik baik! Kecemasan, stres dan trauma yang di tinggalkan bisa berkelanjutan terhadap anak.

Bukan hanya secara langsung, pelecehan ini bisa di lakukan secara tidak langsung loh. Seperti :

  • mengabaikan keberadaan anak,
  • mengacuhkan karna terlalu sibuk terhadap pekerjaan,
  • tidak memperhatikan si anak

biarpun kita pernah merasakan nya, setidak nya jangan pernah membawa kebiasaan ini kelak saat kita mempunyai anak nanti ya guys!

Ingat! Anak adalah sebuah hadiah dan anugrah yang sudah Allah SWT berikan. Dan anak adalah penerus kita kelak dan menjadi tanggung jawab kita sampai nanti mereka dewasa dan bahkan di akhirat

Leave a Reply