Harimau terganas di dunia
Harimau terganas di dunia

6 Jenis Harimau Terganas Di Dunia

Posted on

Harimau adalah salah satu jenis hewan mamalia yang terkenal tergolong dalam spesies tigris. Harimau ini hewan pemakan daging yaitu biasa dikenal dengan hewan karnivora. Dalam keseluruhan jenis hewan karni karnivora, maka hewan bernama harimau ini adalah hewan jenis karnivora terbesar bernomor tiga setelah beruang kutub dan beruang coklat.

Harimau ini masih termasuk keluarga felidae yang lebih akrab kita panggil dengan nama keluarga kucing. Sedangkan jenis spesies kucing terbesar adalah harimau, saking besarnya harimau hingga bisa mengalahkan besarnya singa. Dalam hal berlari harimau juga termasuk salah satu hewan yang memiliki skil dalam berlari yang sangat cepat.

Dengan kecepatan dalam hal berlari membuat harimau lebih mudah untuk mendapatkan mangsanya. Mangsa yang didapatkan selalu berukuran yang masih bisa jika dikatakan besar diantaranya rusa, kijang, babi atau kancil. Jika hewan berukuran besar tidak ada maka hewan kecil pun yang menjadi sasarannya, seperti landak.

Meskipun berasal dari satu spesiep kucing, harimau jelas-jelas berbeda dengan kucing biasa. Salah satu buktinya adalah dari karakter harimau sangat suka dengan air dan harimau juga pintar dalam hal berenang sedangkan kucing takut dengan air.

Kucing pada umumnya memiliki sifat penyayang pada semua orang terutama pada majikannya. Namun hal tersebut berbeda dengan jenis spesies kucing terbesar ini. Harimau lebih dikenal dengan hewan yang sangat ganas dan mengerikan. Tidak hanya memangsa hewan-hewan akan tetapi juga memangsa manusia. Hewan yang sangat ganas bukan, memang tidak semua jenis harimau memiliki sifat ganas tersebut. Lalu jenis harimau apa saja yang termasuk mengerikan. Baca artikel dibawah ini.

1. Harimau Sumatera

Harimau Sumatera
Harimau Sumatera

Seperti yang terdapat pada namanya, Harimau Sumatera ini adalah salah satu subspesies harimau yang berasal dari Sumatera. Hewan dengan nama latin Panthera tigris sondaica merupakan satu dari enam subspesies harimau yang masih bertahan hidup hingga saat ini, meskipun sudah terancam punah. Populasi liar dari jenis harimau ini diperkirakan antara 400-500 ekor, jenis populasi liar tersebut kebanyakan hidup di taman-taman nasional di Sumatera.

Harimau sumatera merupakan salah satu jenis subspesies harimau terkecil, dan warna dari harimau sumatera ini enderung lebih gelap jika dibandingkan dengan jenis harimau yang lain. Pola garis hitam yang dimiliki harimau ini cenderung lebar dan dempet. Ha ini merupakan salah satu ciri khas yang dimilikinya.

Perbedaan ukuran yang dimiliki antara harimau jantan dan betina sangat terlihat jelas, lebih besar harimau jantan daripada harimau betina. Ukuran panjang dari kepala sampai ke kaki yang dimiliki harimau jantan rata-rata 92 inci dan panjang dari harimau betina adalah 78 inci. Berat badan dari jenis harimau sumatera jantan dari kepala hingga kaki sekitar 300 pund atau 140 kg. Sedangkan berat yang dimiliki betina yaitu sekitar 200 pound saja atau 90 sampai 91 kg saja.

Salah satu kelebihan harimau sumatera ini adalah mampu berenang dan memanjat pohon dengan hebat ketika memburu mangsa. Jika ia sudah melihat mangsa nya sedang berjalan maka ia akan mengejarnya sampai mana pun, meski musuh sudah memanjat pohon atau pun masuk menyelam dalam air tetap akan ia kejar.

Masa kehamilan harimau sumatera betina sekitar 103 hari. Dalam proses sekali melahirkan harimau betina tidak hanya melahirkan satu anak karena sering nya 2 anak dan paling banyak 6 ekor. Setelah proses kelahiran, biasanya anakan harimau akan bisa membuka matanya sendiri pada hari kesepuluh. Selain itu hebatnya anakan harimau hanya minum air susu induknya selama 8 minggu pertama saja loh. Setelah proses penyusuan harimau dapat memakan makanan padat. Anakan harimau sumatera sudah bisa meninggalkan sarangnya pada umur 2 minggu. Hebatnya lagi anakan harimau akan memulai belajar berburu pada umur 6 bulan, dan pada akhirnya mereka akan bisa berburu dengan sendirinya pada umur 18 bulan.

2. Harimau Malaya

Harimau Malaya
Harimau Malaya

Harimau Malaya adalah suatu subspesies harimau yang hanya terdapat  pada tahun 2004 di pantai timur Semenanjung Malaysia. Spesies dari harimau malaya ini pada tahun 2013 hanya perkiraan terdapat sekitar 250 sampai 300 ekor saja. Dan jenis harimau malaya ini jenis harimau yang hampir punah. Patehera Tigris Jacksoni adalan nama latin jenis subspesies ini.

3. Harimau Siberia

Harimau Siberia
Harimau Siberia

Harimau Siberia adalah salah satu jenis spesies langka harimau. Jenis harimau dengan nama latin Panthera tigris altaica ini juga dikenal dengan nama Harimau Amur, Harimau Korea, Harimau Manchuria, atau Harimau Cina Utara. Jenis harimau siberia ini dianggap salah satu subspesies yang terbesar dari enam spesies harimau di dunia. Wow jenis harimau yang sangat besar bukan. Status harimau jenis siberia di wilayah timur jauh ini termasuk jenis harimau yang masih di lindungi.

Selain itu jenis harimau siberia ini termasuk hewan yang terancam punah. Buktinya pada tahun 1900-an awal harimau dengan nama latin Panthera tigris altaica ini hanya dapat ditemukan di sepanjang Semenanjung Korea, barat laut Mongolia, tenggara Rusia, dan barat laut Tiongkok saja. Dan sekarang jenis subspesies siberia ini telah hampir punah total dari Korea Selatan. Justru malah sekarang kebanyakan hidup di sebuah wilayah kecil di sebelah selatan Timur Jauh Rusia yaitu sebuah tempat di mana Harimau Siberia dan Macan Tutul Amur sedang dilindungi.

4. Harimau Indocina

Harimau Indocina
Harimau Indocina

Harimau Indocina memiliki nama latin yaitu Panthera tigris corbetti. Harimau ini merupakan salah satu subspesies harimau yang habitatnya hanay ada di Kamboja, Cina, Laos, Burma, Thailand dan juga Vietnam.

Panthera tigris corbetti adalah nama latin dari subspesies ini. Nama tersebut berasal dari nama seorang pemburu yang sangat terkenal, yaitu bernama Jim Corbett. Harimau Indocina ini memiliki ukuran lebih kecil dan lebih gelap dibandingkan harimau jenis benggala.

5. Harimau Benggala

Harimau Benggala
Harimau Benggala

Harimau Benggala ini dulunya meiliki nama latin Panthera tigris bengalensis, tapi sekarng berubah menjadi Panthera tigris tigris. Jenis harimau benggala ini merupakan salah satu jenis subspesies harimau yang berada di India, Bangladesh, Nepal dan juga di Bhutan. Hanya terdapat sekitar 2.100 ekor saja harimau benggala yang sekarang hidup di alam bebas Menurut World Wide Fund for Nature.

6. Harimau Cina Selatan

Harimau Cina Selatan
Harimau Cina Selatan

Harimau cina selatan ini memiliki nama latin yaitu Panthera tigris amoyensis . Nama harimau cina selatan merrupakan nama yang diambil dari tempat asal harimau tersebut, yaitu di hutan cina bagian selatan. Jenis spesies yang satu ini merupakan jenis spesies yang paling kritis diantara spesies harimau lainnya. Bahkan sudah masuk kedalam 10 spesies yang paling terancam punah.

Untuk ukuran dari harimau cina selatan ini hampir sama dengan harimau jenis yang lain. Harimau jantan dan betina jelas berbeda ukuran, berat harimau jantan lebih berat jika dibandingkan dengan harimau betina. Harimau jantan cina selatan yang memasuki masa dewasa akan beratnya sekitar 150 Kg.

Demikian artikel kami semoga bisa menambah wawasan anda, terutama tentang jenis-jenis harimau terganas di dunia. Terimakasih telah membaca artikel kami.

Leave a Reply