Fakta mengerikan tentang ular anaconda

5 Fakta Mengerikan Seputar Ular Anaconda

Posted on

Anakonda adalah salah satu jenis ular yang masuk dalam kategori golongan phylum chordata. Jenis ular anaconda ini merupakan golongan hewan yang memiliki notokorda atau bisa juga disebut dengan chorde. Charde atau notorkoda adalah tali sumbu yang terdapat pada tubuh saraf belakang dengan rangka. Ukuran chorde bemacam-macam, ada yang besar dan ada juga yang kecil. Chorde dengan otak yang terlindung tengkorak memiliki fungi untuk berpikir.

Anakonda terkategorikan jenis ular boa air. Ular dengan tubuh raksasa tersebut hidup di Amerika Selatan lebih tepatnya lagi hidup di sebelah timur Andes. Ular tersebut sebagian besar hidup di sungai Amazon, sungai Orinoco dan sungai Guianas. Banyak berita yang terkabar bahwa ular anaconda ini sudah terdapat di daerah Kalimantan tetapi belum ditemukan bukti sama sekali bahwa memang benar-benar ada. Kebanyakan para ular ini hidup di daerah rawa-rawa dan daerah semak belukar, termasuk ular anaconda ini. Habitat para ular banyak ditemukan di daerah rawa, jarang sekali ular ditangkap di daerah kering. Hal ini dikarenakan rawa-rawa merupakan salah satu tempat faforitnya untuk bersembunyi. Tubuh ular anakonda ini akan dikerubungi oleh hewan-hewan kecil parasit seperti kutu-kutu atau jamur krtika ia keluar dari daerah perairan.

Pada usianya yang masih dibilang masih muda seekor ular anaconda akan memulai masa reproduksi. Kira-kiranya dalam usia muda tersebut ular anaconda akan merasakan masa kehamilannya kurang lebih selama 6 bulan. Dan setiap satu ekor ular anaconda bisa lebih dari satu ekor loh. Dimulai dengan beranak 20 ekor hingga mencapai 40 ekor. Dan bahkan  bisa juga lebih dari 100 ekor. Wow bisa beranak sangat benyak, hebat bukan.

Anakan dari ular anaconda yang baru lahir biasanya memiliki panjang rata-rata 60 cm. Mereka anakan anconda langsung bisa berenang, menyelam, berburu bahkan merawat dirinya sendiri hanya dengan menunggu beberapa jam saja setelah proses lahir tersebut.

Anda tak akan pernah menduga apa yang anda temukan saat menyelam di bawah laut. Hiu, harta karun, ular laut, bahkan hewan-hewan aneh dapat Anda temui di dalam laut. Termasuk jeenis ular anaconda ini. Lalu fakta aneh apa saja yang terdapat pada ular anaconda ini? Simak ulasan ebrikut ini.

1. Berat Badan Ular Anaconda

Berat badan anaconda
Berat badan anaconda

Jika hewan lain lebih berat jantannya daripada betinanya, namun ular jenis anaconda yang satu ini berbeda dengan hewan lainnya. Justru betina anaconda yang sudah memasuki masa dewasa akan lebih besar dan tentunya juga lebih berat jika dibandingkan dengan pejantan.

Panjang dari tubuh anaconda ini bukan lagi centimeter namun sudah memasuki meteran. Jika anakan anaconda yang baru lahir saja sudah memiliki panjang 60cm maka anaconda yang memasuki dewasa otomatis akan jauh lebih panjang. Rata-rata memiliki panjang sekitar 8 meter atau bahkan bisa lebih dari 10 meter.

Coba tebak berapakah rata-rata berat badan ular anaconda. Jawaban yang sangat mengherankan, berat badan yang dimilikinya mencapai sekitar 227 kg. Dengan bertambah seringnya makan maka ular anaconda ini bia saja semakin besar dans emakin berat lagi, melebihi berat badan di atas.

2. Cara Makan Dari Ular Anaconda

Cara anaconda makan
Cara anaconda makan

Cara makan dari ular anaconda berbeda dengan hewan yang lain. Ular anaconda memiliki ciri makan yang sama dengan ular jenis yang lainnya yaitu dengan menangkap, menggigitnya menggunakan gigi taringnya yang beracun llu melilitnya sampai mangsa merasakan lemas dan lumpuh.

Namun pada umumnya hewan jenis yang satu ini memiliki ukuran badan yang lebih besar daripada jenis ular yang lainnya maka otomatis anaconda ini memiliki lilitan yang lebih kuat. Dengan begitu musuh akan lebih cepat lemas meskipun racun yang dimiliki oleh ular jenis anaconda ini tidak terlalu beracun. Namun karena lilitan yang dimilikinya lebih kuat otomatis mangsanya akan lebih cepat erasakan lemas. Lalu anaconda akan menelannya hidup-hidup. Cara yang sadis bukan.

Makanan yang dimakan oleh anaconda biasanya ikan-ikan, hewan laut, kura-kura, tikus, babi, rusa dan yang lain. Makanan yang telah dimakan hewan ini akan bisa bertahan lama. Karena memiliki pencernaan yang terkenal lamban dengan makan satu ekor mangsa saja ular anaconda ini bisa tidak makan selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun apabila hewan yang dimangsanya dikatakan sedang atau besar.

Pada umumnya ular anaconda selalu makan manusia, padahal sebenarnya tidak selalu juga. Anaconda bisa saja memangsa manusia apabila ia merasa terganggu kehidupannya. Mungkin saja manusia tersebut melakukan ulah yang pada akhirnya anaconda menyerang manusia tersebut dan bahkan memakannya. Jadi kita sebagai manusia jangan sampai merusak tatanan ekosistem lain dengan cara pemburuan liar dikarenakan hal tersebut sangatlah berbahaya.

3. Struktur Tubuh dan Cara Hidup Ular Anaconda

Struktur badan anaconda
Struktur badan anaconda

Dengan memiliki bentuk badan yang besar dan berat tetapi hal tersebut tidak berpengaruh pada ular anaconda ini. Justru ular anaconda dikenal orang dengan memiliki gerakan yang lincah sekali loh.

Anaconda ini jenis ular yang sangat pintar dalam hal bersembunyi apalagi di daerah daratan. Karena dengan bersembunyi di daerah daratan ia tidak akan meninggalkan jejak sama sekali.

Jenis ular yang satu ini sangatlah unik yaitu tidak memiliki engsel di rahanya, dengan begitu ular ini akan lebih mudah menelan mangsanya bahkan mangsa yang lebih besar daripada yang seharusnya ia jadikan makanan. Bahkan jaguar atau manusi juga bisa dengan mudahnya ia telan, namun tidak bisa semua bagian tubuh dapat tertelan. Mungkin saja masih bersisa setengah atau bisa juga seperempat.

4. Tempat Hidup Ular Anaconda

Habitat dari anaconda
Habitat dari anaconda
Salah satu tempat yang digunakan anaconda bernaung adalah sungai Amazon. Sungai yang terkenal sangat luas sedunia tersebut selain dikenal orang sebagai tempah hidup suatu predator bernama piranha, sungai ini juga terkenal dengan tempat hidup habitat dari ular anaconda.

Anaconda hijau adalah jenis ular anaconda yang terkenal paling ganas jika dibandingkan dengan jenis ular yang lainnya. Dan lebih kagetnya lagi ular jenis anaconda ini sangat banyak ditemukan di sekitar sungai amazon yang sangat luas tersebut.

Akan tetapi jenis ular yang satu ini lebih sering menghabiskan waktunya di daerah perairan jika dibandingkan di daerah daratan. Selain itu jenis ular anaconda ini sangat pandai jika bersembunyi dari para manusia. Dan biasanya ular anaconda ini lebih memilih menyelam untuk mengelabuhi penglihatan manusia. Dengan demikian, ular ini sangat sulit untuk dilakukan penelitian.

5. Cara Perkembangbiakan Ular Anaconda

Perkembangbiakan ular anaconda
Perkembangbiakan ular anaconda

Leave a Reply