Macam dan Contoh Gangguan Kejiwaan Yang Nggak Sadar Ada Disekitarmu

Posted on

KEJIWAAN, hal yang pasti dimiliki semua manusia di bumi. Ya pasti lah! Masa kita hidup tanpa jiwa?

Tapi pernah nggak sih kalian merasa ada yang aneh dengan kejiwaan seseorang? Atau contoh nya : sering tertawa tanpa sebab, mood gampang berubah, sangat over dengan kerapihan, dan sebagainya.

Nyatanya, secara nggak sadarpun kita pernah ngerasain itu semua. Nggak ada yang perlu di permasalahkan. Hanya saja, bagaimana jika itu berkelanjutan? Bahkan setiap saat, bukan hanya sekali dan dua kali.

Nyata nya, semua yang di lakukan secara berlebihan itu tidak berdampak baik sama sekali. Gangguan kejiwaan, biasanya orang orang menggambarkan gangguan kejiwaan dengan ‘orang yang gila, stres” nyatanya, bukan seperti itu saja guys.

Gangguan Kejiwaan tidak selalu di gambarkan sebagai orang yang gila. Hanya saja gangguan kejiwaan ini lebih ke arah yang tabu, sifat nya tidak seperti kebanyakan orang dll.

Mungkin saja sikap dan sifat nya berubah, atau cara berfikirnya yang tidak seperti kebanyakan orang. Bahkan sampai menyimpulkan sesuatu yang tidak rasional! Itu disebut delusi.

Bukan berarti gangguan kejiwaans itu tanpa sebab loh. Semua pasti memiliki sebab.

CONTOH SAJA:       – karna trauma yang di alami nya,

  • stres karna suatu hal,
  • pernah mengalami pelecehan,
  • trauma psikologis, cedera otak,
  • menggunakan obat obat terlarang a
  • tau karna kondisi meddis yang serius

berbagai gangguan kejiwaan yang mungkin sering kita temui

pada tahun 2013 berdasarkan riset kesehatan dasar, di indonesia terdapat sekitar 14,4 juta penderita gangguan kejiwaan. Nggak nyangka kan? Ternyata orang orang seperti itu ada di sekeliling kita loh.

  1. Sering Cemas (Berlebihan)

Tidak menyukai keramaian dan lebih memilih menyendiri, termasuk tanda penderita gangguan kecemasan. Bersosialisasi dengan banyak orang merupakan hal yang paling di jauhi si penderita, sebab terlalu cemas dengan banyak hal. Memikirkan kemungkinan kemungkinan yang bahkan belum tentu akan terjadi.

 

  1. Kepribadian Yang Aneh

Mulai dari pola pikir, perasaan dan perilaku yang berbeda di bandingkan dengan orang orang umumnya. Jenis gangguan kepribadian ini sendiri di bagi menjadi beberpa golongan :

  • Eksentrik atau aneh, seperti gangguan paranoid, skizoid, zkizotipal dan antisosial
  • Dramatis atau emosional, seperti gangguan kepribadian yang nasrsistik, histrionik dan ambang.
  • Mudah cemas dan takut, obsesif kompulsif, selalu menghindar, dependen.
  1. Psikotik

Gangguan ini termasuk gangguan yang level nya parah loh, timbul pemikiran dan persepsi yang tidak normal, atau berfikir delusi. Cirinya adalah mendengar, melihat dan merasakan sesuatu yang sebenarnya tidak ada (halu) seperti menyakini hal hal yang sebenarnya tidak terjadi.

 

  1. Obsesif Komplusif atau OCD

Gangguan ini di tandai dengna adanya pikiran obsesi yang tidak bisa dikendalikan, obsesi terhadap sesuatu dan melakukan secara berulang- ulang. Contohnya saja, memiliki subuah ketakutan dengan kuman hingga mencuci tangan secara berlebihan dan terus menerus.

 

  1. Eccedentsiast

Pengidap gangguan ini umumnya adalah penghibur yang baik, selalu melakukan hal hal yang lucu walaupun cenderung konyol. Bahkan saat menangispun si pengidap masih bisa tersenyum walaupun terisak sambil tertawa. Mirisnya, si pengidap selalu bisa mencari jalan keluar untuk masalah ornag lain namun tidak bagi dirinya.

Leave a Reply