Bagaimana Cara Menghilangkan Malas?

Posted on

Rasa malas terjadi karena kondisi diri kita tidak bergairah atau tidak semangat dalam melakukan sesuatu. Malas tergolong penyakit hati yang paling mengerikan dan dapat menghambat kesuksesan seseorang. Malas dating dengan tiba-tiba ketika kita sedang berusaha melakukan suatu usaha. Banyak sekali orang yang tidak berhasil karena dirinya malas berusaha dan tidak mampu menghilangkan rasa malas tersebut. Sedangkan, orang yang sukses itu biasanya tidak mudah menyerah dan ingin terus mencoba sampai berhasil. Berusaha mencari kesalahan apa yang membuat dia gagal dalam berusaha dan terus semangat melakukan usahanya.

Jika dilihat dari latar belakang kehidupan seseorang, bagi orang yang ekonominya tinggi dan serba cukup sangat sulit memotivasi dirinya sendiri menjadi lebih baik. Oleh karena itu tipe orang-orang seperti ini sangat mudah terserang penyakit malas sebab sudah terbiasa hidup enak. Berbeda dengan orang yang memulai hidup dari nol, dia pasti memiliki motivasi yang sangat kuat untuk menjadi orang yang hebat.

kenapa-malas

Lalu apa yang harus dilakukan untuk bisa menghilangkan rasa malas?

  1. Menata Hidup (buat jadwal)

Malas muncul karena kebiasaan pola piker yang tidak teratur. Buatlah jadwal kegiatan sehari-hari. Jika sudah, lakukan aktivitas sesuai jadwal yang kamu buat. Setelah berlangsung lama tanpa disadari kita akan terbiasa. Sehingga pola hidup menjadi tertata.

  1. Lakukan Kegiatan yang Sulit di Pagi Hari

Bekerjalah di pagi hari karena otak berkonsentrasi tinggi di pagi hari dan tubuh terasa segar saat pagi hari. Segalanya masih fresh di pagi hari. Jangan tunda pekerjaan kamu di siang hari, karena jam-jam di siang hari biasanya tubuh dan otak mulai lelah bekerja apalagi menunda sampai larut malam.

  1. Jangan Biasakan Istirahat Sebelum Waktunya

Hilangkan kebiasaan duduk atau berbaring sejenak di sofa atau tempat tidur sebelu waktunya. Karena akan membuat kita semakin terlena dan lupa dengan pekerjaan. Tanpa kita sadari kegiatan seperti itu akan memancing rasa malas kita untuk muncul. Apalagi sambil nonton TV atau bermain HP. Pekerjaan yang harusnya selesai tepat waktu menjadi tertunda karena kamu beristirahat lebih dulu.

  1. Memotivasi Diri Sendiri

Motivasilah dirimu sendiri untuk menjauhi rasa malas. Jangan lakukan hal-hal yang dapat memancing rasa malasmu keluar. Biasakan melakukan hal-hal penting yang belum terbiasa. Misalnya mandi di hari libur. Dengan begitu, secara perlahan rasa malas akan pergi dan kamu menjadi terbiasa. Jika belum bisa maka, mintalah bantuan orang terdekatmu untuk memotivasi, mengingatkan bahkan memaksamu mandi di hari libur.

  1. Rajin Olahraga

Seharusnya semua orang tau olehraga itu kebutuhan pokok setiap manusia. Biasanya rasa malas muncul karena kondisi badan yang kurang fit dan mudah lelah. Maka dari itu, biasakan berolahraga setiap hari minimal 15 menit. Agar tubuh selalu sehat dan tidak mudah lelah. Jangan lupa juga untuk makan makanan yang bernutrisi dan bervitamin, cukup untuk menunjang aktivitasmu setiap hari.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply