CEGAH HIV AIDS
CEGAH HIV AIDS

Bahaya Penularan AIDS HIV dan Cara Pencegahannya

Posted on
hiv-aids
hiv-aids

HIV atau Human Immunodeficiency Virus adalah virus yang bisa melemahkan kekebalan tubuh pada manusia, sedangkan  Acquired Immune Deficiency Syndrome atau biasa disebut dengan AIDS adalah kumpulan dari gejala atau infeksi atau biasa disebut  dengan sindrom yang diakibatkan oleh kerusakan sistem kekebalan tubuh manusia karena virus HIV. AIDS merupakan stadium akhir dari infeksi virus HIV

Jika ada seseorang yang terkena virus ini maka orang itu akan mudah terserang infeksi oportunistik atau mudah terkena tumor. Untuk  saat ini, penyakit HIV AIDS belum bisa disembuhkan atau ditemukan obatnya, jika ada itu hanya menghentikan atau memperlambat perkembangan virusnya saja.

Cara Penularan AIDS

HIV adalah virus yang bisa dikatakan tergolong sangat mematikan, banyak orang-orang yang meningeal karna virus ini. Pada umumnya virus HIV membutuhkan waktu atau jangka yang sedikit panjang mulai dari terserang virus sampai terkena AIDS, tetapi penyebab yang paling sangat tidak manusiawi ialah penurunannya kehidupan sosial karena ia merasa tersingkir dari kehidupan masyarakat.  pada umumnya si penderita akan mengalami fase-fase kehidupan yang rumit dan mengalami kesulitan didalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Bahaya AIDS sudah menjadi salah satu hal yang paling ditakutkan di seluruh dunia. Bahkan smapai-sampai tingkat depresi akibat virus ini  sangat tingi. Untuk menghindari terkena dari virus HIV ini kita harus menghindari semua jenis-jenis factor penyebab utama aids dan kita harus mengetahui cara pencegahannya agar tidak terkena virus ini.

Inilah cara penularan virus HIV AIDS yang harus kalian ketahui.

  1. Hubungan Seks Tanpa Alat Pengaman atau Kondom

Penularan yang pertama adalah hubungan seks tanpa menggunakan pengaman atau kondom. Virus akan sangat mudah sekali menular saat seseorang yang notaben nya sudah terkena virus HIV melakukan hubungan suami istri sama pasangannya tanpa menggunakan pengaman. Ini merupakan penyebab utama virus HIV berpindah dan menyebar, karena pertukaran cairan yang terjadi ketika berhubungan seks bebas.

  1. Ibu Hamil Positif HIV Kepada Bayinya Selama Masa Kehamilan, Persalinan

Ibu-ibu hamil yang sudah terkena virus HIV lebih baiknya tidak memberikan asupan air susu ibu kepada anaknya, bahkan bisa juga sejak dalam kandungan aanak tersebut akan memiliki potensi besar untuk tertular virus HIV yang sudah di derita oleh ibunya tersebut. Lah, maka dari itu buat ibu yang hamil dan mempunyai virus HIV memiliki potensi menularkan virusnya kepada bayinya aketika persalinana atau menyusui.

  1. Berbagi Alat Suntik Dengan Orang Yang Positif Mrngidap HIV

Cara penularan selanjutnya adalah dengan berbagi alat suntik dengan orang yang mengidap HIV, ini khususnya bagi para pengguna narkoba. Penularan yang dilakukan dengan cara alat suntik ini akan menyebar ke lawan jenis karena ketika memakai jarum yang secara bergantian itu akan membaca cairan dalam tubuh masuk ke tubuh orang yang si suntik tersebut. Ini merupakan cara yang paling mudah dalam penularan virus HIV.

  1. Melalui Transfusi darah

Penyebab lain dari penyebaran virus hiv ini adalah melalui transfuse darah. Virus hiv ini dapat menyebar melalui donor darah yang dilakukan si penderita yang terkena penyakit hiv dan bisa juga melalui transfuse darah yang dari awal sudah tercemar virus hiv.

  1. Melakukan Seks Oral

Yang kelima adalah dengan cara melakukan hubungan seks oral. Melakukan seks oral bisa menjadi penyebab menyebarnya virus hiv ini. Seks oral ialah aktivitas yang memberikan rangsangan pada alat klamin pasangan dengan menggunakan mulut, ludah, gigi, atau lidah. Seks oral ini biasanya dilakukan oleh pria maupun wanita, seks oral ayang dilakukan seorang pria ke wanita ini biasanya disebut dengan cunnilingu. Sedangkat seks oral yang dilakukan oleh wanita ke pria biasa disebut dengan fellatio.

  1. Terkena atau Tertukarnya Cairan Vagina atau Sperma

Penularan AIDS yang terakhir adalah terkena atau tertukarnya cairan vagina dan sperma. Nah, buat kalian semua berhati-hatilah dalam memasuki toiet umum. Karena kalian bisa aja terkena atau tertukar cairan berupa sperma atau vagina. Bisa saja jika kalian belum terkena atau terinfeksi lalu dia tertular itu akan merugikan bagi kalian semua. Kalian tentusaja tidak menginginkan itu kan, maka dari itu kita sama-sama berhati-hati dalam menjaga kesehatan terutama alat reproduksi kalian. Tidak hanya itu, hal ini juga kadang terjadi saat melakukan hubungan seksual yang mengakibatkan terkena cairan vagina atau sperma tersebut.

Cara Pencegahan Agar Tidak Tertular AIDS

HIV AIDS adalah jenis virus yang rapuh, virus ini tidak akan bisa bertahan lama diluar tubuh manusia. HIV bisa juga ditemukan dalam cairan tubuh orang yang terkena infeksi virus HIV. Tetapi. Perlu kalian ketahui juga virus HIV tidak bisa menyebar melalui keringat atau urin. Pencegahan terjadinya virus HIV AIDS adalah sebagai berikut.

  1. Melakukan hubungan seks secara aman, bagaimana itu? Yaitu dengan cara menikah setelah menikah kalian dapat berhubungan seks dengan aman dan tidak akan pernah berbagi jarum suntik yang akan menyebabkan berpindahnya virus HIV.
  2. Tidak bergonta ganti pasangan saat melakukan hubungan seks karena ini akan memiliki resiko terkena infeksi HIV. Selain itu, dengan mengonsumsi obat yang dihasilkan oleh para penelii untuk bertahan dan mempunyai waktu lebih lama, karena virus HIV merupakan virus yang sangat teramat bahaya dari itu kita harus melindungi diri kita agar tidak terkena infeksi HIV.
  3. Yang ketiga adalah setia dengan pasangannya. Hubungan seks yang dari awak sudah didasari dengan pernikahan maka itu akan jauh lebih aman dibandingkan dengan seks bebas yang akan merugikan diri sendiri. Pemeriksaan HIV juga sangat penting bagi dilakukan oleh pasangan yang hendak akan menikah untuk melindungi diri dari infeksi bahaya HIV.
  4. Selanjutnya adalah dengan menghindari narkoba. Karena bahaya narkoba memanglah sudah menjadi rahasia umum yang sangat mematikan. Narkoba yang dikonsumsi dengan cara suntikan ini akan menjadi salah satu penyebab terserangnya AIDS yang sangat besar sekali. Jadi kalian harus menghindari yang namanya narkoba karna itu akan mematikan diri kalian sendiri.
  5. Cara pencegahan yang paling penting adalah dengan cara mengadakan bimbingan moral dan sisialisasi. Untuk saat ini yang perlu dilakukan adalah melakukan jenis kegiatan atau kampanye untuk memberikan bimbingan moral kepada anak remaja atau anak-anak muda. Cara ini sangat bermanfaat untuk memberikan ilmu-ilmu mengenai apa itu AIDS, penularan, dan pencegahannya seperti apa.
  6. Cara yang selanjutnya adalah, jika kalian mempunyai luka maka supaya selalu ditutup dengan perban atau bahan lainnya untuk melindungi unfeksi.
  7. Tidak menggunakan alat alat yang dapat memungkinkan kontak darah dengan penderita seperti sikat gigi, alat cukur, dll.
  8. Yang terakhir adalah tidak menggunakan semua perlengkapan kesehatan yang digunakan untuk kontak fisik dengan penderita.

Itulah tadi artikel tentang bahaya penularan AIDS HIV dan cara pencegahannya, semoga bermanfaat bagi kalian. Dan jangan lupa sayangi diri kalian dengan menjaga kesehatan tubuh anda dengan menghindari seks seks bebas dan narkoba atau hal apapun yang bisa menyebabkan terjadinya tertular infeksi HIV.

Leave a Reply