Hiu Raksasa

Inilah Jenis Ikan Hiu Dengan Ukuran Membandingi Kapal Pesiar

Posted on

Ikan hiu adalah salah satu jenis ikan yang dikategorikan sebagai ikan terganas. Ikan hiu ini hidup di lautan yang lepas. Ikan ganas ini menggunakan kegagahan badannya untuk mengancam makhluk air lainnya yang sedang berenang di laut.

Jika anda ditanya oleh seseorng tentang hewan predator apakah yang terganas di laut, pasti salah satu dari anda sekalian menjawabannya Ikan Hiu. Memang bentuk badan yang besar, halus disertai sirip yang kuat ini lah yang menjadikan ikan hiu tersebut bisa berenang dengan cepat, terlebih lagi jika sedang melihat mangsa lewat. Otomatis ikan ganas ini akan mengejar mangsanya tersebut sampai dapat. Selain itu ikan hiu ini juga memiliki gigi yang runcing dan rahang yang kuat, anggota tubuh tersebut memiliki fungsi mematikan lawan atau mangsa.

Pada umumnya orang bilang bahwa Ikan Hiu adalah salah ikan terganas sama halnya dengan hewan bernama ular sampai-sampai banyak produsen film yang menjadikan film yang berperan sebagai pemangsanya ialah ikan hiu dan ular. Sebenarnya tidak semua ikan hiu itu memiliki sifat pemangsa, ada satu dua jenis hiu yang memiliki sifat baik. Sifat hiu yang pemangsa itu pun ia baru akan memangsa musuhnya apabila ia merasakan bahwa dirinya itu sedang terancam. Hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya ikan hiu itu tidak berbahaya bagi manusia. Saah satu contoh ikan hiu yang baik adalah Whale Shark. Dikatakan baik dikarenakan ikan hiu jenis whale shark ini hanya memakan ikan-ikan jenis kecil dan plankton saja.

Jika anda mendengar kata ikan hiu pasti yang ada di pikiran anda adalah ikan ganas berbadan raksasa bukan. Memang hal tersebut benar ikan ini dikenal dengan ukuran yang rata-rata besar. Ikan hiu jenis Megalodon Shark adalah salah satu ikan terbesar di dunia. Ikan ini adalah ikan hiu yang diperkirakan sudah hidup antara 20 sampai 1.2 juta tahun yang lalu. Penasaran dengan ukuran beberapa macam jenis ikan hiu yang spektakuler ini? Baca penjelasan di bawah ini.

1.Whale Shark

Whale shark
Whale shark

Whale shark adalah ikan hiu yang biasa dikenal dengan nama ikan hiu paus. Ikan hiu ini merupakan ikan hiu terbesar di dunia yang masih hidup bahkan sampai saat ini lo. Jika anda penasaran dengan ukuran hiu ini jangan ditanya lagi tentu sangatlah besar, bobotnya bisa dimulai dengan 15 ton atau bahkan mencapai hingga 20 ton.

Ikan whale shark ini memiliki ukuran tubuh yang sangat besar dalam ukuran. panjangnya bisa mencapai antara 20 sampai 32 kaki pada rata-rata. Mereka whale shark juga memiliki perut berwarna putih. Pada bagian tubuh mereka yang lain mereka berwarna gelap, diantaranya warna coklat atau abu-abu gelap. Mereka para whale shark juga terkenal memiliki mulut yang sangat besar, mulut mereka bisa selebar 4 kaki loh, sangat lebar bukan. Justru dengan adanya hal tersebut lah yang membedakan antara hiu whale shark dengan hiu yang lainnya. Salah satu perbedaan ikan hiu whale shark dengan hiu yang lain adalah terletak pada mulut. Mulut ikan whale shark ini terletak di bagian depan kepala sedangkan pada spesies ikan hiu yang lain terletak di bagian bawah kepala. Bentuk kepala whale shark ini datar dan moncong yang cenderung bulat disertai bulatan mata yang kecil.

Gigi dari ikan hiu whale shark ini sebanyak 3.000 gigi kecil di mulut mereka, akan tetapi gigi ini hampir tidak pernah digunakan. Dikarenakan cara makan dari ikan whale shark adalah menyedot makanan kemudian makanan tersebut disaring melalui insan, jadi gigi mereka yang sebanyak itu tidak pernah digunakan untuk mengunyah makanan. Fakta yang unik bukan.

2. Basking Shark

Basking shark
Basking shark

Ikan hiu diatas (Ikan Basking shark) biasa kita kenal dengan nama hiu penjemur. Cetorhinus maximu adalah nama latin dari hiu basking shark tersebut. Ikan hiuini merupakan ikan terbesar di dunia kedua setelah ikan hiu paus. Dan spesies basking shark ini merupakan spesies yang memiliki pergerakan sedikit lambat dan juga tidak berbahasa jika di bandingkan dengan jenis hiu yang lainnya. Dan mendengar kabar-kabar hiu jenis basking shark ini terancam punah.

Alasan mengapa ikan hiu basking shark ini sering dikenal dengan hiu penjemur adalah hiu ini sering sekali ditemui berada pada permukaan saat mengkonsumsi makanan dan keadaan tersebut justru malah terlihatseperti berjemur dalam air hangat.

Hiu bernama basking shark ini sebenarnya tidak berbahaya bagi manusia dikarenakan dia memiliki gerakan yang lambat. Ciri-ciri yang dimiliki hiu jenis basking shark ini adalah bentuk rahangnya yang mampu melebar. Ditambah hiu jenis ini juga memiliki insang yang hampir menyamai kepala panjangnya, dalam arti lain memiliki insan yang sangat lebar.

Jika anda masih bertanya-tanya soal masalah berapa kah ukuran dari ikan ini maka jawabannya adalah ukuran yang cukup besar dan masuk kategori ikan hiu terbesar kedua di dunia. Yaitu memiliki panjang berkisar 12 meter atau bahkan lebih. Berat badan yang dimilikinya berkisar antara 19ton.

Perbedaan ikan hiu jenis basking shar dengan hiu yang lain terletak pada sirip ekor yang dimilikinya membentuk seperti bulan sabit dan bentuk moncongnya yang mengerucut padahal berukuran besar. 

3. Megalodon Shark

Megalodon Shark
Megalodon Shark

Ikan Hiu jenis Megalodon Shark merupakan salah satu jenis ikan hiu terbesar di dunia. Ikan ini hidup pada zaman purba, dimana ukuran hiu mageladon shark yang dahulu sepuluh kali lipat lebih besar dibaandingkan ikan mageladon shark yang sekarang ini. Banyak ilmuwan yang percaya bahwa salah satu ikan predator terganas di dunia ini masih ada dan hidup diperairan yang dalam sehingga jarang ditemui.

Hasil penelitian ikan hiu mageladon shark malah terungkap sebagai Ikan Hiu kategori predator laut terbaik yang pernah ada di dunia. Mengapa begitu, dikarenakankekuatan gigitannya yang dimilikinya dipercaya bisa menghancurkan cangkang penyu dengan mudah sekali. Hal initelah dibuktikan juga loh pada tahun 2008 silam. Dimana terdapat sebuah tim penelitian gabungan antara Australia dengan Amerika Serikat mengunakan simulasi komputer dengan tujuan menghitung seberapa kuat gigitan ikan predator terganas di dunia ini, dan tenyata terbukti sangat positif enis mageladhon shark ini hewan predator terganas.

Untuk ukuran dari ikan mageladon shark ini yang modern sekitar 1,8 ton sampai 2,5 ton sedangkan Ikan Hiu Megalodon pada zaman dahulu bisa mencapai 18 ton bahkan hingga 20 ton. Perbedaan tersebut mungkin menandakan terancam punahnya hewan predator yang jenis satu ini.

Di atas tadi adalah macam-macam jenis ikan hiu yang dianggap memiliki ukuran membandingi besar ukurannya kapal pesiar. Demikian artikel kami semoga dapat menambah wawasan anda.

Leave a Reply