WASPADA LAH! Terhadap Tanda Pecahnya Gendang Telinga

Posted on
bahaya nya pecah gendang telinga

 

WASPADA lah pada telinga mu, terutama pada gendang telinga yang termasuk yang paling rawan dalam telinga. Kenali lah seperti apa yang bisa menyebabkan gendang telinga pecah.

Pertama, kalian sendiri tau nggak sih apa gendang telinga itu?

GENDANG TELINGA ATAU MEMBRAN TIMPANI ini mengubah bunyi menjadi sebuah getaran yang akan menghantarkan ke dalam telinga. Lalu bunyi itu di proses oleh otak.

Nyata nya ketika gendang telinga kita pecah suara yang biasa nya bisa terdengar tidak bisa lagi di tangkap oleh gendang telinga dan di lanjutkan ke saraf otak. Atau bisa saja yang di tangkap oleh gendnag telinga kurang maksimal dan membuat fungsi pendengaran kurnag maksimal. Kasus parah nya kita tidak dapat mendengar suara lagi!

 

Kenali Lah Ciri- Ciri Gendang Telinga Yang Pecah :

Ada beberapa orang atau bahkan hampir semua orang belum bisa menyadari gejala awal yang menandakan gendang telinga pecah. Bahaya banget kan?

Biasa nya seseorang mulai memeriksakan nya ke dokter setelah merasa tidak nyaman pada telinga nya.

Salah satu tanda awal yang bisa kamu deteksi adalah keluar udara dari telinga mu dan itu terjadi saat kamu buang nafas. Selain itu juag ada ciri- ciri gendang telinga pecah lainnya yang bisa kamu kenali loh :

  • Nyeri pada telinga yang begitu taja, dan terjadi di saat saat yang mendadak
  • Saluran telinga berisi nanah atau darah
  • Penurunan atau kehilangan pendengaran di salah satu telinga atau di kedua nya.
  • Merasakan ddering di telinga atau tintius
  • Merakan sensasi seperti berputar atau vertigo
  • Merasa mual atau munta akibat vertigo tadi
  • Lalu pusing

 

Bagaimana guys apakah kalian pernah merasakan hal yang sama seperti yang tertulis di atas? Silahkan periksakan ke dokter yuk!

Pengobatan untuk si gendang telinga yang pecah :

  • Biasanya seorang dokter akan memberikan resep antibiotik dalam bentuk obat tetes yang di gunakan untuk telinga. Gunanya, untuk mencegah infeksi pada telinga atau mengobati infeksi itu sendiri jika memang ada. Andai gendang telinga pecah yang terjadi membuat anda kesakitan maka dokter akan merekomendasikan penggunaan obat nyeri seperti acetaminophen atau ibuprofen.
  • Kompreskan handuk yang di celupkan air hangat di atas gendang telinga, yang gunanya untuk meredakan nyeri pada gendang telinga itu sendiri. selain memberi obat, dalam sebuah kasus yang parah dokter juga menyarankan pasien melakukan operasi untuk menempelkan jaringan dari bagian tubuh yang lain.

Tindakan yang di lakukan itu, guna merangsang jaringan gendang telinga tumbuh dan kembali mendengar dengan normal. Biasanya, tindakan medis ini akan di lakukan saat gendang telinga yang pecah cukup parah.

Dan saat proses penyembuhan gendang telinga, jagalah telinga dalam kondisi yang kering. Yang artinya, tidak boleh berenang atau menyelam hingga dokter memperbolehkan dan menyatakan bahwa gendang telinga kamu sudah sembuh.

Juga, pada saat mandi, gunakan lah topi pelindung mandi atau kapas yang di lapisi pertroleum jelly di telinga bagian luar saat mandi agar telinga benar benar kering dan terjaga.

Leave a Reply