harga ikan cupang

Ini Dia Keunikan Ikan Cupang Yang Mempengaruhi Harga Jual

Posted on

Sudah kenal kan dengan ikan cupang? Ikan yang populer pada awal tahun 2000-an sampai sekarang ini. Keunikan tersebut yang mempengaruhi ikan ini menjadi pupuler di kalangan masyarakat. Kebanyakan pecinta ikan hias memilih memelihara ikan ini karena memeliharanya cukup mudah dan juga ikan ini memiliki banyak macam nya. Alasan kedua mengapa tidak satu dua orang saja yang membudidaya ikan ini, dikarena ikan ini memiliki harga jual yang tinggi. Jika mencarinya di pasaran maka akan sulit sekali jika ingin mencari jenis ikan yang su ini. Keunikan ikan hias jenis apa saja yang yang membuat harga ikan cupang meninggi? Baca artikel berikut ini.

Jenis-jenis ikan yang memiliki keunikan tersendiri

1. Ikan Cupang Halfmoon

Ikan Cupang Halfmoon
Ikan Cupang Halfmoon

Ikan jenis Halfmoon. Kenapa nama unik tersebut diberikan pada ikan diatas, dikarenakan halfon memiliki arti sepotong bulan. Sama dengan namanya ikan hias cupaang jenis ikan halfmoon ini memiliki sirip dan ekor yang seolah menyatu membentuk setengah lingkaran. Setengah lingkaran tersebut lah yang disebut menyerupai sepotong bulan.

Jika ikan halfmon ini di lihat dari bagian amping maka akan terlihat bahwa sirip halfmon mirip dengan bentuk bulan sebelah. Ekor yang dimiliki iakn halfmon ini biasanya menyatu. Jadi untuk para penghobi ikan cupang biasanya memilih ikan ini untuk dibudidaya dikarenakan ikan ini memiliki nilai yang lebih jika dibandingkan dengan ikan cupang yang lainnya.

Ikan cupang jenis halfmoon ini dipelihara karena keunikan ekor dan siripnya tersebut. Ikan cupang ini juga mempunyai banyak varian warna loh, dimulai dari warna merah, kuning, biru dan warna yang lainnya. Warna yang ditunjukkan oleh ikan ini yaitu ia memiliki kecerahan warna yang tinggi. Tidak hanya satu dua pecinta ikan hias loh yang memelihara ikan ini, semua alasan mereka sama karena keunikan ekor dan siripnya yang menyatu.

 

Harga ikan cupang halfmoon

Harga yang dipatok untuk ikan ini di pasarkan mulai harga Rp.10.000 sampai Rp.300.000. Kenapa harga ikan ini masih bisa dibilang mahal, karena ikan ini termasuk ikan yang sangat langkah lagi cantik, Belum lagi kalau ikan cupang halfmoon ini masuk kontes ikan hias, pasti harga yang dipatokkan otomatis akan bertambah mahal lagi.

2. Ikan Cupang Serit

Ikan Cupang Serit
Ikan Cupang Serit

Ikan serit juga memiliki nama lain yaitu ikan Crown tail. Ikan ini adalah salah satu jeni ikan cupang yang dihasilkan dari hasil ternakan dari breeder indonesia di Jakarta lebih tepatnya lagi di daerah Slipi. Crown Tail ini memiliki nama ekor mahkota. Mengapa disebut demikian, dikarenakan jika ekor dari ikan ini di balikkan ke arah atas akan menyerupai mahkota milik raja.

Alasan mengapa ikan serit ini bisa mendunia ya dikarenakan keunikan dari ekornya tersebut. Dengan memiliki ekor yang menjadi ciri khas dirinya menjadikan ikan hias cupang ini bergarga tinggi. Hal ini lah yang menabah varietas dan keindahan ikan cupang serit itu sendiri.

Harga ikan cupang serit ini setara dengan harga cupang jenis halfmoon. Harga dimulai dari Rp.10.000 sampai Rp.300.000.

 

 

 

 

 

3. Ikan Cupang Laga

Ikan cupang laga
Ikan cupang laga

Ikan cupang laga ini biasa dekenal dengan nama ikan cupang plakat. Bentuk dari ikan cupang plakat cenderung berbentuk lebih kecil dan cenderung terlihat buntek atau pendek. Ikan hias cupang plakat ini memiliki banyak sekali penggemar dikarenakan bentuknya yang kecil dan menggemaskan.

Selain ikan hias ikan ini sangat pintar beradu. Oleh sebab itu ikan ini dinamakan ikan laga, yang memiliki arti aduan. Jika ikan ini disatukan dengan ikan cupang lain dalam satu wadah otomatis akan bertarung dengan sendirinya. Terdapat beberapa informasi bahwa ikan ini memang sengaja dikembangkan agar menjadi galak dan kuat. Bahkan agar saking kuatnya ditambahkan dengan obat-obatan penguat sejak lahir.

Informasi harga saat ini ikan cupang dipasarkan kira-kira mulai Rp.5000 hingga ratusan ribu rupiah.

 

 

 

 

4. Ikan Cupang Cagak

Ikan Cupang Double Tail
Ikan Cupang Double Tail

Ikan cupang cagak biasa disebut dengan nama double tail. Kenapa disebut dengan kan double tail kaena bentuk ikan seperti cupang halfmoon yaitu ekor yang membentuk setengah lingkaran dan menyatu dengan sirip, tetapi perbedaan ikan halfmoon dengan ikan cupang cagak atau double tail ini gerletak pada ekornya, ekor dari ikan ini terbagi menjadi dua atau cagak.

Pada saat sirip ikan cupang cagak mengembangmaka ketika sirip itu punggung, dorsal dan kaudal tidak akan membuat celah atau terlihat lubang sedikit pun melainkan akan terlihat seperti lingkaran.

 

 

Lihat ikan diatas itulah alasan mengapa ikan ini dinamakan ikan cupang cagak karena mempunyai ekor yang terbelah menjadi dua, atau bercagak. Keunikan tersebut yang menjadi daya tarik yang tinggi dari masyarakat.

Perkawinan sesama ikan cupang jenis dobule tail tidak akan seratus persen berhasil. Mengapa begitu dikaenakan pasti akan ada anaknya yang tidak mewarisi bentuk ekor orang tuanya. Dalam arti lain anak ikan ini berbeda ekor dengan induknya. Jarangnya kompetisi dengan kelas berisikan cupang double tail ini dikarenakan susahnya para breader untuk menciptakan cupang dobule tail sempurna, kebanyakan ekor cupang dobule tail ini cacat.

Untuk harga dari ikan ini memiliki harga yang cukup tinggi yaitu dimulai dengan harga Rp.10.000 sampai lima ratus ribuan.

5. Ikan Cupang Liar

Ikan cupang liar
Ikan cupang liar

Cupang liar ini adalah salah satu jenis ikan hias yang jenisnya cupang asli. Ikan ini berada di alam dan belum sama sekali dilakukan penyilangan atau pun rekayasa genetik. Ikan ini biasanya erdapat pada habitat alam luar yaitu terdapat di rawa, selokan dan juga sawah.

Harga dari ikan cupang liar ini memang bisa dikatakan lebih rendah jika dibandingkan dnegan ikan cupang yang jenis lainnya. Harga yang berkisar mulai Rp.5000 sampai Rp.200.000.

Ikan-ikan yang cantik bukan. Meskipun anda membayar mahal-mahal tetapi anda tidak akan merasa rugi dikarenakan keunikan yang dimiliki oleh tiap-tiap ikan tersebut yang berbeda-beda. Demikian artiekel kami semoga bisa menambah wawasan anda mengenai perikana terutama ikan hias berjenis cupang.

Leave a Reply