cimol isi ayam
cimol isi ayam

Cara mudah Membuat Cimol Pedas Isi Ayam Boncabe Enak

Posted on

Cimol adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung kanji dan dibentuk dengan bulat-bulat. Cimol ini berasal dari sunda yaitu orang sunda biasa menyebutnya dengan nama aci digemol yang artinya kanji yang dibuat bulat-bulat. Makanan ringan seperti cimol ini juga dapat dimanfaatkan untuk bisnis kuliner karena cimol merupakan makanan ringan yang digemari atau disukai oleh banyak orang.

Makanan khas sunda ini banyak dijual di pinggir jalan. Bahkan sekarang di restoran atau café pun juga menjual makanan ringan khas sunda ini. Bahan dasar untuk membuat cimol bahan dasarnya adalah tepung kanji yang dibikin adonan lalu dibuat bulat-bulat dan digoreng, biasanya cimol ini disajikan dengan bumbu tambahan supaya rasanya lebih lezat.

cimol-pedas-enak-dan-bikin-nagih
cimol-pedas-enak-dan-bikin-nagih

Akan tetapi bagi kalian-kalian yang tidak begitu menyukai bumbu tambahan, kalian juga bisa membuatnya dengan rasa yang original. Cimol sendiri memiliki ciri khas loh, ciri khas cimol yaitu mempunyai tekstur yang kenyal dan sangat cocok disantap saat masih panas dengan bersantai di rumah atau bareng teman.

Gimana guys? Tertarik untuk mencobanya dirumah. Langsung saja berikut nin cara-cara membuat cimol yang mudah dan enak.

Bahan-bahan

~ Tepung tapioca 8 sendok makan

~ Tepung terigu 4 sendok makan

~ Garam ½ sendok the

~ MSG ½ sendok the

~ Kaldu bubuk ¼ bungkus

~ 2 siung bawang putih

~ 2 helai daun bawang

~ Ayam secukupnya

~ 2 bungkus boncabe

~ Minyak goring

~ Air putih secukupnya

Cara Membuatnya

  1. Cara pertama yang harus dilakukan adalah haluskan bawang putih kemudian potong kecil-kecil daun bawang. Setelah itu, masukan semua bahan kecuali ayam dan boncabenya kedalam wadah yang sudah disiapkan.
  2. Kemudian masak air hingga mendidih. Lalu masukkan sedikit demi sedikit kedalam campuran tepung, aduk hingga adonan kalis dan bisa untuk dibentuk bulat bulat. Jika adonan terlalu basah kalian bisa menambahkan denan tepung tapioca.
  3. langkah selanjutnya, ambilah sedikit adonan, lalu pipihkan dan beri daging ayam yang sudah di potong kecil-kecil dan jangan lupa masukan boncabenya juga. Kemudian bulatkan dengan tangan sampai daging ayam dan boncabe tertutup sempurna tidak ada yang terlihat atau menonjol kluar.
  4. Setelah semua selesai kemudian panaskan minyak goring dengan menggunkan api yang kecil setelah minyak panas, baru masukkan cimolnya sambil terus di aduk-aduk agar tidak meledak. Kalau sudah matang, angkat kemudian tiriskan.
  5. Cimol pedas isi ayam yang lezat dan enak siap untuk disajikan dan di nikmati.

Resep cimol ini bisa menjadi menu pilihan untuk camilan sehat keluarga. Karena terdapat daging ayam yang mempunyai sumber protein hewani dan sangat bermanfaat bagi tubuh.

Selain itu, rasanya yang pedas dan juga gurih membuat semua orang pasti menyukainya. Itulah resep cara mudah membuat cimol pedas isi ayam yang enak dari saya, semoga bermanfaat. Selamat mencoba dan terima kasih.

Leave a Reply