Perbedaan discus jantan dan betina

Perbedaan Ikan Discus Jantan Dan Betina Yang Harus Anda Ketahui

Posted on
Ikan discus merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang memiliki bentuk tubuh kecil dan mungil. Seiring berjalannya zaman yang semakin canggih akhirnya ikan discus ini dibudidayakan dengan cara disilangkan dengan ikan hias yang lainnya. Persilangan dari ikan Discus tersebut menghasilkan keunikan yang berasal dari segi warna dan bentuk. Dengan keunikan tersebut sehingga banyak orang yang memeliharanya di aquarium untuk menambah pajangan atau hiasan di rumah.
Ikan discus ini adalah ikan hias yang berasal dari sungai Amazon. Pada zaman dahulu, jenis ikan ini terdapat pada tiga lokasi yang ditemukan di sungai Amazon. Tiga jenis lokasi tersebut terdapat di air jelas dari Amazon bawah, air putih Amazon Upper dan air hitam Rio Negro.
habitat discus
habitat discus

Pada habitat nya yang asli, ikan discus akan bertelur dan merawatnya sendiri hingga mencapai ukuran larva. Sangat lah sulit untuk membudidayakannya ikan discus ini, berbeda dengan ikan hias yang lainnya. Namun juga tak hanya satu dua orang saja berhasil menernakannya. Jika ingin meraih keberhasilanpenernakan tersebut diperlukan ketekunan dalam proses dan menggunakan prosedur yang benar.

 

Jika terus-terusan membahas ikan discus ini memang tidak akan ada habisnya karena ikan discus memiliki banyak kelebihan dan keunikan tersendiri, tidak satu ikan pun yang dapat memilikinya. Keunikan dari ikan discus ini terlihat dari bentuknya yang mungil serta warnanya yang bermacam-macam, oleh karena itu ikan discus ini dipasarkan dengan harga yang sangat tinggi. Mengapa bentuk tubuh ikan discus ini dikatakan unik karena menyerupai ikan hias layang-layang akan tetapi bentuk tubuh sang ikan ini lebih bulat dan lebih unik.
Ingin tahu apa saja perbedaan ikan discus jantan dan betina. Sebenarnya melihat perbedaan ikan discus jantan dan ikan discus betina ini tidak semudah melihat perbedaan kelamin pada ikan lele. Karena ikan discus jantan dan betina ini memiliki karakteristik yang cenderung mirip-mirip. Jika anda ingin mengetahui perbedaan keduanya maka anda harus melihatnya secara detail dari segala sisi. jantan dan betina hampir sama jika dilihat dari berbagai sisi. Di bawah ini artikel mengenai penjelasan ikan hias discus secara mendetail.

Ciri-ciri yang membedakan antara ikan discus jantan dan ikan discus betina

1. Lihat Pada Bagian Kepala Pada Ikan Discus

Perbedaan kepala discus
Perbedaan kepala discus
Jika anda ingin mengetahui apa saja perbedaan antara ikan discus betina dan ikan discus jantan adalah dengan melihat bagian kepalanya, lebih tepatnya yaitu pada bagian mulutnya. Bagian mulut pada ikan discus yang jantan cenderung agak lebih besar daripada ikan discus betina. Hidung yang dimiliki oleh ikan discus jantan akan terlihat bengkok dan bibir yang dimilikinya berbentuk simetris. Selain itu ciri yang membedakan pada dua jenis ikan discus di atas adalah ikan discus betina akan terlihat lebih tua jika di bandingkan ikan discus jantan.

2. Lihat Pada Warna Tubuhnya Pada Ikan Discus

Perbedaan warna discus
Perbedaan warna discus

Jika masih belum terlihat perbedaannya, maka lihat perbedaan selanjutnya dapat dilihat melalui warna. Coba perhatikan dengan seksama dari bagian warnanya, jika anda sudah melihat pada bagian warna maka tidak akan bingung lagi. Ikan hias discus jantan coraknya lebih cerah jika dibandingkan dengan ikan discus betina. Perbedaan warna ini akan lebih terlihat jelas apabila discus jantan ini sedang memasuki masa birahi yang biasa dikenal dengan masa ingin kawin. Karena warna yang terdapat pada ikan discus betina walaupun dalam keadaan birahi warnanya tetap tidak secerah ikan hias discus jantan.

3. Lihat Pada Bagian Sirip Belakang Atau Sirip Dubur Pada Ikan Discus

Perbedaan sirip belakang discus
Perbedaan sirip belakang discus

Perbedaan yang ketiga akan terlihat dari sirip belakang atau sirip dubur pada ikan. Sirip dubur pada discus jantan memiliki bentuk yang agak membulat dan bentuknya terlihat lebih luru. Sedangkan untuk ikan discus betina bentuknya lebih terlihat bulat total. Bagi pecinta ikan hias yang masih pemula, biasanya anda akan merasa lebih sulit membedakan mana perbedaan dari bentuk kedua sirip tersebut. Jadi jika anda masih pemula pecinta ikan hias yang satu ini lebih baik anda langsung menanyakan kepada penjualnya yang mana discus jantan dan discus betina agar tidak salah beli.

4. Lihat Langsung Pada Kelamin Ikan Discus

Perbedaan kelamin discus
Perbedaan kelamin discus

Cara yang terakhir untuk membedakan kedua jenis pada ikan discus bisa dengan cara melihat langsung pada kelaminnya. Seperti apakah cara tersebut, caranya cukup mudah. Dengan cara menerawang alat kelamin kedua ikan tersebut. Alat kelamin yang terdapat pada ikan discus jantan berbentuk runcing, sedangkan alat kelamin yang terdapat pada discus betina adalah berbentuk bulat dan lebar.

Jika anda masih merasa kesulitan dalam melihat karakteristik dari ikan discus jantan dan ikan discus betina ini anda bisa melihatnya secara seksama dari empat poin di atas seperti yang kami jelaskan. Melihat perbedaan kedua jenis kelamin iakn discus ini memang bisa dibilang dengan susah gampang, semua tergantung dari anda sendiri. Mana kah yang kira-kira lebih mudah melihat ciri-ciri fisiknya atau kah melihat pergerakannya. Kombinasi warna yang menarik dan berwarna warni menjadi salah satu keunggulan utama dari ikan hias jenis discus ini. Ikan hias yang satu ini juga sangat cocok loh jika dijadikan ikan untuk aquascape.
Demikian artikel mengenai perbedaan ikan hias jantan dan ikan hias betina. Semoga dapat menambah wawasan anda.

Leave a Reply