Inilah Cara Membuat Kue Bika Ambon Enak!!!
Inilah Cara Membuat Kue Bika Ambon Enak!!!

Inilah Cara Membuat Kue Bika Ambon Enak!!!

Posted on

Hai sobat kembali lagi dengan saya Destya,nah kali ini Destya akan membahas tentang bagaimana sih cara membuat bika ambon yang enak.Bika ambon adalah sejenis makanan dari Indonesia.Terbuat dari macam-macam bahan seperti telur,gula dan santan.Bika ambon pada umumnya hanya rasa pandan tetapi sekarang ada juga yang rasanya seperti durian,keju dan cokelat.Bika ambon ini hanya bisa bertahan selama 4 hari selebihnya kue akan mengeras dan tidak enak jika kita makan dalam kondii mengeras.

Menurut M.Muhar Omtatok seorang budayawan dan sejarawan mengatakan bahwa kue bika ambon itu terilhami dari kue khas Melayu yaitu Bika atau Bingka,yang dimodifikasi dengan bahan pengembang yang berupa tuak enau hingga kue itu berongga dan berbeda dari kue khas Melayu itu.Nah menurut M.Muhar Omtatok kue ini disebut bika ambon karena waktu pertama kali kue ini dijual dan popular saat di simpang Jl.Ambon-Sei Kera Medan.

Bika ambon ini dikenal sebagai oleh-oleh khas dari Kota Medan,Sumatera Utara.Buat kalian yang habis jalan-jalan ke Medan jangn lupa pulang membawa oleh-oleh khas Medan ini.Nah,Tidak banyak yang saya bicarakan mari kita lihat resep cara membuat bika ambon enak dibawah ini:

Bahan-Bahan

  1. Siapkan santan sebanyak 225 mil.
  2. Daun jeruk sebanyak 5 lembar.
  3. Serai 1 batang dan di memarkan.
  4. Simpulkan 1 lembar daun pandan.
  5. Garam ½ sdt.
  6. Tepung terigu 80 gram.
  7. Tepung sagu 90 gram.
  8. Ragi instan ½ sdt.
  9. Telur 4 butir.
  10. Kuningan telur 2 butir.
  11. Gula pasir 125 gram.
  12. Blue band 2 sdm,cairkan
  13. Blue band 2 sdm,untuk olesan.

Cara Membuat Atau Penyajian Bika Ambon

 

Inilah Cara Membuat Kue Bika Ambon Enak!!!

  1. Rebus santan,daun jeruk,daun pandan,serai dan garam hingga mendidih.Jangan lupa diaduk terus supaya santannya tidak lupa.Jika sudah mendidih angkat lalu saring dan dinginkan.
  2. Ambil 1 mangkuk masukan tepung terigu,tepung sagu,ragi instan campur hingga merata,lalu sisihkan.
  3. Lalu masukkan santan yang sudah hangat ke dalam mangkuk yang berisi tepung lalu aduklah rata hingga adonannya merata.Pastikan bahwa adonannya halus tanpa ada gumpalan tepung.Lalu diamkanlah 10 menit.
  4. Kocoklah telur dan gula hingga mengembang dan putih.
  5. Masukkan kocokan telurnya ke dalam adonan tepung lalu aduklah rata dengan menggunakan spatula.
  6. Tambahkanlah Blue Band cair lalu aduklah rata.Diamkanlah adonan selama 30 menit.
  7. Panaskanlah teflon dengan berdiameter 20 cm atau cetakan kue lumpur yang berdiameter 6 cm yang telah di olesi dengan Blue Band.Masukkanlah adonan yang telah kita buat dan pangganglah di atas api kecil lalu biarkan hingga permukaan adonan bergelembung lalu tutuplah teflonnya.
  8. Jika adonan sudah matang balik sebentar untuk mendapatkan warna cokelat di bagian atasnya,jika sudah berwarna cokelat angkat dan sajikan.

Semoga bermanfaat ya kawan resepnya ini,silahkan membuatnya sebanyak mungkin untuk keluarga tercinta anda.

 

 

 

Leave a Reply