manusia dan hewan

Wajib Baca! Perbedaan Darah Manusia dan Darah Hewan

Posted on

Sel Darah manusia dan Darah Hewan

Setiap makhluk hidup pasti memiliki sel darah kecuali tumbuhan. Setiap makhluk hidup yaitu hewan dan manusia memiliki media transportasi khusus untuk nutrisi ke seluruh tubuh untuk mempertahankan kehidupan sel-sel tubuh maupun organ. Tidak hanya itu, darah mempunyai peran penting untuk fungsi lainnya termasuk komunikasi melalui sinyal kimia, dan juga menjaga tekanan hidrostatik internal yang cocok sekali dengan lingkungan eksternal.

sel darah manusia
sel darah manusia

Darah manusia

Darah manusia memiliki tiga jenis sel yang dikenal dengan sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), trombosit (platelet). Sel-sel darah ini hadir dalam medium plasma cair. Ini menjadi peran penting untuk diketahui bahwa tidak ada inti yang hadir dalam sel darah merah matang.

Sel darah merah tak bernukleus ini mempunyai bentuk tersendiri atau bentuk yang khas. Kenapa bisa dikatakan khas? Karena tidak adanya inti ini sangat menarik untuk dipelajari, karena dapat membantu dalam meningkatkan kapasitas penyimpanan oksigen dalam darah.

Dalam tubuh manusia terdapat sel darah putih. Sel darah putih ini sangat penting untuk menjaga kesehatan jaringan darah serta kesehatan secara keseluruhan pada diri manusia. Terdapat 5 jenis leukosit yang biasa dikenal dengan eosinophil, basofil, neutrofil, monosit, dan limsofit. Leukosit juga dilengkapi dengan enzim, tujuannya untuk menyerang benda asing yang ditemukan oleh sistem peredaran darah.

Hemoglobin merupakan pembawa senyawa oksigen yang ada pada sel darah merah, dan warnanya yang merah memberi warna keseluruhan untuk jaringan darah ssecara seluruhan. Bentuk karalteristik sel darh merah tidak adanya inti, dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan hemoglobin dalam darah . dengan begitu, efisien fungsi darah meningkat pada darah manusia.

Trombosit, trombosit ini sangat penting untuk mengelola aliran darah manusia, karena menggumpalakan fraktur yang dibuat dalam pembuluh darah. Adanya antigen A dan B, dapat menentukan golongan darah (A, B, AB, atau O) dari individu setiap diri manusia tertentu. Ada atau pun tidak adanya factor Rhesus atau biasa disebut Rh ini juga penting bagi jenis darah masing-masing menjadi positif atau kah negative. Ini dikarenakan metaboloisme manusia selalu dalam proses, dan darah selalu hangat karena manusia merupakan hewan berdarah panas.

Darah hewan

Hewan merupakan mekhluk hidup yang dapat beradaptasi di berbagai lingkungan. Sistem peredaran darah pada hewan ada dua yaitu, sistem peredaran darah avertebrata dan sistem peredaran darah vertebrata. Avertebrata adalah hewan yang tidak mempunyai tulang belakang.

sel darah hewan
sel darah hewan

Terdapat variabilitas besar antara darah hewan. Akan tetapi, banyak hewan terutama primate dan mamalia mempunyai banyak kesamaan dalam komponen yang ada dalam darah mereka dengan manusia. Namun, arthopoda, moluska, dan beberapa invertebrate mampunyai beberapa darah yang jauh berbeda dari mamalia. Darah mamala dan darah burung selalu hangat, kenapa bisa begitu? Karena aktivitas pada metabolism tubuh mereka itu selalu aktif. Tapi, darah yang dari hewan lain yang dingin kecuali ketika dipanaskan.

Vertebrata ini biasnya mempunyai tiga jenis sel darah yang biasa disebut dengan eritrosit, leukosit, dan trombosit. Ketiga jenis sel ini mempunyai peran penting, karena gerbong oksigen, kekebalan, dan pemeliharaan aliran darah masing-masing. Oksigen yang sebagai kereta dalam darah manusia adalah hemoglobin, sedangakan pada hewan bervariasi pada hewan lain. Tetapi, ada satu hewan yang tidak ada satu pun memiliki sel darah merah atau biasa disebut hemoglobin dan eritrosit pada burunglah yang berinti. Sedangkan jenis darah yang berbeda berdasarkan ada atau tidaknya A, B, dan factor Rhesus(Rh) yang ada atau hadir dalam tubuh mamalia akan tetapi, tidak ada pada hewan yang tingkat rendah. Ini yang akan mejadi peran penting untuk menyatakan bahwa darh tidak selalu beredar ke seluruh tubuh melalui sistem pembuluh tertutup. Tetapi haemolimp yang ada pada arthropoda ialah sistem terbuka.

Inilah perbedaan darah manusia dengan hewan

darah manusia itu selalu hangat tetapi tidak setiap darah pada semua binatang kecuali mamalia dan burung.

# manusia mempunyai sistem pembuluh darah tertutup yang lengkap, sedangkan beberapa hewan mempunyai sistem peredaran darah terbuka dan atau tidak lengkap.

# persentase jenis sel yang ada pada manusia dan hewan lainnya berbeda antar satu sama lain.

# efisiensi fungsi pada darah manusia ini sangat tinggi, yang tidak bisa dbandingkan dengan hewan-hewan lainnya.

Sekian artikel tentang perbedaan manusia dan hewan, semoga membantu. Terima kasih.

Leave a Reply