Tips dan Trik Mengendalikan Emosi

Posted on

 

 

 

Definisi dari kata emosi ini nggak sedikit loh. Bahkan dalam sebuah ilmu psikologis yang cabang ilmu paling intensif dan ekstensif membahas tentang “emosi” ini, biarpun begitu maksud dan tujuan mempunyai arti yang sama saja.

 

Mengenal emosi :

 

Sebuah perasaaan psikologis dan mental dari seseorang yang timbul karna dipengaruhi oleh keadaan yang di dapat baik itu dari dalam diri dan luar, lalu meluapkan nya dengan ekspresi tingkah laku.

 

Bisa di simpulkan bahkan emosi adalah sebuah reaksi terhadap sebuah rangsangan dari luar dan individu. Bisa dilihat contoh nya : seseorang yang sudah lama kamu sukai ternyata sama sama menykai mu dalam diam. Maka dari keadaan ini akan muncul sebuah perasaan gembira yang mendorong perubahan suasana di hati seseorang, sehingga timbul tawa dan senyum.

 

 

Jenis jenis emosi :

 

  1. Positif (emosi baik) : gembira, senang, bahagia, bangga, lega, harapan, cinta/kasih sayang.
  2. Negatif (emosi buruk) : marah, cemas, benci, iri, dengki, takut, jijik.
  3. Campuran (negatif dan buruk) : iba/ rasa kasihan, hasrat, heran, ingin tahu, cemburu.

 

 

TAUKAH KAMU?

Ternyata emosi dan emosional itu dua hal yang berbeda. Jika emosi mengarahkan pada sifat atau keadaan perasaan. Maka emosional akan mengarahkan kepada karakteristik, ekspresi dari sebuah emosi.

 

CONTOH :

  • Emosional mudah terpengaruh dengan sebuah emosi
  • Emosional itu membangkitkan atau bermaksud untuk membangkitkan emosi : mendengar lagu

 

Tips dan Trik mengendalikan dan meredakan Emosi/ Amarah

 

  1. Membaca “audzubillahi minnas syaitonnirajim”

Kalimat ini ampuh meredakan amarah yang meluap- luap. Nabi Muhammad SAW sendiri yang menyarankan kepada umat nya. “jika kalian sedang marah maka hendaklah membaca kalimat “audzubillahi minnas syaitonnirajim”.  Arti nya pun : aku berlindung dari setan yang terkutuk. Kenapa demikian? Karna saat kita marah, setan tanpa sadar sudah masuk ke dalam pembuluh darah kita.

 

  1. Menarik nafas dalam dalam

Ketika emosi terasa akan meledak maka, cobalah tarik nafas dalam- dalam dan tenangkan diri. Agar mencegah kejadian yang tak diinginkan. Karena jika sudah meledak, kita bahkan sudah lupa dengan diri kita dan bisa jadi melakukan hal yang berlebihan.

 

  1. Bersikaplah lebih dewasa!

Umumnya pemikiran orang dewasa cenderung menyelesaikan masalah dengan tenang dan di pikir dengan matang. Tidak sembrono dan sebagainya. Mengendalikan amarah dan hawa nafsu yang bergejolak.

 

  1. Mencuci wajah/ berwudhu!!!

Hal yang sangat sangat di anjurkan! Seperti yang dikatakan di atas bahwa saaat kita marah, setan tanpa sadar masuk kedalam diri kita. Nah! Oleh karena setan terbuat dari api dan yang dapat memadamkan api hanyalah air maka, cobalah berwudhu. Niscaya hati akan terasa lebih adem dan tenang.

 

  1. Memaafkan

Ini juga termasuk langkah menuju sikap dewasa. Berapapun luka yang pernah didapat oleh hati. Cobalah untuk berdamai dengan masa lalu atau keadaan yang telah terjadi. Mungkin sulit, namun beban yang di tahan akan terasa meluap. Tidak ada lagi perasaan dengki.

 

  1. Toleransi

Belajarlah memahami seseorang, menerima dan mengerti! Hal yang nomor satu untuk dilakukan ketika kita sendiri ingin di perlakukan seperti demikian. Maka saat kamu sudah memiliki 3 sifat di atas maka, orang lain akan lebih menghargai mu.

 

 

“perlakukan lah seseorang sebagai mana kamu ingin di perlakukan” kutipan kalimat ini cukup untuk nasehat pada diri kita sendiri. jadi, nggak ada salah nya kan kita praktekin ini di kehidupan sehari- hari? J

 

 

Leave a Reply