DAMPAK SERING MARAH- MARAH!!!

Posted on
gambaran orang pemarah

Tidak sedikit orang yang hobi nya marah marah. Di senggol dikit marah, di ajak bercanda malah marah, nggak di ajak main marah. Kalian termasuk nggak? Hayoo…

“ emosi yang ada pada diri seseorang berhubungan erat dengan psikis tertentu yang mendapat sebuah rangsangan baik itu dari dalam atau luar”

 

Kalau ada yang bilang “jangan marah mulu, nanti cepet tua!” ternyata kalimat ini bener loh…

Dan juga mengundang banyak sekali penyakit! Berikut kita lihat dampak dari sering marah yuk!!!

 

 

DAMPAK YANG UNTUK TUBUH KARENA TERLALU GAMPANG EMOSIAN :

  1. Membuat stres dan rasa ketidakbahagiaan berkepanjangan

Stres! Termasuk penyebab utama sakit. Mudahnya terkena penyakit karna stres. Pernah nggak sih terlalu banyak pikiran sampai sampai pusing sendiri lalu berlanjut kedemam? Itu termasuk contoh kalau stres yang di akibatkan dari mudah terpancing emosi itu bahaya banget.

 

  1. Tekanan darah menjadi tinggi!

Nafas yang berubah menjadi cepat, ini termasuk ciri tekanan darah yang meningkat akibat luapan emosi yang keluar. Karena pada beberapa kasus tekanan darah yang berubah menjadi tinggi dapat menyebabkan sakit kepala dadakan!

 

  1. Rentan nyeri otot dan peradangan

Duh! Ini sih jangan sampe ya. Cuma karena marah bisa kena.

Kortisol adalah sebutan pelepasan hormon. Selama kemarahan diketahui menjadi penyebab otot untuk melenturkan dan menerima sebuah serangan energi dalam hanya beberapa detik saja. Lalu berakibat, pelepasan berulang dari kortisol yang nyata nya memiliki efek negatif seperti tubuh yang rentan terhadap nyeri otot dalam jangka yang cukup panjang.

 

  1. Mudah lelah

Akibat sering marah marah yang ternyata menguras cukup banyak energi, pada akhirnya menguras banyak energi juga. Dalam prosesnya pun hormon stres akan meningkat dan akhirnya menguras habis energi di dalam tubuh. Pernah ngerasa gitu?

 

  1. Sulit untuk tidur

Nethink atau mikir negatif akan menguasai otak pasti nya. akibat marah marah ini. si pemarah pun akan sulit untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Kalau pun tidur, mungkin akan mengalami mimpi yang tidak mengenakan. Sehabis berantem dengan seseorang lalu kecapean sehingga membuat kita tertidur, biarpun jangka waktu tidurnya lama pikiran yang tidak tenang menyebabkan kualitas tidur kurang baik.

Karena kualitas tidur terbaik itu adalah tanpa mimpi dan tubuh rileks.

 

  1. Melemahkan kekebalan pada tubuh kita

Sakit, lelah, letih, dan banyak pikiran. Paket komplit plus pedes bagi seorang pemarah.

Kekebalan tubuh yang kita punya itu juga berdasarkan kondisi hati kita loh. Jika kondisi hati baik atau bahagia, maka kekebalan tubuh akan sehat dan membaik.

 

  1. Tingkatan hormon stres menaik

Salah satu syaraf hypotalamic pituitary jadi hiperaktif karna kita marah loh. Bagian hormon ini kemudian melepaskan sebuah hormon stres yang di sebut kortisol tadi.

 

  1. Stroke!

Gak di sangka sangka bukan? Ini karena pembuluh darah yang terletak dibagian otak pecah. Hal itu dapat terjadi karena kemarahan yang membuat tekanan darah semakin naik dan semakin tinggi. Sroke otak dapat membunuh juga loh!

 

  1. Masalah di pernapasan

Asma! Setelah stroke sekarang asma?! Kesulitan bernafas karena marah. Memicu serangan asma dan membuat sistem pernafasan terganggu. Karena marah marah juga seseorang akan bernafas dengan terengah- engah.

 

  1. Gangguan pencernaan

Refluks asam, maag atau sembelit termasuk berbagai penyakit pencernaan jika kita terlalu sering marah. Hal ini terjadi karena kadar dalam asam lambung meningkat saat kita marah.

 

baca juga : tips mengendalikan amarah

Leave a Reply