Berbagai Jenis Ikan Hias

Ini Dia 5 Jenis Ikan Hias Dengan Kategori Peminat Terbanyak

Posted on

Ikan hias merupakan jenis ikan terbaik yang memiliki beragam keunikan. Ikan hias ini bisa berhabitat di air tawar maupun di laut. Adanya ikan ini dibudidayakan untuk dipelihara bukan untuk konsumsi. Salah satu tujuan adanya ikan hias yaitu untuk memperindah taman, kamar, ruang tamu dan lain lain.

Adanya kehadiran ikan hias di dalam rumah masyarakat yang sudah modern ini justru malah menjadi salah satu alternatif hiburan di tengah rutinitas yang tidak ada hentinya. Beragam jenis ikan hias ini dipelihara hanya untuk kesenangan semata, oleh karena itu para pembudidaya jika ingin mengembangkan ikan hias yang dimilikinya ia harus memilih warna, bentuk, ukuran, keunikan dan keindahan tubuhnya. Dengan adanya keindahan tubuh yang dimiliki oleh para ikan hias ini justru menjadi alasan mengapa para masyarakat ingin memilikinya. Ikan hias jenis apakah yang masuk kategori peminat terbanyak? Baca artikel di bawah ini.

1. Ikan Hias Cupang

Ikan cupang
Ikan cupang

Ikan cupang adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang banyak peminatnya. Peminat memilih ikan cupng untuk dibudidayakan karena kebanyakan mereka memiliki alasan bahwa ikan cupang sangat mudah perawatannya jika di bandingkan ikan dengan ikan hias yang lainnya. Ikan dengan pemilik nama ilmiah Betta sp. ini berasal dari berbagai daerah di Asia Tenggara, salah satunya yaitu di negara Indonesia.

Ikan hias yang satu ini juga memiliki kekuatan yang cukup tangguh untuk bertahan hidup. Cara hidupnya juga cukup sederhana, kebanyakan ikan hias pasti menggunakan alat sirkulasi udara untuk memberikan oksigen pada si ikan. Akan tetapi jika memelihara ikan cupang ini tidak memerlukan alat sirkulasi udara macam apapun. Cukup berikan wadah dan air yang cukup.

Jenis ikan cupang sekarang sudah menjadi sangat banyak, mencapai 70 spesies atau bahkan lebih dari itu. Akan tetapi para pembudiya ikan hias cupang ini biasa mengelompokkan dalam 3 jenis kelompok, yaitu jenis cupang hias, cupang aduan dan cupang liar. Ikan cupang biasanya hidup di daerah alam liar sseperti di sawah, rawa-rawa, selokan dan danau.

 

2. Ikan Hias Koi

Ikan mas koi
Ikan mas koi

Ikan koi merupakan jenis ikan hias yang memiliki bentuk unik yaitu menyerupai tornedo dan ikan koi memiliki ciri warna yang khas dengan gradasi warna merah, putih, kuning, hitam dan bahkan sekarang ada juga yang keemasan. Ikan ini pertama kali di kembangbiak kan di negara China, akan tetapi justru malah populer di negara Jepang. Nama ikan koi diambil dari bahasa jepang yang memiliki arti ikan karper.

Alasan mengapa ikan ini banyak diminati oleh penggemar ikan hias terutama pembudidaya ikan hias dikarenakan harga yang ekonomis, harga tersebut justru bertolak belakang dengan harga ikan hias discus yang kecil dan mahal. Meskipun ikan koi memiliki harga yang terjangkau ikan hias koi mempunyai sisik yang sangat cantik dan warna yang beragam. Ikan koi memang bisa saja ditaruh di akuarium, akan tetapi keindahannya yang utama bukan dilihat dari bagian sampingnya. Melainkan dilihat dari bagian atas nya atau punggungnya. Jadi bagi kalian yang ingin memelihara ikan koi ini sebaiknya memiliki kolam ikan sendiri karena memang memeliharanya butuh tempat yang luas.

3. Ikan Hias Oskar

Ikan oscar
Ikan oscar

Ikan Oscar merupakan salah satu jenis ikan hias dengan nama latin Astronotus. Ikan oscar ini adalah sebuah genus ikan dari familia Cichlidae yang ditemukan di Amerika Selatan. Ikan hias yang satu ini tergolong hewan omnivora dan ikan oscar ini juga senang memakan ikan kecil, moluska, dan binatang tidak bertulang belakang. Ikan oscar cenderung dipelihara di aquarium karena keindahan ikan ini dapat dilihat dari samping tubuhnya.

Ikan hias dengan nama latin Astronotus ocellatus ini juga salah satu jenis cichlid yang telah relatif lama akrab dengan manusia. Karena sudah terkenal saking akrabnya ikan ini ada yang mencapai tahunan dipelihara oleh sang penggemarnya, bahkan ada yang memeliharanya mencapai 50 tahun.

Ikan hias oscar berasal dari Amerika Selatan, lebih tepatnya di Sungai Amazon. Hampir semua Oscar yang beredar sampai saat ini adalah hasil dari pembudidayaan para penggemar ikan oscar. Bentuk tubuh yang cantik disertai warna yang menarik merupakan alasan yang tepat bagi pecinta ikan hias yang satu ini. Dengan memiliki warna badan yang kehitam-hitaman dengan disertai batik-batikan kecil berwarna kuning kemerah-merahan. Yang sedikit membedakan pembudidayaan ikan oscar dan ikan lain adalah ikan oscar memerlukan perlakuan sedikit khusus pada cara perkembangbiakannya sedangkan ikan hias yang lain tidak. Hal ini menyebabkan harga ikan Oscar ini termasuk mahal.

Selain oscar warna hitam kemerah-merahan ada juga oscar jenis albino yang warna dasar tubuhnya putih. Ukuran tubuh pada ikan oscar ini bisa saja mencapai ukuran 35 cm, walaupun rata-rata berukuran 30 cm. Ikan hias dengan nama latin Astronotus ocellatus termasuk ikan cerdas dan memiliki kepribadian menyerupai manusia, yaitu karena hampir segala sesuatu yang berhubungan dengan makanannya dapat direkam dengan baik oleh nya. Apabila dilati terus menerus oleh sang pemilik Oscar dapat menerima pakan dengan cara melompat hingga ketinggian 10 sampai 15 cm agar dapat meraih pakan dari tangan si pemilik. Hampir mirip dengan lumba-lumba bukan.

Oscar ini juga digolongkan ikan predator, karena mereka akan memangsa ikan lain yang ukurannya lebih kecil dari setengah ukuran badannya. Jadi jika anda ingin memelihara ikan oscar ini sebaiknya pelihara sendirian di dalam aquarium.

Salah satu alasan mengapa oscar banyak dipelihara oleh pembudidaya ikan hias karena ikan hias yang satu ini cenderung memiliki umur yang panjang. Dimulai dengan tahunan hingga mencapai puluhan tahun.

4. Ikan Hias Louhan

Ikan louhan
Ikan louhan

Mendengar kata ikan hias Louhan, siapa sih yang tidak kenal ikan hias jenis yang satu ini. Ikan hias ini merupakan ikan yang dulu sempat populer-populernya pada tahun 200-an awal di Indonesia. Bahkan orang yang awalnya tidak begitu suka dengan dunia ikan, mengeahui jenis ikan louhan ini akhirnya ikut membudidaya jenis ikan hias.

Bagi para pecinta ikan hias, ikan hias louhan merupakan salah satu jenis ikan yang masuk kategori untuk dipelihara karena ikan ini memiliki ke unikan dan keindahan tersendiri. Meski memiliki banyak keunikan akan tetapi malah benjolan pada kepalanya itu lah yang justru menjadi daya tarik pada tubuhnya.

Banyak sekali penjualan berbagai macam jenis yang sering dikenal juga dengan flowhorn ini. Jadi jika anda berminat untuk memeliharanya banyak pasaran yang menujualnya bahkan abanyak juga yang menjual ikan ini lewat online.

Tidak hanya satu dua dari berbagai kontes ikan hias yang memang sengaja mengikut sertakan ikan hias louhan, dikarenakan ikan ini mudah sekali dijumpai. Terutama di negara Indonesia sudah banyak sekali berbagai macam kontes ikan hias yang diadakan, baik itu tingkat daerah atau bahkan sampai ke tingkat nasional dan ikan louhan lah yang selalu mewakili kontes lomba tersebut.

5. Ikan Hias Guppy

Ikan guppy
Ikan guppy

Ikan guppy ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki beragam jenisnya. Selain itu yang menjadi daya tarik masyarakat adalah ikan ini memiliki tubuh mungil dan warna nya sangatlah bermacam-macam. Mulai dari warna sisik biru, merah, hijau, kuning, hitam, putih, abu-abu dan masih banyak lagi.

Ikan guppy ini salah satu jenis ikan hias yang awalnya berasal dari ikan liar yang akhirnya dikembangbiakkan dengan cara disilangkan dengan jenis ikan lainnya. Dengan cara penyilangan tersebut otomatis menghasilkan jenis ikan hias guppy yang semakin banyak dan semakin cantik. Siapa sih yang tidak terpikat dengan kecantikan badan mungil dan berwarna-warni tersebut. Ciri khas dari kian guppy ini adalah ia memiliki sirip yang melambai-lambai kesana kemari saat ia bergerak. Ikan yang sangat menarik bukan. Jika ingin memelihara ikan ini sebaiknya di aquarium sebab keindahan tubuh guppy bisa di pandang dari samping tubuhnya.

Demikian artikel kami, semoga bermanfaat ya guys.

Leave a Reply