dewasa
kedewasaan tidak dilihat dari usia

Hanya Karena Usia Muda, Bukan Berarti Tidak Bisa Dewasa Menghadapi Kerasnya Hidup

Posted on

Kerap kali semua orang menyangkutkan usia dengan kedewasaan seseorang, padahal usia seseorang tidak bisa menjadi barometer kedewasaan seseorang. Sudah banyak aspek kehidupan yang bisa mencerminkan seberapa kedewasaan seseorang. Namun kehidupan seseorang akan semakin terlihat ketika dia menghadapai alur kehidupan. Lalu bagaimanak kedewasaan itu? Seberapa pantaskah kita sebut dewasa dalam diri seseorang?
Berikut tingkat kedewasaan seseorang.

dewasa
tingkat kedewasaan bukan dari usia

Kedewasaan itu adalah “Keberanian Untuk Menhadapi Masalah Hidup”

kehidupan sering kali membawa kita ke dalam persoalan kehidupan yang tidak kita inginkan. Boro-boro menginginkannya terlintas dalam benak saja tidak. Lantas bagaimana kita menyikapinya? Bagi individu yang belum dewasa, masalah dalam kehidupan sering dipandang sebagai akhir dari kehidupan yang memacu seseorang untuk melarikan diri dari realita kehidupan yang ada. Sehingga dia menjadikan kambing hitam dalam masalah tersebut agar dirinya merasa aman. Namun bila individu yang telah dewasa, masalah dalam kehidupan dianggap sebuah tantangan yang harus dihadapi karena menurutnya lari dari masalah bukanlah hal yang terbaik untuk dilakukan. Dan dia tidak akan mencari kambing hitam untuk disalahkan dalam maalahnya.

Kedewasaan itu adalah “Reaksi Kita Terhadap Fenomena Kehidupan”

Dalam hidup sering kali muncul sesuatu yang tidak kita ketahui dan kita juga sering dibumbui oleh kejutan-kejutan di setiap harinya. Bahkan banyak hal yang sering muncul di luar ekspetasi kita. Bagi individu yang telah dewaa hal ini malah membuatnya bangkit bukan menjadi hambatan baginya yang akan berujung pada keputusasaan karena mreka tahu reaksi apa yang harus dilakukan dan dialah yang bisa menentukannya. Nah, di sini perlu diingat bahwa kita tidak bisa mengontrol apa yang akan terjadi di masa yang akan datang tapi kita bisa mengontrol reaksi yang akan kita hadapi di masa yang akan datang.

Kedewasaan itu adalah “Kejelian dalam Menemukan Hikmah dalam Setiap Kisah Kehidupan”

Ketika anda menjalani kisha dalam kehidupan pasti akan memiliki makna tersendiri. Namun apakah kisanh yang sedih juga memiliki makna? Bagi individu yang belum dewasa kisah sedih dalam kehidupan dianggap sebuah beban yang hanya mempersulit kehiduoannya. Namun, bagi individu yang telah dewasa kisah sedih dalam hidupnya justru malah membuatnya bangkit dan dijadikan sebagai sarana pengembangan diri dan dijadikan pembelajaran yang terbaik. Karena apa? Karena disetiap masalah kehidupan pasti ada hikmah yang terselip. Dari hikmah-hikmah itulah yang akan memperkaya pemahaman dirinya dan menjadikan guru yang terbaik.

Kedewasaan seseorang itu adalah “Menjaga Orang Lain untuk Tidak Menangis Karena Masalah Kita”

Setiap orang pasti akan merasa senang bila menemukan seseorang yang berempati kepadanya mungkin saja itu anda atau bahkan saya sendiri. Suatu bentuk empati itu bermacam-macam bisa dalam bentuk perhatian, bantuan, atau tangisan dalam bentuk perdulinya dia kepada kita. Namun, bila anda senang akan hal ini itu bukanlah langkah yang tepat karena membuat teman anda yang berempati itu memikirkan keadaan anda. Jika individu yang memang tergolong orang yang telah dewasa dia bisa paham dalam bersikap. Dia pasti tahu kapan harus bersedih dan kapan dia harus menjadi kuat. Bukan hanya menangis di pundak temannya saja akan tetapi dia akan meyakinkan temannya bahwa dia akan baik-baik saja dan dia yakin dapat menyelesaikan permasalahan hidupnya.

Jadi, Masihkah anda berfikir bahwa “Kedewasaan”  itu tergantung pada “Usia” ?

Setelah anda membaca dan memahaminya apakah anda masih berfikir bahwa dewasa hanya di ukur dari usia saja? Tentu saja tidak bukan. Karena kedewasaan lebih terlihat dari sikap dan reaksi seseorang dan pertimbangan apa saja yang akan diambil di dalam kehidupan. Kedewasaan bisa kita lihat dalam prespektif kita, pandangan kita, dan bagaiman cara kita dalam menghadapi masalah yang muncul di hidup kita. Sebagai individu kita jangan mau diremehkan karena usia. Buktikanlah bahwa diusia muda ini kita juga bisa menghadapi masalah-masalah yang berat dalam hidup kita.

Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply