Mengenal Keanekaragaman Hewan Yang Harus Anda Ketahui

Posted on

Hewan adalah golongan makhluk hidup yang mempunyai paling banyak dan species terbanyak. Perbedaan hewan itu, yang membuat para penemuan selalu ingin tahu tentang kehidupan hewan. Banyak sekali hewan yang mempunyai keunikan dalam bertahan hidup didunia. Namun ternyata hewanpun juga memiliki beberapa keanekaragaman. Hewan disebut juga dengan kingdom animalia (Dunia Hewan). Penggolongan tersebut berdasarkan ada tidaknya tulang belakang hewan tersebut. Jika hewan tersebut tidak memiliki tulang belakang maka disebut (Invertebrata), namun sebaliknya jika memiliki tulang belakang maka disebut (Vertebrata).

Berikut ulasan tentang keanekaragaman hewan, termasuk Invertebrata atau Vertebrata.

1. Invertebrata

Gambar terkait
Intervebrata

Hewan Invertebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang, selain itu hewan itu memiliki struktur morfologi anatomi sederhana dari pada hewan vertebrata. Selain itu sistem pencernaan, pernafasan, dan peredaran darah lebih sederhana dibandingkan hewan yang memiliki tulang belakang.

Adapun jenisnya dikelompokan lagi menjadi 9 yaitu:

  • Protozoa: Hewan yang bersel satu, yang hidup unseksual dan berkembangbiak dengan cara membelah diri.
  • Porivera: hewan yang berpori karena tubuhnya berpori pori, ia hidup diair dan memakan lewat pori porinya.
  • Coelenterata: hewan berongga dan berusus, coelenterata mempunyai 2 macam bentuk yakni bentuk pasif yang menempel pada suatu dasar dan tidak berpindah.
  • Platyhelminthes: yang dimaksud adalah cacing pipih, mempunyai tubuh simetris bilateral tanpa peredaran darah dan pusat syaraf yang berpasangan.Biasanya cacing ini hidup dalam tubuh hewan dan manusia.
  • Nemathelminthes: cacing gilig, cacing yang memiliki pencernaan yang baik namun tidak memiliki syaraf predaran darah.
  • Annelida: Cacinggelang, cacing ini memiliki segmen segmen dengan sistem organ tubuh yang baik dan sistem predaran tubuh yang tertutup. Cacing ini memiliki 2 kelamin sehingga dapat berkembangbiak dengan sendirinya.
  • Mollusca: Hewan yang bertubuh lunak, Biasanya hewan ini mempertahankan diri dengan cangkangnya atau hal hal yang dapat mempertahankan hidupnya.
  • Echinerdomata: hewan yang berduri, dengan durinya hewan ini memiliki perlindungan dirinya dari serangan predator.
  • Arthopoda: hewan dengan tubuh berbuku buku, hewanini memiliki kaki beruas ruas dengan sistem saraf tali dan organ tubuh telah berkembang dengan baik. Tubuhnya terbagi atas segmen segmen yang berbeda dengan sistem peredaran darah terbuka.

2. Vertebrata

Hasil gambar untuk gambar vertebrata
Vertebrata

Vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang atau punggung. Memiliki sisten organ tubuh yang lebih sempurna dibanding dengan hewan invertebrata. adapun ciri cirirnya adalah:

  1. Yang memiliki tulang belakang dari belakang kepala sampai bagian ekor.
  2. Mempunyai otak yang dilindungi oleh tulang kepala.
  3. Tubuh mempunyai bentuk simetri bilateral.
  4. Meiliki kepala, leher, badan, dan ekor, walaupun tidak selalu leher dan ekornya ada mutlak.
  5. Pisces: Hewan yang hidup diair, bernafas dengan insang dibantu dengan kulitnya. Tubuh terdiri atas kepala, rangka tersususn atas tulang sejati dan jantung terdiri atas satu serambi dan satu bilik, memiliki sisik.
  6. Amphibia: Dapat hidup di 2 alam, darat dan air. Bernafas dengan paru paru, jantungnya terdiri atas 2 serambi dan 1 bilik.
  7. Reptilia: Kulit bertitik, bernafas dengan paru paru, tubuhnya mempengaruhi dengan suhu lingkungan umumnya beranak dan memiliki 2 serambi dan 2 bilik.
  8. Aves: Semua indranya sudah berjalan dengan baik, berdarah panas.
  9. Mammalia: Hewan yang berkembangbiak dengan cara beranak, memiliki kulit yang ada kelenjar minyak dan keringat, berdarah panas, otak berkembang dengan baik, mempunyai 4 jantung yang sempurna.

Itulah beberapa macam keanekaragaman hewan baik hewan yang ada di darat, air laut, air tawar, dan bahkan yang ada di dalam tubuh hewan lain atau makhluk hidup lainnya. Hewan merupakan makhluk yang paling banyak macam species speciesnya dibandingkan dengan makhluk yang lain. Seperti bagaimana cara berkembangbiak, alam yang mereka tempati, bentuk tubuh, cara bereproduksi, cara bertahan hidup, dan lain sebagainya. Belum lagi keunggulan yang mereka miliki antara hewan satu dengan hewan lainnya.

Leave a Reply