Ikan Guppy Termahal di Dunia

Inilah 10 Jenis Ikan Guppy Termahal di Dunia

Posted on

Siapa sih yang belum kenal dengan jenis ikan hias bernama guppy ini? Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang berasal dari ikan liar. Berhubung ikan guppy ini memiliki karakteristik tubuh yang indah, maka ikan ini di kembangbiakkan dengan cara disilangkan dengan jenis ikan yang lainnya. Dengan cara persilangan tersebut menghasilkan jenis ikan guppy yang baru dan jelasnya semakin cantik. Karena saking banyaknya persilangan jenis ikan guppy maka menghasilkan banyak sekali jenis ikan ini. Jenis ikan guppy ini tergolong dalam ikan family Poeciliidae.

Ikan hias guppy ini hampir sama populernya dengan ikan louhan. Hanya perbedaanya terletak pada ukuran tubuh sang ikan. Jika louhan memiliki tubuh lebih besar dan memiliki  ciri khas benjolan di kepalanya maka kemungilan tubuh serta warna yang bermacam-macam lah yang menjadi daya tarik ikan guppy ini, siapa sih yang tidak terpikat dengan kecantikan ikan guppy ini.

Sirip yang berwarna-warni dengan melambai kesana kemari, ini lah cara ikan hias ini menarik perhatian para  pembudidaya ikan. Dengan memiliki gaya yang sangat khas dan menggemaskaia akan menarik pasangannya secara otomatis. Wajar jika anda para pencinta ikan sering mencari ikan hias jenis ikan guppy ini, karena ikan ini masuk kategori salah satu primadonanya ikan hias.

Selain tubuh yang mungil serta warna yang cantik ikan guppy memiliki kelebihan lain yaitu dapat bertahan pada tempat yang memiliki kadar garam tinggi. Akan tetapi kebanyakan jenis ikan hias guppy ini ditemukan di perairan sungai danau. Jadi jika anda memelihara ikan guppy tidak usah khawatir masalah wadah karena ikan ini mudah beradaptasi dengan lingkungan otomatis ia bisa dicampur dengan habitat ikan yang lain.

Ada 50 lebih jenis ikan guppy hasil persilangan yang sudah dikembangbiakkan oleh para pembudidaya ikan hias di Indonesia, meski sudah banyak yang budidaya ikan ini tetap mahal. Harga jual ikan guppy mencapai rata-rata satu juta sampai puluhan juta rupiah. Berikut ini adalah 10 jenis ikan guppy termahal yang harus anda ketahui.

1. Jenis Ikan Guppy Green Red Dragon

Guppy Dragon
Guppy Dragon

Ikan guppy green red dragon ini merupakan primadona dari semua ikan guppy di farm yang ada di Indonesia. Mengapa begitu, dikarenakan harga jual ikan guppy yang satu ini cukup fantastis mencapai dua ratus ribu mencapai satu juta. Harga yang sungguh luar biasa bukan? Ikan yang sangat mungil tetapi berharga jutaan rupiah.

Namun jenis ikan guppy green red dragon ini cenderung aneh saat berenang. Hal ini dikarenakan ketidakseimbangan antara ukuran ekor dan badannya. Ikan guppy jenis ini memiliki ekor yang cenderung sangat lebar. Mungkin ia merasa keberatan dengan ekornya. Ikan ini juga memiliki bentuk sirip ekor yang melebar ke samping.

2. Jenis Ikan Guppy German Platinum Crown Tail

Guppy German Platinum Crown Tail
Guppy German Platinum Crown Tail

Ikan guppy yang satu ini berbeda dengan ikan guppy yang lainnya. Ikan guppy jenis German platinum crown tail ini memiliki ekor yang bisa dikatakan aneh tetapi unik juga. Warna dari ikan german platinum crown tail ini cenderung berwarna terang diantaranya warna putih dan ada juga berwarna kuning keemasan.

Dinamakan ikan guppy german platinum croen tail sebab mengambil kata german yang memiliki arti tempat asalnya ikan ini. Dan ekor ikan ini memiliki bentuk menyerupai mahkota atau sisir maka sebab itu lah ikan ini dinamakan crown tail.

3. Jenis Ikan Guppy Blue Moscow

Guppy blue moscow
Guppy blue moscow

Kenapa ikan guppy jenis ini dinamakan ikan blue moscow? Kata blue tersebut diambil dari warna tubuhnya sedangkan kata moscow diambil dari asalnya ikan ini yaitu di daerah moscow, Rusia. Selain warna biru ikan guppy ini juga mempunyai warna dasar pink dan sedikit warna ungu.

Yang menjadi ciri khas dari ikan ini yaitu ia mempunyai ekor yang panjang dan  ekornya akan terlihat lebihh elegan waktu ia berenang. Karena keindahan yang terdapat pada ekornya tersebut menjadikan ikan guppy jenis blue moscow ini banyak diburu oleh para pecinta ikan hias.

4. Jenis Ikan Guppy Red Mozaic

Guppy red mozaic
Guppy red mozaic

Banyak yang mengatakan bahwa ikan hias jenis guppy red mozaic sama dengan ikan hias Guppy Red Blonde, sebenarnya memang iya akan tetapi terdapat perbedaan pada postur tubuhnya. Postur tubuh yang dimiliki ikan hias guppy red mozaic ini cenderung lebih memanjang dan dibalut dengan keindahan warna merah dengan corak keping batu.

5. Jenis Ikan Guppy Black Moscow

Guppy black moscow
Guppy black moscow

Ikan guppy black moscow merupakan salah satu jenis ikan hias guppy yang memiliki ciri khas warna gelap pada seluruh tubuhnya. Itu lah alasan kenapa ikan ini dinamakan ikan guppy black moscow. Ikan ini berasal dari Rusia, lebih tepatnya yaitu dari Moscow.

Selain itu terdapat juga jenis ikan guppy yang memiliki karakter yang sama dengan ikan ini, ikan itu memiliki nama ikan guppy full black Thailand. Perbedaan dari kedua jenis ikan guppy tersebut adalah asal tempat ikan tersebut. Karena ikan guppy full black Thailand berasal dari Thailand.

6. Jenis Ikan Guppy Super Red Singapore

Guppy super red singapore

Seperti yang disebutkan pada namanya ikan guppy super red singapore ini jenis ikan yang berasal dari Singapore. Ciri khas dari ikan guppy super red singapore ini memiliki warna merah cerah di seluruh tubuhnya.

Ikan guppy yang satu ini memiliki keindahan tubuh yang terdapat pada ekor dan siripnya yang panjang. Sama halnya dengan jenis ikan guppy yang lain, ikan guppy ini memiliki postur tubuh yang kecil.

7.  Jenis Ikan Guppy Full Platinum

Guppy Full Platinum
Guppy Full Platinum

Sama seperti namanya ikan guppy jenis ini mempunyai warna keseluruhan platinum. Itulah alasan kenapa ikan ini dinamakan Ikan Guppy Full Platinum. Ciri khas lain yang dimiliki ikan ini adalah dengan sirip atas dan ekor yang panjang.

8. Jenis Ikan Guppy Metalik

Guppy Metalik
Guppy Metalik

Ikan guppy metalik merupakan jenis ikan guppy yang memiliki warna khas. Warna tersebut adalah biru atau abu-abu gelap metalik. Sebab warna yang terdapat pada tubuhnya lah menjadikan ikan ini memiliki nama ikan guppy metalik.

Salah satu jenis ikan guppy yang paling mudah dijumpai adalah jenis ikan guppy tipe metalik cobra. Sama seperti namanya, jenis ikan guppy metalic cobra ini adalah hasil persilangan dari guppy metalik dengan ikan guppy cobra. Ciri khas yang terdapat pada tubuh guppy metalic cobra adalah warna metalik di dada serta belakang badan yang berwarna menyerupai cobra.

9. Jenis Ikan Guppy Grass Blue

Guppy Grass Blue

Ikan guppy jenis ini merupakan hasil dari perubahan yang sebelumnya ikan guppy mozaic menjadi ikan Guppy Grass Blue. Ciri khas yang terdapat pada ikan Guppy Grass Blue yaitu memilki titik-titik yang berwarna hitam disertai dengan warna biru gelap yang terdapat pada sirip ekor dan punggungnya.

10. Jenis Ikan Guppy Red Blonde

Guppy red blonde

Jenis dari ikan guppy diatas adalah ikan guppy red blonde. Jenis ikan guppy ini memiliki ciri-ciri postur tubuh yang dimiliki nya lebih kecil dibandingkan ikan guppy jenis yang lain. Namun dengan tubuhnya yang lebih kecil tersebut tidak kalah menariknya loh. Karena ikan ini memiliki keindahan tersendiri yang terdapat pada ekornya yang berwarna merah merona tersebut.

Di atas tadi merupakan ulasan tentang 10 jenis ikan guppy termahal di dunia. Semoga dengan adanya artikel ini semakin menambah wawasan bagi anda para pecinta ikan hias di Indonesia. Terimakasih.

Leave a Reply