Kecerdasan Lumba Lumba Yang Menakjubkan

Posted on

Siapa sih yang nggak kenal lumba lumba, hewan yang tergolong hewan mamalia air ini merupakan hewan tercerdas yang memiliki kecerdasan setelahnya manusia. Bahkan para ilmuanpun mengakui bahwa kecerdasan lumba lumba ini memang harus diacungi jempol. Saking cerdasnya, mereka terkadang ingin diperlakukan seperti halnya manusia pada umumnya.

Species lumba lumba banyak sekali dijumpai di setiap laut diseluruh dunia, cuman ada beberapa species lumba lumba yang hidup diair tawar contohnya didaerah asia selatan, china, amazon dan amerika selatan. Karena kecerdasannya hampir semua orang menyukai hewan ini, tidak memandang usia mulai dari anak anak sampai orang dewasa. Karena kecerdasannya juga banyak sekali pertunjukan poertunjukan yang mendatangkan lumba lumba sebagai hiburan utama pertunjukan tersebut.

Namun tahukah anda kecerdasan seperti apa saja yang dimilki oleh seekor mamalia yang satu ini? Dan hal apa saja yang dilakukan lumba lumba dalam hal kebaikan yang membuat semua orang mejadi terpukau dengan hewan laut yang satu ini. Simak artikel berikut.

1. Menggendong

Gambar terkait

Pernahkah anda melihat disebuah pertunjukan lumba lumba menampilkan bahwa lumba lumba tersebut sedang menggendong seorang pawang mereka sambil berenang renang, yap itu juga merupakan kecerdasan dari sekor lumba lumba. Biasanya ketika mereka dilaut lepas lumba lumba akan menghampiri sebuah speed boat dan mengikuti speed boat itu sambil melompat lompat, ia dapat mengikuti speed boat itu hingga kecepatan 28 km/jam. Mereka tertarik untuk mengikuti speed boat karena arus yang dibuat oleh speed boat, mereka senang karena dengan adanya arus yang dibuat oleh speed boat, mereka tidak mengeluarkan banya tenaga untuk berenang.

2. Kerjasama

Gambar terkait
Kerjasama Lumba Lumba

Mamalia ini sangat suka bekerjasama. Mereka biasanya bekerja sama dalam hal mencari makan. Caranya mereka mengepung mangsa mereka dengan melingkar mengelilingi mangsa dan kemudian lingkaran itu semakin menyempit sampai mangsa kebingungan lalu mangsa bisa didapatkan. Kerjasama yang baik dan taktik yang bagus yang membuat lumb lumba termasuk hewan tercesdas.

3. Nama Panggilan

Hasil gambar untuk gambar lumba lumba di panggil
Panggilan Lumba Lumba

Berbeda dengan hewan peliharaan yang butuh waktu yang lama untuk dapat mengetahui siapa majikannya, lumba lumba sangat cepat dalam hal mengingat. Contohnya anda dalam sebuah pertunjukan setiap lumba lumba akan memperkenalkan nama nama panggilan mereka. Begitu lumba lumba itu dipanggil dengan sebutan nama panggilannya dengan penuh kesemangatan lumba lumba itu akan datang dan melompat untuk memberikan sambutan pada para penontonnya.

4. Penolong

Gambar terkait
Lumba Lumba Penolong

Tahukah jika ternyata seekor lumba lumba juga ada yang berprofesi sebagai dokter saat persalinan induk lumba lumba. Saat persalinan ada lumba lumba yang membantu proses persalinan dan ada juga yang menjaga proses persalinan, tidak hanya disitu saja seekor dokter lumba lumba juga sekaligus membantu merawat bayi lumba lumba. Tak hanya itu, banyak sekali kisah seorang manusia yang berhasil ditolong oleh lumba lumba dalam suatu kejadian. Ini sangat membuktikan bahwa seekor lumba lumba juga memiliki kepedulian yang tinggi seperti halnya manusia.

5. Integensi Yang Tinggi

Gambar terkait
Intelegensi Lumba Lumba

Banyak ilmuan yang mengatakan bahwa tingkat intelejensi lumba lumba yang tinggi membuat ia mudah untuk mengingat sesuatu yang baru ia ketahui, bahkan ilmuan juga mengatakan bahwa daya ingat lumba lumba lebih cepat dibanding manusia. Percaya atau tidak jika berat otak lumba lumba lebih berat dibanding otak manusia yaitu seberat 2kg. Ini juga dibuktikan saat lumba lumba mendapat pelatihan lalu dipraktekkan hanya dengan menggunakan intruksi, lumba lumba sudah bisa memahami. Lumba lumba lebih senang diajak komunikasi dengan suara suara yang bisa dia pahami seperti bersiul dll. Dengan kemampuan injelensi yang kuat, lumba lumba bisa memahami lingkungan sekitar, mempelajari, menghafal dan cepat dalam menghafal.

6. Ramah

Gambar terkait
Lumba Lumba Ramah

Lumba lumba dalam satu golongan mereka bisa hidup hingga 1000 anggota dan komunikasi satu sama lain terjalin sangat baik. Kebanyakan lumba lumba suka menunjukan keceriannya terhadap majikannya dan sangat patuh terhadap perintah majikannya, maka jangan salah kalau mereka banyak yang menyukainya. Dan lumba lumba suka menunjukan  kepada manusia bahwa mereka bersahabat dengan manusia.

7. Peningkatan Impuls Listrik

Impuls Listrik

Dalam hal ini mungkin tidak setiap orang mengetahui kemampuan ini ada pada lumba lumba. Kemampuan ini adalah kemampuan yaitu bisa merasakan implus listrik dari makhluk lainnya, sehingga lumba lumba mudah untuk mencari mangsa meski air sedang tidak mendukung atau sedang keruh. Lumba lumba dapat mengenal mana mangsanya mana yang bukan walaupun matanya tak bisa melihat jelas apa itu mangsa atau bukan.

8. Cara Tidur

Gambar terkait
Lumba Lumba Tidur

Mungkin anda masih bingung tentang bagaimana lumba lumba tidur, karena ia adalah hewan laut yang bernafas dengan paru paru. Namun sangat berbeda dengan manusia yang menghirup udara dengan tidak sadar, lumba lumba bernafas dengan kondiri sadar. Dengan cara seperti itu lumba lumba bisa membedakan kapan dia bernafas dan tidak. Itu sebabnya lumba lumba tidak bisa nyenyak dalam istirahat, Karena kalu tidak ia akan kehabisan udara.

Tapi ada cara yang membuat lumba lumba bisa tidur yaitu dengan separuh dari otaknya untuk istirahat sedangkan lainnya tetap aktif. Gunanya adalah untuk mengontrol pernafasan dalam tubuhnya serta memantau lingkungan. Maka dari itu lumba lumba bisa tidur dengan menggunakan satu mata. Jenis tidur ini dinamakan unihemispheric sleep.

Itulah beberapa informasi yang bisa kita sampaikan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply