Bahaya Terlalu Sering Begadang dan Tips Mengurangi Resikonya

Posted on

Begadang adalah keadaan dimana seseorang tetap terjaga/tidak tidur sampai larut malam atau bahkan sampai pagi. Mereka yang sering begadang otomatis jam tidurnya akan berkurang, sedangkan seseorang membutuhkan waktu 8 jam sehari untuk istirahat. Maka dari itu kebiasaan begadang akan berpengaruh buruk pada kesehatan seperti tingginya resiko penyakit jantung, hipertensi, obesitas bahkan meninggal di usia muda. Karna tingginya resiko penyakit yang akan diidap oleh orang yang sering begadang, maka anda yang sudah terbiasa begadang mulai dari sekarang berhentilah atau setidaknya kurangi kebiasaan anda tersebut.

begadang
Ada Beberapa Faktor yang Membuat Seseorang Menjadi Sering Begadang :

1. Kerja lembur
Begadang sering disebabkan karna pekerjaan yang menumpuk dan belum diselesaikan. Sangat mungkin dengan kerja lembur waktu tidur anda kurang dari 6 jam. Padahal idealnya seseorang membutuhkan waktu tidur 8 jam sehari.

2. Keja shift malam
Kerja shift malam akan membalik pola hidup anda, yaitu tidur di siang hari dan kerja di malam hari. Pola hidup seperti ini sangat tidak dianjurkan karena akan merusak semua system tubuh dan akan membuat anda rentan terserang penyakit.

3. Makan terlalu banyak
Makan terlalu banyak disebabkan oleh kebanyakan begadang, karna saat kita begadang kita akan sering merasa lapar, sedangkan terlalu banyak makan pada malam hari akan membuat kita menjadi semakin gemuk.

4. Imsomnia
Begadang tidak selalu menjadi hal yang anda inginkan, ada keadaan yang sebenarnya anda tidak ingin begadang dan ingin tidur 8 jam sehari tapi anda tidak bisa tidur. Itulah yang dinamakan insomnia. Insomnia dapat dipengaruhi oleh factor suatu penyakit atau masalah psikologis. Namun insomnia bukanlah suatu penyakit, insomnia juga dapat dipengaruhi oleh factor-faktor seperti kelainan emosional, kelainan fisik

5. Terlalu asyik bermain
Bermain seringkali membuat kita lupa waktu dan kurang tidur. Keluar sampai larut malam atau bahkan sampai pagi bersama teman-teman/main game sampai tidak ingat waktu itu juga akan berpengaruh buruk pada kesehatan karna kurang tidur.

Bahaya Begadang :

Begadang jika dijadikan sebuah kebiasaan, maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan organ tubuh Anda. Selain itu, kebiasaan begadang juga berbahaya bagi kesehatan psikis Anda. Begadang menyebabkan hilang konsentrasi, dan kurang fokus. Contoh kejadian yang mungkin saja dapat terjadi adalah kecelakaan lalu lintas karena kurang konsentrasi, serta kesalahan dalam presentasi di dalam sebuah meeting karena Anda tidak fokus dan lelah. Selain itu, masih banyak lagi bahaya yang dapat muncul akibat begadang. Berikut ini adalah penjelasan beberapa bahaya begadang.

Pengaruh atau Efek Samping Langsung Begadang :
a. Muka pucat dan lingkaran hitam di bawah mata
b. Pusing dan susah konsentrasi
c. Daya tahan menurun
d. Pola makan tidak teratur
e. Mudah stress
Pengaruh Pada Pikiran :
a. Mudah marah
b. Gelisah
Resiko Penyakit Jangka Panjang :
a. Hipertensi
b. Penyakit jantung
c. Resiko stroke
d. Diabetes
e. Obesitas
f. Alzheimer(gampang lupa)
g. Kardiovaskuler(menyerang jaringan pembuluh darah pada jantung)
Mengurangi Resiko Karna Sering Begadang :
a. Perbanyak minumair putih
b. Hindari makanan berminyak dan cepat saji
c. Konsumsi vitamin dan biji nabati
d. Olahraga sore
e. Mandi air hangat di pagi hari

Sekian artikel saya tentang bahaya terlalu sering begadang dan cara mengurangi resiko kebanyakan begadang, semoga bermanfaat.

Gravatar Image

Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply