Bahaya Susu Formula&Tips Memberikan yang Baik bagi Bayi

Posted on
susu formula berbahay bagi bayi
susu formula berbahay bagi bayi

Tahukah bunda, di zaman serba modern ini banyak susu beredar untuk sang bayi,karena lebih instan dan praktis daripada memberikan ASI. Namun,tahukah bunda bahwa memberikan susu formula bagi sang bayi tidak baik untuk bayi. ASI adalah salah satu makan yang terbaik bagi bayi dan asupan gizipun lebih terpenuhi. Ada beberapa efek samping yang harus bunda ketahui. Maka bunda lebih berhati-hati ya dalam memberikan susu formula. Berikut ini penjelasannya !

  1. Susu Formula Tidak Cocok Untuk Bayi

Susu formula adalah susu yang terbuat dari susu sapi seharusnya diperuntukkan untuk anak sapi. Terutama susu yang berbentuk bubuk seharusnya tidak baik diberikan kepada bayi. Sebenarnya susu formula dikonsumsi apabila kebutuhan ASI belum terpenuhi sampai berumur 6 bulan.

  1. Perkembangan Bayi Lebih Terganggu

Ketika bayi baru lahir diberikan susu formula, maka pengaruh bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi, ini akan membuat perkembangannya kurang sehat. Kondisi ini akan berbeda dengan bayi yang diberikan asupan ASI oleh sang bunda. Biasanya kondisi pertumbuhan fisik lebih baik dan kognitif. Walaupun hal ini tidak terjadi terhapa semua orang.

  1. Mengandung Bahan Kimia

Meskipun produk susu formula mengandung 90 % terbuat dari susu sapi,tetapi tetap saja mengandung bahan kimia berbahaya bagi kesehatan tubuh bayi. Hal ini juga perlu diketahui jika susu formula tidak mengandung bahan kimia maka susu formula tidak akan dapat bertahan satu tahun atau lebih. Inilah yang menunjukkan bahwa susu formula tetap harus mengandung bahan kimia walaupun tidak banyak. Agar komposisi susu formula masih terjamin.

  1. Memiliki Kadar Aluminium Cukup Tinggi

Perlu bunda ketahui,bahwa susu formula mengandung kadar aluminium cukup tinggi lho, meskipun kadar ini masih berstandar, di bawah kadar kalsium dan vitamin. Tetapi tetap saja mempengaruhi perkembangan sel otak pada bayi. Bisa saja menyebabkan kerusakan saraf otak bahkan bisa terkena penyakit demensia.

  1. Mengandung Kasein

Kasein merupakan zat terkandung dalam usus formula. Zat ini memiliki tekstur yang agak sulit untuk dicerna oleh bayi. Terkadang terjadi gangguan pencernaan pada bayi bahkan bisa mencret setelah meminum susu formula.

  1. Susu Formula Diberikan Untuk Anak Sapi

Susu formula memang kebanyakan diberikan untuk anak sapi. Karena kondisi bayi sendiri masih cukup tergolong lemah. Karena bayi masih sangat membutuhkan nutrisi yang lebih terutama asupan ASI sehingga lebih berkembang untuk dikemudian hari.

  1. Mudah Terserang Penyakit

Bayi masih sering membutuhkan asupan ASI dari sang bunda untuk memenuhi kualitas dan asupan gizi yang tinggi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan pada bayi. Salah satunya dengan meningkatkan kekebalan tubuh yaitu memberikan ASI secara efektif. Sedankan,jika mengonsumsi susu formula berlebihan maka menyebabkan bayi lemah sehingga mudah terserang penyakit.

Itulah tadi,beberapa hal yang perlu diketahui bahaya susu formula untuk bayi. Tapi,jika Anda ada hal mendesak sehingga memungkinkan bayi untuk memberikan susu formula berikut hal yang hars dihindari ketika memberikan susu formula.

  1. Jangan menggunakan air mineral untuk membuat susu formula. Karena air mineral mengandung mineral tingkat tinggi dan dapat membahayakan pada bayi. Maka aturan yang benar bunda harus memberikan air yang didihkan secara normal.
  2. Hindarkan memanaskan susu formula dengan microwave. Janganlah bunda sesekali memanaskan botol formula ke dalam microwave karena suhu panas tidak merata ke dalam botol,sehingga membahayakan pada mulut bayi.
  3. Jangan mengubah cara mempersiapkan susu formula. Setiap produk susu formula terdapat cara penyajian yang berbeda maka,bunda harus tetap sesuai dengan petunjuk pada produk susu formula.
  4. Jangan terlalu lama untuk menyimpan susu yang sudah siap.Botol suus formula merupakan hal yang mudah untuk berkembangnya bakteri,bahkan air liur yang terdapat pada bayi jika susu formula dalam botol tersisa, dapat menyebabkan bakteri berkembang. Maka bunda harus memperhatikan pada botol bayi tsb, WHO menyarankan bahwa susu formula tersisa setidaknya dibuang setelah 2 jam.
  5. Hindarilah memberikan susu formula secara berlebihan. Jika bayi sudah berhenti untuk menghisap botol,maka bunda supaya mengambil botol susu dari mulutnya. Jika bayi merasa kenyang biasanya tidak akan meminum susu tsb dalam satu waktu. Bunda supaya lebih mengerti ya.
  6. Suhu air supaya 70 derajat celcius
  7. Jangan membiarkan bayi menyusu dari botol tanpa adanya pengawasan
  8. Jangan menghangatkan susu formula lebih dari waktu 10 menit.

Itulah beberapa tanda bahaya susu formula dan tips memberikan susu formula pada bayi dengan baik dan benar. Bunda,meskipun bayi diberikan asupan susu formula tetapi bunda tetap harus mendekati dan memberikan perhatian penuh kepada bayi,karena bayi adalah harta mulia sebagai anugrah dari tuhan yang wajib kita sayangi dan didik. Sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply