Rahasia Di Balik Sedekah

Posted on
sedekah
sedekah

Sedekah, tentu kata-kata tersebut sudah tidak asing lagi bagi kita. Sedekah adalah membagikan sebagian harta kita kepada orang lain dengan ikhlas. Namun,di zaman sekarang ini sudah jarang orang yang mau bersedekah. Mereka selalu memperhitungkan hartanya,sekan-akan tidak mau berkurang,perlu kita ketahui padahal dengan bersedekah justru akan mendapat pahala yang dilipatgandakan oleh Allah. Tapi,terkadang terlintas dalam pikiran seseorang, jika bersedekah menunggu kaya. Kenapa harus menunggu kaya? Banyak pendapat dari orang yang seperti itu. Padahal sedekah sangat banyak keutamaannya salah satunya dengan menjadikan kaya adalah sedekah. Nah,bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang sedekah,simak berikut ini !

Definisi Sedekah

Sedekah berasal dari Bahasa Arab Shodaqoh artinya pemberian. Secara istilah adalah pemberian sesuatu dari seseorang yang diberikan kepada orang lain dengan ikhlas semata mengharap pahala dari Allah tanpa terikat oleh waktu dan dalam jumlah tertentu. Sedekah lebih luar artinya daripada zakat atau infaq. Sedekah pengertiannya sangat luas tidak harus berupa harta, bisa berupa tenaga,fisik ataupun senyuman. Ada suatu hadist dari riwayat Nabi pernah bersabda : “Senyum adalah shodaqoh”. Dengan kita sodaqoh sangat banyak manfaat dan keutamaan dari Allah yang kita dapatkan. Dengan sodaqoh,kita dimudahkan dalam melakukan hal apapun,salah satunya untuk memperlancar rezeki sehingga menjadi kaya dan masih banyak lagi. Inilah rahasia sedekah ternyata memiliki banyak keutamaan yang belum diketahuinya.

Keutamaan-keutamaan Bersedekah :

  1. Sedekah Dapat menghapus Perbuatan Dosa

Dalam hadist Rasulullah pernah bersabda,bahwa : “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api”. (HR. Tirmidzi di sahihkan oleh Al-Albani dalam sahih at-tirmidzi 614). Maka bagi orang yang bersedekah,dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah.

  1. Sedekah Memberi Keberkahan dalam Harta

Di hadist di riwayatkan,bahwa Nabi bersabda : “Sodaqoh tidak akan mengurangi harta”. (HR.Muslim no 2588). Selain terhindar dari bahaya,dengan sedekah,tidak akan mengurangi harta. Secara logika mungkin iya, jika kita mengeluarkan harta dan diberikan kepada orang lain maka berkurang. Namun,hal tersebut salah, bahwa di akhirot nanti justru akan bertambah dan dilipatgandakan oleh Allah. Hal ini difirmankan oleh Allah dalam Alqur’an Surat Albaqarah ayat 261.
“Perumpamaan (infak) yaitu orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah seperti seburir benih menumbuhkan tujuh bulir,pada tiap-tiap bulir seratua biji. Allah melipat gandakan (pahala) bagi siapa yang Dikehendakinya.Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui”.

  1. Menjadi Amal Jariyah

Orang-orang yang bersedekah maka akan menjadi amal jariyah dalam hidupnya,pahalanya akan terus mengalir walau sampai mati.Terutama jika orang yang bersedekah untuk di jalan Allah misalnya membantu dalam proses pembangunan masjid,memberi sedekah kepada anak yatim dsb. Ada suatu hadist menerangkan diriwayatkan dari Abu Hurairoh bahwa Nabi bersabda :

Apabila anak cucu Adam mati,maka terputuslah amalnya kecuali ada 3 perkara yang tidak terputus yaitu sodakoh jariyah,anak solih/ah yang selalu mendoakan kedua orang tuanya, ilmu yang bermanfaat”.

  1. Mendapat Naungan di Hari Akhir

Seseorang yang rajin bersedekah, maka ketika di hari kiamat akan mendapat naungan hari akhir.
Di suatu hadist diriwayatkan bahwa Nabi bersabda : “Seseorang yang bersedekah dengan tangan kanannya,maka ia menyembunyikan amalnya itu sampai tangan kiri tidak mengetahui apa yang disedekahkahkan dari tangan kanannya”. (HR.Bukhari).

  1. Sedekah Dapat Memanjangkan Umur

Dengan rajin bersedekah,maka secara tidak langsung kita telah memanjangkan umur kita. Nabi bersabda : “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim dapat menambah umurnya,dapat mencegah kematian buruk (su’ul khotimah),Allah menghilangkan darinya sifat kesombongan,kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri”. (HR.Thabrani).

Bahwa di hadits lain juga diterangkan, “Sesungguhnya di dalam sedekah ada 5 perkara yaitu :

  1. Sedekah menambah harta kekayaan
  2. Menjadi obat untuk penyakit
  3. Allah akan menghindari marabahaya dari mereka
  4. Mereka akan melewati jembatan siratal mustaqim seperti halilintar yang menyambar dan
  5. Masuk ke dalam surga tanpa hisaban dan siksaan”.

 

  1. Sedekah Dapat Mengobati Berbagai Penyakit Hati

Jika kita bersedekah, maka penyakit hati yang kita rasakan Insyallah disembuhkan oleh Allah. Dengan bersedekah kita juga membersihkan hati,pikiran,mensucikan diri. Allah juga menyembuhkan penyakit-penyakit bagi orang yang senang bersedekah. Rasullullah SAW bersabda : “Obatilah orang-orang yang sakit diantara kalian dengan bersedekah”.

  1. Sedekah Dapat Meredakan Amarah Allah

Datangnya cobaan atau musibah itu dari Allah, jika manusia sakit,dicoba atau di datangkan bencana alam mungkin itu pertanda bahwa Allah menguji atau Alllah sedang marah. Namun, jika orang tersebut rajin bersedekah semua hal itu bisa tidak terjadi. Karena dengan kita bersedekah,akan meredamkan amarah Allah. Rasulullah SAW bersabda, artinya : “Sedekah meredakan kemarahan Allah dan menangkal atau mengurangi kepedihan ketika sakaratul maut”.

  1. Bersedekah Merasakan Hati/Dada yang Lapang dan Bahagia

Jika bersedekah maka hati kita terasa lapang dan bahagia. Jika kita melihat hamba yang kesusahan kemudian mau membantu atau bersedekah,maka hati kita merasa ikut senang karena telah menolong orang tersebut. “Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah itu seperti dua orang yang memiliki baju besi. Bila dipakai menutup dada hingga selangkang. Orang yang bersedekah,dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya.Sedangkan orang pelit,dikarenakan merasakan setiap lingkar baju besinya merekat pada kulitnya. Ia berusaha melonggarkan namun tidak bisa”. (HR.Bukhari no 1443).

Nah,bagaimana? Apakah Anda sudah mengetahui beberapa keutamaan dari sedekah bukan? Itu hanyalah beberapa keutamaan saja. Masih banyak keutamaan lain yang belum kita ketahui. Apakah Anda ingin bersedekah? Mjulialah dari sekarang,janganlah menunggu kaya untuk bersedekah. Sekian dari saya,semoga bermanfaat untuk Anda agar terus bersedekah.

Leave a Reply