Bermacam Jenis Ikan Louhan Yang Indah
Bermacam Jenis Ikan Louhan Yang Indah

Keindahan Beragam Jenis Ikan Louhan di Dunia

Posted on

Sudah tahu belum seperti apa bentuk ikan louhan? Atau kamu sudah pernah memeliharanya atau bahkan budidaya ikan louhan ini? Ikan louhan merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar. Ikan louhan memiliki nama latin yaitu Amphilophus trimaculatus. Ikan hias air tawar yang satu ini berasal dari keluarga Cichilidae. Pada awalnya ikan ini hanya berhabitat di Taiwan dan Malaysia saja, tetapi seiring berkembangnya zaman ikan ini pun populer dan tersebar di seluruh dunia.

Banyak yang memelihara ikan ini dikarenakan ikan ini memiliki keunikan tersendiri yaitu pada bagian kepalanya ia memiliki benjolan yang biasa disebut dengan jenong. Selain itu ikan Lohan ini juga memiliki warna yang mencolok. Karena bermacam-macam warna yang menghiasi pada sisiknya sehingga ikan ini menjadi salah satu jenis ikan yang terkenal di dunia. Tidak hanya satu dua orang saja yang memiliki ikan ini tapi ribuan orang.

Ikan ini memiliki keindahan tersendiri jika dipelihara di dalam aquarium. Diantaranya benjolan khasnya akan terlihat lebih cantik, sebab hal ini lah ikan ini menjadi primadona di Indonesia terutama pada awal tahun milenium. Ikan hias yang menarik bukan.

Selain itu ikan louhan ini memiliki bermacam-macam jenis louhan, jenis tersebut dibedakan dari beberapa sisi dalam arti lain tidak dari hal warna saja. Tidak hanya satu dua orang pembudidaya ikan louhan yang kehabisan stok. Hal tersebut dikarenakan sangat banyaknya permintaan pada jenis ikan louhan.

Banyak orang yang memelihara jenis ikan hias yang satu ini tanpa mengenali jenis ikan yang dipeliharanya. Seperti yang dibahas tadi, ikan ini memiliki jenis. Jenis ikan louhan apa saja yang sempat trend di dunia? Simak artikel di bawah ini.

ikan louhan cencu
ikan louhan cencu

1. Jenis Ikan Louhan Cencu

Jenis ikan louhan cencu memiliki sebutan ikan louhan zenzhu. Banyak orang yang menyebut jenis ikan ini ikan louhan mutiara. Kenapa disebut ikan louhan mutiara, dikarenakan ikan louhan ini memiliki ciri khas yaitu bintik-bintik kecil seperti mutiara di seluruh tubuhnya.

Ikan lohan mutiara ini juga dibagi menjadi 2 macam loh, yaitu ikan louhan mutiara klasik dan ikan louhan mutiara modern. Perbedaan kedua macam ikan louhan mutiara ini addalah ikan louhan mutiara lebih dominan memiliki warna merah dan warna cerahnya. Sedangkan ikan louhan mutiara modern lebih dominan banyaknya bintik-bintik ditubuhnya yang menyerupai mutiara tersebut. Dan ikan louhan mutiara klasik memiliki ukuran lebih besar jika dibandingkan dengan ikan mutiara modern. Perbedaan yang lain terdapat pada jenong kepalanya ikan louhan mutiara klasik lebih kecil dari pada ikan louhan mutiara modern. Sedangkan kelebihan ikan louhan mutiara modern mempunyai mutiara jauh lebih banyak. Jika kita perhatikan kedua macam ikan louhan mutiara ini, ikan louhan cencu modern akan jauh lebih indah. Ikan louhan mutiara modern juga mempunyai jenong yang lebih besar dari ikan louhan mutiara klasik. Harga ikan louhan jenis mutiara ini termasuk harga yang masih mahal , harga berkisar mulai 40.000 sampai ratusan ribu atau bahkan jutaan rupiah. Harga tersebut justru menyaingi harga penjualan  ikan guppy.

ikan louhan kamfa
ikan louhan kamfa

2. Jenis Ikan Louhan Kamfa

Jenis ikan louhan yang kedua ini memiliki nama ikan louhan kamfa, bisa juga disebut dengan ikan louhan golden flower. Ikan louhan ini tergolong ikan yang populer bahkan sampai saat ini. Buktinya saja ikan ini dijual dengan harga yang sangat tinggi yaitu mencapai jutaan rupiah sampai ratusan juta rupiah per ikannya.

Ikan louhan jenis kamfa ini memiliki ciri khas yaitu dengan sirip yang lebar dan ikan ini bisa dikatakan lebih kaku bila dibandingkan dengan semua jenis ikan louhan yang lainnya.

Akan tetapi ikan hias air tawar yang satu ini tidak memiliki marking di badan atau kepalanya, jika terdapat berarti ikan ini adalah hasil perkawinan silang denggan ikan yang lainnya.

Ikan Louhan Rainbow King
Ikan Louhan Rainbow King

3. Jenis Ikan Louhan Rainbow King

Jenis ikan louhan yang ini berjenis ikan louhan rainbow king. Yaitu jenis ikan louhan yang mempunyai marking yang berbeda dengan jenis lainnya, bentuk marking pada ikan ini horisontal. Selain itu ikan louhan rainbow king memiliki ciri khas yaitu badan kotak dan perpaduan warna merah dan kuning bahkan ada juga yang perpaduan dengan warna biru.

Ikan louhan rainbow king ini bisa dikatakan indah ya karena perpaduan warna tersebut. Oleh sebab itu jangan kaget jika ikan louhan rainbow king merajai kontes louhan hingga tingkat internasional.

Dikarenakan ikan ini banyak yang mencarinya sedangkan para pembudidaya sedikit maka kalian harus tau pasti ciri-ciri ikan rainbow king jika ingin membeli nya. Tidak hanya satu dua orang yang menjual ikan louhan kamfa dengan menyebutnya ikan louhan rainbow king. Hal ini juga disebabkan karena mahalnya harga ikan ini. Harga perekornya mencapai jutaan rupiah. Maka ingat ya jangan sampai tertipu.

Ikan Louhan Golden Red
Ikan Louhan Golden Red

4. Jenis Ikan Louhan Golden Red

Jenis ikan louhan yang berikut ini disebut dengan ikan louhan golden red. Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan louhan yang berasal dari Thailand. Ikan yang juga dapat dikenal dengan nama ikan louhan golden trimaculatus. Nama ersebut mengandung arti bahwa ikan ini memiliki perpaduan warna merah dan kuning.

Perpaduan warna tersebut baru akan bisa terlihat ketika ikan louhan golden red ini sudah besar. Karena ikan ini mirip dengan ikan louhan cencu/mutiara maka jika kalian ingin membeli ikan ini supaya berhati-hati ya, jangan sampai tertipu.

Ikan louhan golden red ini mencapai Rp. 900 juta per ekornya. Dengan harga yang sangat tinggi tersebut harga ikan louhan golden red ini masuk rekor harga ikan hias termahal di dunia.

Demikian artikel mengenai jenis ikan hias jenis louhan yang indah di dunia. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply