cupcake
cupcake

Ini Nih, Cara Mudah Membuat Cup Cake Enak Tanpa Mixer Dan Oven

Posted on

Hay guys…! Jumpa lagi dengan saya. Kali ini saya akan membagikan resep Cup Cake Enak Tanpa Mixer dan Oven. Jadi, buat kalian yang belum punya oven atau mixer kalian tidak usah takut kalau tidak bisa buat cup cake jika tidak ada mixer ataupun oven. Kalian masih tetap bisa membuatnya kok!.

Siapa sih yang tidak kenal dengan cup cake yang satu ini? Tentunya sudah banyak sekali yang kenal bukan. Kue yang mungil dan lezat ini sangat pupuler sekali. Dengan bentuknya yang mungil serta lucu dan beraneka ragam membat cup cake ini disukai bahkan digemari oleh semua usia.

Jadi, pada dasarnya cara membuat cup cake  ini bisa menggunakan resep cake biasa yang di kukus ataupun di oven, tapi.. yang membuat kue ini dinamakan cup cake itu karena menggunakan paper cup yang mungil dan cantik sehingga cake yang sudah matang ini dilapisi dengan cream warna-warni dan hiasan lainnya sehingga kue jadi terlihat lebih cantik dan lucu dan menjadi daya tarik bagi manyarakat khususnya pecinta cup cake.

papercup
papercup

Gimana nih, sudah penaran belum sama kue yang satu ini? Jika kalian penasaran dan pingin membuat sendiri. Langsung saja baca cara-cara membuat cup cake tanpa mixer dan oven dibawah ini.

Pertama-tama yang harus kalian siapkan adalah alat dan bahannya terlebih dahulu.

Bahan:

125 gram margarin

80ml susu cair

2 butir telur

150 gram gula pasir atau kastor(gula pasir yang butirannya kecil-kecil)

200 gram tepung terigu

30 gram coklat bubuk

1 sendok teh soda kue

1 sendok teh baking powder double acting

Cara membuat:

*Pertama-tama, siapkan alat kukusan, kemudian loyang miffin atau loyang cup cake yang satuan dan kertas cup cake atau papercup

*kedua, cairkan mentega dan susu sampai mentega mencair jangan sampai mendidih, kemudian angkat dan sisihkan.

*ketiga, kocok telur dan gula menggunakan ballon whisk sampai larut(jangan sampai berbuih banyak)

*keempat, masukan tepung terigu, coklat bubuk, baking powder dan soda kue, kemudian aduk hingga rata.

*kelima, masukkan margarin yang sudah dilelehkan tadi, aduk hingga rata.

*keenam, tuangkan adonan yang sudah selesai di aduk tadi kedalam loyang yang sudah diberi papercup sampai hamper penuh.

*terakhir, panaskan alat pengukus sampai panas. Kemudian kukus sampai 20 menit atau sampai matang.

Tambahan:

Jika kalian ingin memasukan filling atau selai, ganache, atau apapun itu yang meleleh ketika digigit. Kalian bisa menggunakan 2 cara ini:

  1. saat kalian mengukus adonan, sisihkan adonan setengah papercup kukus dengan waktu kurang lebih 5 menit, Llu kluarkan dari tampat kukusan. Kemudian masukan selai atau bahan isian lain, selanjutnya isi penuh dengan adonan. Trakhir kukus kembali selama 15 menit.
  2. cara yang kedua ini hanya dipakai untuk cup cake yang topingnya akan dihias. Saat cup cake sudah matang dan dingin, buatlah lubang pada bagian atas cup cake dengan kedalaman kurang lebih 2-3cm menggunakan apple peeler kemudian masukan filling dan tutup kembali bagian cake yang terangkat saat kalian membuat lubang tadi.
apple peeler
apple peeler

Yap! Itulah tadi resep sekaligus cara membuat cup cake tanpa mixer dan oven. Gimana? Cukup gampang bukan. Jadi kalian yang tidak punya mixer atau oven tidak perlu khawatir lagi. Cup cake yang enak dan lezat masih bisa kalian hasilkan dari dapur kalian sendiri. Selamat mencoba guys…

Leave a Reply