Rahasia Menarik Seputar Ekosistem Laut

Posted on
gambar ekosistem laut
gambar ekosistem laut

Ekosistem laut, tahukah kamu ekosistem laut? Ekosistem laut atau ekosistem  bahari adalah ekosistem yang terdapat di perairan laut. Nah, laut yang biasa kita kelilingi,atau kita temui di pelabuhan atau pantai ternyata juga memiliki ekosistem. . Di laut memiliki anekaragam kelesatrian dan kehidupannya disana. Ekosistem laut tediri dari laut dalam,ekosistem pantai pasir dangkal/bitarol dan ekosistem laut terumbu karang. Nah,apakah kamu tertarik seputar penjelasan ekosistem laut? Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut,yuk simak berikut ini !

Apa yang Dimaksud Ekosistem ?

ekosistem
ekosistem

Ekosistem adalah suatu hubungan timbal balik untuk yang tak dapat dipisahkan antara semua makhluk hidup terhadap lingkungannya. Ekosistem menjadikan keseluruhan menjadi kesatuan yang utuh dan menyeluruh antara lingkungan hidup untuk saling mempengaruhi. Ekosistem sanagtlah penting bagi kehidupan di muka bumi. Ekosistem memiliki 2 komponen dan tipe ekosistem.

Ekosistem Menjadi 2 Komponen, Apa Saja ?

  • Abiotik

Ekosistem Abiotik adalah komponen tak hidup maksudnya komponen fisik atau kimia bersifat substrat. JAdi komponen terdiri dari benda tak hidup/benda mati. Komponen abiotic berupa bahan organic senyawa organ dan faktor lainnya. Adapun factor yang mempengaruhi yaitu :

  1. Suhu
  2. air
  3. garam
  4. cahaya matahari
  5. tanah dan batu
  6. iklim
  • Biotik

Biotik adalah komponen hidup (organisme) atau suatu komponen yang membentuk ekosistem selain komponen abiotik. Salah satunya adalah manusia dan hewan. Pada komponen ini dijadikan 2 fungsi yaitu :

  1. Hetetrotof/konsumen
  2. Pengurai/dekomposer

Secara pembagiannya ekosistem dibedakan menjadi 3,berikut ini :

  1. Ekosistem air laut
  2. Ekosistem estuari
  3. Ekosistem sungai

Kali Ini Saya Membahas Lebih lanjut Seputar Ekosistem Laut

Ekosistem laut,pernahkah kamu mendengar ekosistem itu? Ya, dari bermacam-macam ekosistem sepertinya ekosistem laut sangatlah ekstrim di dengar. Bagaimana tidak, dengan keindahannya sehingga para pengunjung juga melihat keindahannya. Laut juga dijadikan pelabuhan penyebrangan dan transportasi lainnya. Ekosistem yang memiliki penyebaran luas,perairan air asin dan menjadi tempat itnggal bagi biota laut. Ekosistem laut terdiri dari, ekosistem perairan dalam,ekosistem pantai pasir dangkal/bitarol,ekosistem pasang surut.

Ciri-ciri Ekosistem Air Laut

Ekosistem air laut juga memiliki ciri khusus lho, yaitu :

  1. Memiliki variasi suhu,yaitu perbedaan suhu antara bagian permukaan laut dengan bagian kedalaman air laut.
  2. Memiliki tingkat salinitas tinggi,jika semakin mendekati garis khatulistiwa maka tingkat salinitas semakin tinggi.
  3. Tidak begitu dipengaruhi keadaan iklim dan cuaca.
  4. Didominasi oleh NaCl sampai 75%

Ekosistem Air Laut memiliki bagian-bagian jarak dan kedalamannya, diantaranya :

Gambar zona laut berdasar kedalamannya
Gambar zona laut berdasar kedalamannya
  1.  Zona litoral

Zona litoral disebut juga wilayah zona pasang surut. Zona litoral adalah wilayah laut yang tergenang oleh air jika kondisi laut sedang mengalami pasang. Tapi,jika saat air laut surut,maka wilayah zona litoral berubah menjadi pantai. Inilah yang disebut sebagai wilayah zona pasang surut atau litoral. Pengaruh Suhu udara serta sinar matahari sangat kuat. Zona litoral termasuk wilayah yang paling atas atau dekat dengan pantai/daratan. Zona litoral bisa disebut sebagai jalur pasang karena bagian cekungan lautan berada diantara air pasang dan air surut. Zona ini juga menjadi tempat habitat bagi species yang ada di laut.

  1. Zona Neritik (Wilayah Laut Dangkal)

Area yang lebih dalam daripada zona litoral adalah zona neritik atau wilayah laut dangkal. Zona ini memiliki kedalaman antara 50 hingga 200 meter. Kawasan zona ini adalah zona yang dapat ditembus sinar matahari dengan baik,zona ini sanagtlah cocok sebagai habitat anekaragaman species laut,seperti ubur-ubur,fitoplankton,zooplankton rumput laut dan masih banyak lagi. Zona ini juga salah satu tempat yang dijadikan para nelayan untuk mencari ikan. Bebrapa faktor menyebabkan jenis species laut dapat ditemukan antaranya :

  1. Terdapat plankton-plankton mengapung dipermukaan air.
  2. Banyak mendapat sinar matahari.
  3. Perairan yang memiliki banyak kandungan oksigen
  1. Zona Oseanik

Zona ini adalah zona terdalam atau memiliki wilayat laut lepas,zona ini tidak dapat ditembus oleh cahaya matahari dan sangat gelap. Zona ini terbagi menjadi 2 yaitu zona bathial dan zona abisal.

  1. Zona Bathial (Wilayah Laut Dalam)

Zona bathial atau bisa juga disebut wilayah laut dalam karena memiliki kedalaman antara 200 sampai 2000 meter. Dengan kedalaman tersebut sehingga tidak dapat ditembus oleh sinar matahari. Karena zona ini sangat dalam sehingga jarang ditemukannya jenis species laut tidak seramai zona neritik.

  1. Zona Abisal (Wilayah Laut Sangat Dalam)

Wilayah zona laut yang paling dalam adalah zona abisal. Zona ini wilayahnya sangat dalam dan gelap. Memiliki kedalaman lebih dari 2000 meter. Dikarenakan letaknya berada sanagt dalam sehingga sangat dingin dan memiliki suhu rendah dan sulit ditemui oksigen. Zona ini juga memiliki tekanan air sangat besar. Hal inilah yang menyebabkan tidak ada species tumbuhan sama sekali yang hidup di zona ini. Hanya ada beberapa jenis ikan saja seperti, angler fish. Angler fish adalah species ikan yang dapat mengeluarkan cahaya sendiri agar bisa berkomunikasi.

Bagian ekosistem air laut berdasarkan intensitas cahaya :

ekosistem berdasarkan intensitas cahaya
ekosistem berdasarkan intensitas cahaya
  • Zona Fotik

Wilayah ekosistem air laut mampu ditembus matahri dan mempunyai kedalaman kurang dari 200 meter. Zona ini ditemukannya banyak species atau organisme yang berklorofil.

  • Zona Twilight

Zona ini jangkauan matahari masih dapat ditembus ke dalam air laut antara 200 sampai 2000 meter,tetapi cahayanya yang ditembus sedikit,maka daerah ini cahayanya terlihat samar.

  • Zona Afotik

Zona ini tidak dapat ditembus cahaya sama sekali,yaitu kedalaman lebih dari 2000 meter. Maka hanya hewan tertentu yang dapat beradaptasi. Juga banyak bangkai hewan bertebaran di zona ini sehingga bakteri pun dapat mengurainya.

Macam-macam ekosistem laut :

  • Ekosistem pantai

Ekosistem letaknya berbatasan dengan daratan dan lautan,ekosistem inilah yang menjadi pengaruh siklus pasang surut air laut. Organisme yang hidup di pantai ini memiliki adaptasi struktural yang dapat melekat pada subtract.

  • Ekosistem estuari

Ekosistem estuary atau disebut juga muara yaitu ekosistem tempat bersatunya air sungai dan air laut. Ekosistem ini dipagari oleh lempengan lumpur intertidal dan rawan garam.Salinitas air dalam berubah mulai dari daerah tawar ke asing secara bertahap. Salinitas ini juga dipengaruhi siklus harian pasang surut air laut.

  • Ekosistem air laut : Terumbu Karang

Perairan yang dapat ditembus matahari sering ditumbuinya komunitas khusus yang berupa kara g batu dan organisme-organisme tertentu. Komunitas inilah bernama ekosistem air laut. Wilayah ini terletak di daerah neritik di laut tropis.

Indah bukan, Tuhan memang menciptakan Kehidupan alam berupa ekoaiatem laut untuk kepentingan Makhluk Hidup dan melestarikan anekaragam biota laut. Nah, Itulah penjelasan tentang ekosistem air laut beserta bagian-bagiannya.

Sekian semoga bermanfaat.

Leave a Reply