arti sebuah cinta
arti sebuah cinta

Arti Sebuah Cinta

Posted on

Cinta adalah sebuah perasaan yang diberikan oleh Tuhan kepada setiap manusia untuk saling mencintai, saling memenuhi, saling memiliki, dan saling pengertian. Cinta itu tidak bisa di paksakan, cinta hanya dapat berjalan dengan sendirinya apabila kedua belah pihak saling ikhlas. Cinta itu datangnya dengan sengaja, ataupun tidak sengaja. Cinta tidak dapat berjalan apabila mereka mementingkan diri sendiri. Dalam suatu hubungan pasti menginginkan suatu perhatian yang lebih dan itu hanya bisa dilakukan dari pasangannya.

saling mencintai
saling mencintai

Cinta adalah sebuah perasaan yang dimiliki oleh seseorang terhadap lawan jenisnya. Dalam cinta diperlukan pengertian dan saling memahami untuk melanjutkan hubungannya. Haruslah saling menutupi kekurangan dan mau menerima pasangannya apa adanya, tanpa paksaan dari salah satu pihak. Berbagi suka duka dengan bersama.

Cinta adalah sesuatu yang tulus dan suci yang timbul tanpa adanya pemaksaan atau adanya sesuatu yang dibuat. Cinta itu dapat membuat orang termotivasi untuk melakukan perubahan yang lebih baik daripada sebelum dia mengenal cinta. Cinta itu suci, janganlah menodai cinta suci itu dengan keegoisan, kemunafikan yang hanya menginginkan enaknya untuk dirinya sendiri.

Cinta adalah sebuah perasaan hangat yang mampu membuat kita untuk menyadari betapa berharganya kita. Dan adanya seseorang yang begitu berharga untuk kita lindungi. Cinta tidaklah hanya sebatas kata-kata yang di ucapkannya, namun cinta jauh lebih berharga daripada harta yang melimpah, atau pun termahal di dunia.

Pada umumnya orang berkata “I Love You”, akan tetapi yang sesungguhnya dia hanya berkata aku suka wajahmu yang cantik jelita, aku suka duitmu, kekayaan, serta yang sejenisnya. Apakah ini yang dikatakan cinta?

Bahkan kita sering mendengar, menyaksikan dalam kehidupan di tv, atau di film-film, bahwa seseorang hanya jatuh cinta setelah dia melihat kecantikan atau kegantengan yang dimiliki orang lain. Apakah benar ini ada kaitannya antara cinta dan keindahan cinta?

Sangatlah sering kita menyaksikan atau mendengar, banyak wanita yang hamil di luar nikah. Bahkan masih dibilang usia yang sangat muda. Mereka telah melakukan hubungan suami istri di luar nikah, hanya karena mereka bilang bahwa mereka melakukannya demi cinta. Pantaskah yang mereka lakukan itu disebut dengan cinta?

cinta dalam ajaran islam
cinta dalam ajaran islam

Bagaimanakah pandangan Islam mengenai cinta yang suci?

  1. Cinta dalam ajaran Islam

Cinta (love) secara bahasa adalah sangat suka atau sangat senang. Cinta menurut istilah, rasa kasih sayangnya yang muncul dari lubuk hati yang paling dalam dan rela berkorban untuk yang di cintainya tanpa mengaharap imbalan apapun dari siapa pun kecuali imbalan itu datangnya dan diridhoi oleh Allah.

Dalam agama Islam, kasih sayang adalah identitas dan asas dari keimanan. Hal ini membuktikan bahwa pengaruh agama terhadap hati nurani, seperti halnya merupakan kesaksian jiwa manusia. Menurut istilah dalam Islam, belum di akui beragama bila ia tak memiliki perasaan kasih sayang.

Dalam Surat At-Taubat 9:24, Allah berfirman : “Jika bapa-bapa (para pembesar dan nenek moyang), anak-anak, saudara-saudara, istri-istrimu, kaum keluargamu, harta kekayaan, yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatirkan kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, lebih kamu cintai daripada mencintai Allah dan Rasulnya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan (azab/siksaan)-Nya, dan Allah tidak akan memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik”.

  1. Cinta terhadap Sang Pencipta

Sebagai makhluknya Allah,manusia berusaha untuk selalu mengadakan hubungan hubungan baik dengan Allah, berupa hubungan ibadah dengan-Nya. Seseorang pemeluk agama akan merasakan yakin bahwa dengan selalu mengadakan hubungan baik dengan Tuhan-Nya, maka hidupnya akan baik pula. Bahagia atau tidaknya dal hidup seseorang adalah tergantungnya hubungan baik tidaknya terhadap Allah.

Cinta kepada Snag Pencipta adalah cinta makhluk atau hamba kepada makhluk Sang Pencipta. Dengan jalan mengakui tanpa ragunya akan kebesara-Nya. Apa yang di perintahkan-Nya, akan dilaksanakan, dan apa yang dilarangnya akan dihindari. Cinta terhadap Allah tidak bisa lepas dari akhlak, keimanan, dan tauhid.

  1. Cinta terhadap Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup, yang berupa alam sekitar. Ada udara, air, tumbuh-tumbuhan, hewan, dan lainnya, merupakan prasarana dari kehidupan yang harus tetap di pelihara keserasiannya. Maka segala sesuatu yang dapat merusak lingkungan hidup, harus dicegah. Karena dapat berakibat kehidupan yang tak bersih, tak tertib, dan tak aman. Itulah sebabnya, Islam melarang bahkan mengutuk orang-orang yang melakukan kegiatan yang dapat merusak lingkungan.

Dalam agama Islam mengajarkan pada umatnya, agar mengasihi semua binatang dan melarang pada umatnya untuk menyiksa binatang. Sebagai salah satu sumber dari makanan kita juga harus menghormati mereka dengan berdoa dan tidak membunuh mereka dengan lebih dari yang kita makan.

Dalam ajaran agama Islam, mengatakan bahwa manusia merupakan bagian yang tak bisa terpisahkan dari alam semesta yang saling mendukung dengan seluruh bagian alam itu. Dan karena individu manusia merupakan bagian yang tak terpisahkan dan bekerja sama dengan seluruh alam semesta ini, maka tak boleh jika tak ada ketidakserasian antara mereka satu sama yang lainnya.

  1. Cinta terhadap Sesama Manusia

cinta islami
cinta islami

Islam mengajarkan cinta terhadap sesama manusia tidak bisa lepas dari rasa cintanya terhadap penciptanya. Karena cinta dalam Islam terhadap Tuhan yaitu Allah SWT, berarti cinta terhadap sesama manusia sebagai ciptaan-Nya. Hal ini juga berkaitan dengan yang namanya akhlak.

Rasa sebuah cinta terhadap sesama manusia tidak bisa lepas dari kemanusiaan. Pandangan dalam agama Islam menyatakan, bahwa kemanusiaan merupakan satu kesatuan. Berbeda-beda bagiannya untuk membentuk satu masyarakat, berjenis-jenis dalam keserasian, dan berlain pendapat untuk saling melengkapi satu sama lain dalam mencapai tujuan.

Pada prinsipnya, cinta terhadap sesama manusia adalah saling mengenal, tolong menolong, dan keserasian. Meunurut pandangan dalam agama Islam, rasa cinta terhadap sesama manusia bisa diwujudkan dari salah satunya keadilan dan persamaan derajat di antara manusia.

Semoga dari artikel yang kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi kita semua.

Leave a Reply