habitat kucing

Mari Simak Seperti Apakah Habitat Dan Karakter Kucing

Posted on

Kucing merupakan salah satu jenis mamalia karnivora yang memiliki banyak jenis. Dan kucing merupakan jenis mamalia karnivora yaitu dimana kucing memakan daging-dagingan. Jika anda mendengar kata peliharaan kucing pasti anda memikirkan hewan peliharaan yang jinak kan.

Memang saat ini kucing dianggap salah satu hewan peliharaan yang populer di dunia. Kucing trah atau galur murni adalah kucing yang memiliki garis keturunan secara resmi seperti persia, siam, manx, dan sphinx. Kucing seperti ini biasanya dikembangbiak kan pada tempat pemeliharaan hewan yang tercatat resmi. Sebenarnya jumlah kucing ras hanyalah 1% dari seluruh kucing di dunia, akan tetapi sisa dari keturunan kucing tersebut adalah keturunan campuran yaitu kucing liar yang biasa disebut kucing kampung.

Peliharaan yang terhebat di dunia adalah kucing, tidak ada yang bisa mengalahkan predator yang satu ini. Kucing ini memang lucu tapi dibalik kelucan tersebut kucing dapat membunuh atau memakan beberapa ribu spesies yang lain. Sebenarnya kucing juga kategori hewan yang berbahaya bagi manusia loh, dimulai dari gigitan nya cakaran nya dan air liur nya. Tapi dkarenakan ukurannya yang kecil, manusia menganggap remeh bahwa kucing tidak begitu bahaya bagi manusia. Bahaya yang dapat timbul sangatlah bermacam-macam dimulai dari terjadinya infeksi rabies akibat gigitan kucing dan juga cakaran dari kuku kucing yang sangat perih atau bisa juga terkena bakterinya dari air liurnya.

Sering sekali terjadi kucing menyebabkan kepunahan hewan yang lain. Kucing ini memiliki anggota tubuh yang dapat menyergap dan melumpuhkan mangsa. Cara yang dilakukan oleh kucing ini ada kemiripan dengan hewan predator yang lain seperti harimau atau pun singa. Kucing juga dapat menggigit leher mangsa dengan gigi taring yang tajam sampai terjadi luka pada saraf tulang belakang atau menyebabkan mangsa kehabisan napas dengan merusak tenggorokan yang akhirnya berujung fatal yaitu kematian. Seperti apakah karakter kucing yang sebenarnya. Baca artikel di bawah ini.

kucing makan tikus
kucing makan tikus
Kucing dianggap memiliki musuh terbesar yaitu sang tikus seperti yang digambarkan dalam film tom and jarry. Ntah kenapa semua jenis kucing memiliki rasa benci pada tikus terutama kucing liar atau kucing kampung. Kebanyakan kucing kampung dianggap karnivora yang sempurna dikarenakan si kucing ini dilengkapi dengan memiliki gigi taring yang tajam dan saluran pencernaan yang khusus. Gigi taring yang sangatlah tajam tersebut memiliki fungsi merobek daging sang tikus.  Gigi taring pada tikus hampir memiliki kesetaraan tajam nya dengan gunting. Meskipun ciri khas gigi ini terdapat pada anjing tetapi ciri khas ini lebih melekat pada tubuh sang kucing.

Kucing dianggap berbeda dengan karnivora yang lain karena kucing tidak memakan makanan makanan yang mengandung tumbuh-tumbuhan. Anjing memang dikategorikan hewan karnivora tetapi anjing masih terkadang memakan makanan yang menganduh buah sebagai suplemen. Akan tetapi kucing hanya memakan makanan yang mengandung daging-daging apalagi daging hasil buruan yang masih segar.

Dalam penangkaran hewan memang sengaja kucing tidak diadaptasikan dengan hewan pemakan vegetarian karena kucing tidak dapat mensintesis semua asam-asam amino, yang kucing butuhkan hanya lah daging segar. Berbeda dengan anjing peliharaan, anjing peliharaan cenderung sering diberi makan produk campuran daging dan sayuran. Dan otomatis anjing ini terkadang dapat beradaptasi dengan makanan vegetarian secara total.

Memang kucing ini memiliki reputasi hewan yang suka menyendiri, akan tetapi kucing terkadang juga dapat membentuk koloni liar. Tetapi kucing tidak menyerang dalam kelompok seperti singa karena setiap kucing memiliki daerahnya sendiri-sendiri.

kucing berkelahi
kucing berkelahi

Kucing yang sedang berkelahi biasanya terlihat seperti menegakkan rambut tubuhnya dan si kucing akan melengkungkan punggung agar mereka tampak lebih besar, sehingga musuh merasa takut dengan tubuhnya yang cukup besar tersebut. Serangan dari kucing ini biasanya terletak di bagian wajah akibat tamparan yang mematikan. Selain wajah tubuh dan kaki depan biasanya juga terdapat luka akibat gigitan si kucing. Selain kucing jantan kucing betina kadang juga terlibat perkelahian untuk melindungi anak-anaknya dan melindungi daerahnya.

kucing hamil
kucing hamil

Untuk kucing betina masa kehamilan kucing biasanya berkisar 63 hari. Anak kucing terlahir dengan keadaan buta dan tuli, karena mata anak kucing baru bisa terbuka pada usia kurang lebih 8 sampai 10 hari. Dan anak kucing akan disusui oleh sang betina tetapi mereka para anak kucing juga akan disapih oleh ibunya pada usia kurang lebih 6 sampai 7 minggu. Untuk masalah kematangan seksual pada kucing ini, biasanya dicapai kurang lebih pada umur 10 sampai 15 bulan. Salah satu kelebihan kucing yaitu dapat mengandung lebih dari satu janin bahkan dapat mengandung 4 janin sekaligus karena rahimnya memiliki bentuk yang khusus dengan 4 bagian yang berbeda.

kucing gendut
kucing gendut

Berat badan kucing jantan dan betina jelas berbeda. Lebih dominan berat kucing jantan daripada kucing betina tetapi jika kucing betina sedang hamil maka kucing betina lah yang lebih berat. Rata-rata keseluruhan kucing memiliki berat badan antara 2,5 hingga 7 kilogram. Akan tetapi jika diberi makan berlebihan kucing dapat mencapai berat badan 10 kg bahkan lenbih berat lagi. Kondisi kucing dengan berat badan yang berlebih otomatis menjadikan kucing menjjadi tidak sehat dan akan menurunkan tingkat kepanjangan umurnya. Jadi jika anda ingin memberi makan kucing maka berikan secukupnya saja.

Kucing yang dipelihara di dalam rumah harus diberi kotak kotoran yang berisi pasir, kotak pasir tersebut memiliki fungsi tempat buang kotorang sang kucing. Terdapat juga bahan khusus yang dijual di toko hewan peliharaan untuk membuang kotoran kucing. Tambahkan juga tempat khusus bagi kucing untuk mencakar. Karena dengan menambahkan tempat khusus untuk mencakar si kucing tidak akan merusak perabotan anda yang lain karena sudah disediakan.

Kucing tergolong hewan yang bisa menjaga kebersihan. Mereka sering merawat diri dengan cara menjilati bulu-bulu mereka, dimulai dengan menjilati bagian wajah sampai ekor. Air liursang kucing merupakan alat pembersih yang kuat pada tubuh sang kucing akan tetapi pada manusia berdampak lain yaitu dapat memicu alergi pada manusia dikarenakan bakteri yang terkandung pada air liurnya.

kucing tidur
kucing tidur

Cara kucing menyimpan energinya cukup unik dengan cara sering tidur, jika dibandingkan dengan hewan peliharaan yang lain kucing termasuk hewan yang tergolong lebih sering tidur. Lama tidur kucing sangat bermacam-macam, tidur perharinya berkisar antara 12 sampai 16 jam atau bahkan bisa lebih lama lagi.

Demikian artikel yang kami buat semoga dapat menambah wawasan anda. Terimakasih.

Leave a Reply