Makanan Khas Orang Betawi Lezat Dan Wajib Dicoba

Posted on

Kebudayaan betawi memang sangat menarik, namun tahukah kamu jika kuliner disanapun juga tidak kalah menarik. Orang akan terkesan akan kelezatan, keunikan dan beragamnya kuliner disana. Mungkin bagi orang yang menetap di Jakarta atau bahkan memang berasal dari suku betawi mungkin sudah asing dengan kuliner betawi.

Namun jika kamu adalah yang baru menginjak tanah Jakarta, mungkin kamu akan banyak menjumpai kuliner asal betawi dan bisa jadi anda akan terkesan mungkin akan menjadi suatu pengalaman kuliner kamu yang takkan terlupakan. Ingin tahu apa saja kuliner khas betawi? Lihat artikel berikut yuk.

1. Kerak Telor

Hasil gambar untuk Kerak Telor
Kerak Telor

Kalau yang satu ini mungkin sudah tak asing lagi di telinga bukan? Yap kerak telor, hidangan khas betawi ini memang sangat identik sekali dengan betawi. Tak lengkap jika halnya berkunjung diJakarta kalau belum nyobain kuliner yang satu ini. Adapun bahan pembuatannya adalah telur bebek atau telur ayam, beras ketan putih, ebi yang disangrai kering jadi srundeng, dan bawang goreng. Kerak telor biasanya diberi toping kelapa sangrai dan lain lain.

2. Nasi Uduk Betawi

Gambar terkait
Nasi Uduk Betawi

Kenapa nasi uduk itu menjadi kuliner yang berbeda dengan kuliner nasi lainnya? Karena pembuatan nasinya yang menggunakan air santan, daun salam, daun jeruk, dan serai. Ini yang membuat nasi uduk menjadi berbeda dan lezat tentunya. Nasi uduk betawi ini mempunyai rasa yang gurih dan memiliki aroma yang khas. Nasi uduk betawi ini biasanya ditaburi dengan taburan bawang goreng, ayam goreng, sambal dan pelengkap lainnya beserta daun kemangi.

3. Gado Gado Betawi

Hasil gambar untuk Gado Gado Betawi
Gado Gado Betawi

Kuliner selanjutnya adalah betawi, namun tahukah jika ternyata gado gado itu kata yang berasal dari betawi yang berartikan campur aduk. Gado gado terbuat dari campuran sayuran yang direbus bersama dengan kentang, tempe, telur rebus yang kemudian disiram bumbu kacang dan ditaburi dengan kerupuk. Akan lebih nikmat jika disantap dengan lontong.

4. Semur Jengkol

Hasil gambar untuk Semur Jengkol
Semur Jengkol

Waah siapa sih yang nggak kenal jengkol? Yang paling sering masuk TV karena terkenal akan baunya. Untuk beberapa orang yang tidak menyukainya karena baunya, tapi lainnya halnya dengan orang yang menyukainya ia tidak akan memperdulikan baunya akan tetapi rasa yang mereka dapatkan dari semur jengkol tersebut. Orang yang menyukainya akan berkata bahwa semur jengkol adalah makanan terlezat. Sebenarnya jengkol rasanya pahit, namun karena dibumbuhi dan campuran rempah, jengkol menjadi makanan yang lezat untuk disantap. Kalau berkunjung ka Jakarta jangan lupa mencoba kuliner yang satu ini.

5. Soto Betawi

Hasil gambar untuk Soto Betawi
Soto Betawi

Yang membuat soto betawi berbeda adalah campuran santannya, adapun campurannya irisan daging sapi beserta jeroan dan organ sapi dan hewan lainnya seperti ayam. Banyak orang yang menyukai soto ini karena kegurihannya dan kelezatannya. Orang menyukainya karena soto ini berbeda dengan soto lainnya.

6. Asinan Betawi

Hasil gambar untuk Asinan Betawi
Asinan Betawi

Asinan betawi biasanya terbuat dari sawi, kol, tauge, tahu putih, dan seladayang ditaburi dengan kacang tanah goreng. Semua itu disiram dengan kuah bumbu kacang serta dicampur cuka dan cabai dengan krupuk mie besar berwarna kuning.

7. Nasi Ulam

Hasil gambar untuk Nasi Ulam
Nasi Ulam

Nasi ulam ini memang sudah jarang ditemui. Nasi dengan berbagai pelengkap hidangan ini telah lama menjadi favorit masyarakat betawi. Nasi ulam biasanya di sajikan dengan berbagai macam lauk seperti telur dadar, cumi, semur tempe, semur tahu, tempe goreng, perkedel dan dendeng.

8. Soto Tangkar

Gambar terkait
Soto Tangkar

Soto tanggar adalah hidangan khas betawi dan sekilas hidangan ini mirip dengan soto betawi. Kata tanggkar berasal dari betawi yang berarti iga. Soto tangkar ini sangat cocok di nikmati saat cuaca dingin atau saat hujan dengan tambahan nasi dan sambal pedas.

9. Sayur Besan

Hasil gambar untuk Sayur Besan
Sayur Besan

Hidangan khas betawi bisanya disajikan saat acara pernikahan betawi. Sayur ini hampir sama dengan sayur lodeh bahkan rasanyapun juga tidak jau beda dengan sayur lodeh, kuahnya putih dan dengan banyak macam sayuran didalamnya seperti kentang rebus, petai, daun bawang, bawang goreng dan cabe.

10. Gabus Pucung

Gambar terkait
Gabus Pucung

Kuliner khas betawi ini berbahan utama ikan gabus dan berkuah hitam pekat yang berasal dari pucung dengan campuran kluwak. Nampak sekilas kuah pucung mirip dengan kuah rawon, namun kuah pucung memiliki tekstur yang berbeda. Makanan ini disajikan dengan ikan gabus goreng lalu disiram dengan kuah pucung.

Leave a Reply