Posisi yang Salah Ketika Menggunakan Gadget

Posted on

Gadget adalah salah satu kebutuhan yang tidak bisa tergantikan, kemajuan teknologi kini merajalela hingga seluruh aktivitas Indonesia. Apa jadinya jika sehari kamu tanpa ponsel? Mungkin sebagian orang bisa saja melakukan seharian yang tanpa ponsel. Tapi tidak bisa untuk orang yang bergantung pada informasi up to date, ini akan terasa sulit untuk lepas dari dunia digital.

posisi-yang-salah

Tanpa kita sadari posisi yang ternyata salah dan berbahaya, padahal posisi itu sangat nyaman bagi kita. Yuk simak, posisi apa saja yang membahayakan bagi kita.

  • Tidur tengkurap dengan badan yang separuh terangkat

Lebih baik kamu tidur berguling kesamping, ambil posisi yang akan meringankan tugas punggungmu. Gunakanlah satu tangan dan beralih dengan ke tangan lainnya untuk beberapa menit sekali. Hal ini untuk menghindari penghambatan aliran darah pada tubuh.

  • Posisi berdiri dengan ponsel yang berada sejajar dengan pusar sehingga kepala tertunduk

Jika kamu berada dalam posisi yang seperti ini, hal ini akan mempercepat degenerasi tulang belakangmu yang membahayakan otot lehermu. Untuk itu, kamu bisa memposisikan ponselmu lebih tinggi hingga sejajar dengan dada.

  • Duduk bersandar sambil bermain gadget dengan paha yang tertekuk dan posisi badan yang condong ke depan

Jika kamu sengaja menggunakan gadget untuk menunggu ngantuk. Lebih baik lakukanlah dengan posisi berbaring menyamping dengan bergantian ke kanan dan ke kiri. Perlu diingat, jangan sampai menutup sebelah mata saat memainkan gadget saat tidur posisi miring karena bisa menyebabkan kebutaan sementara.

  • Posisi tengkurap dengan leher yang terjulur menatap ponsel yang ditaruh di lantai

Kamu bisa menggantikan posisi ini dengan rebahan terlentang dan memegang gadget di kedua tangan di atas kepala. Tapi jangan sampai terlalu lama agar otakmu tidak tegang.

  • Posisi kepala saat menonton televise yang terlalu menengadah atau menunduk dengan jarak yang terlalu jauh atau dekat

Posisi tubuh yang salah tidak hanya pada saat kamu menggunakan laptop, tablet, atau ponsel. Posisi tubuh juga sering salah ketika menonton televise dengan jarak kepala yang terlalu jauh, terlalu dekat atau televise yang terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Posisi yang seperti ini akan membuat tugas sendi, ligament, otot dan tulang lebih berat daripada biasanya. Dan akibatnya kamu akan cepat lelah dan pegal-pegal.

Gravatar Image
Saya memiliki imajinasi yang cukup tinggi dan saya memiliki cita-cita untuk menjadi pengusaha muda. Selain itu saya juga memiliki keinginan untuk memberikan yang terbaik untuk ayah dan ibu.

Leave a Reply