bahayan air liur kucing
bahayan air liur kucing

Gejala Penyakit Yang Timbul Sebab Air Liur Kucing

Posted on
Tahu nggak sih guys, di balik kelucuan kucing ternyata para kucing itu mengandung bakteri yang sangat membahayakan bagi tubuh kita. Bakteri tersebut berasal dari cakaran dan gigitan si kucing, jangan anggap remeh pada hal tersebut loh.
Selain cakaran dan gigitan tersebut, yang perlu anda ketahui adalah air liur yang bahaya. Air liur kucing memang tidak najis. Tetapi kandungan bakteri pada hewan peliharaan yang satu ini berbahaya bagi kesehatan, bakteri tersebut bernama bakteri Bartonella henselae. Bakteri bartonella henselae ini merupakan bakteri yang menyebabkan infeksi bahkan sampai berujung pada kematian. Bakteri yang sangat ganas bukan, bakteri ini justru menyebabkan penyakit cat scratch disease.
Cat scrath disease merupakan penyakit yang dapat menyerang manusia melalui gigitan, cakaran atau bahkan paparan air liur kucing. Bakteri B. henselae terdapat dalam air liur semua jenis kucing, tanpa terkecuali satu pun. Bakteri ini berawal dari kutu kucing, kutu kucing menyalurkan bakteri tersebut pada si kucing. Keberadaan B. henselae di dalam air liur kucing tidak menyebabkan kucing menjadi sakit atau pun mati, tetapi malah menularkan penyakit bagi kalian yang suka menggendong kucing.
bahaya gigitan kucing
bahaya gigitan kucing
Bakteri B. henselae terdapat pada seluruh macam jenis kucing di belahan dunia. Ketika musim dingin dan gugur bakteri ini sering muncul. Cat scrath disease memang tidak menular dari manusia ke manusia tetapi penyakit ini menular dari cakaran atau gigitan kucing yang sebelumnya telah terpapar bakteri B. henselae tersebut.
Penyakit cat scrath disease ini juga sering menular melalui kontak langsung dengan air liur kucing, terutama jika terdapat luka yang terbuka. Jika seseorang telah tertular cat scrath disease, maka orang tersebut biasanya akan menciptakan imun sehingga kebal terhadap serangan cat scrath disease berikutnya. Sebenarnya pada umumnya penyakit yang satu ini tidak berbahaya atau bisa dikatakan dapat sembuh dengan sendirinya. Setelah dicakar atau digigit kucing biasanya akan terlihat bengkak lalu sembuh. Akan tetapi kesembuhan bakteri tersebut tidak berakhir disitu dalam arti lain luka tersebut akan kembali terlihat lagi dalam waktu 3-10 hari ke depannya. Luka yang tampak kedua ini lah yang mengerikan, luka tersebut akan terlihat merah bahkan sampai bernanah.
Tidak hanya berakhir pada penyakit cat scrath disease tetapi air liur kucing kesayangan anda juga  menyebabkan penyakit Toksoplasmosis. Penyakit ini merupakan bentuk infeksi manusia yang disebabkan oleh parasit protozoa yang bernama Toxoplasma gondii yang biasa disebut T. gondii. T. gondii ini biasanya terdapat pada kotoran kucing. Sebenarnya bakteri T. gondii pada orang yang sehat umumnya tidak membahayakan. Karena sistem kekebalan tubuh naik turun, otomatis bakteri ini lah yang dapat mengendalikan infeksi bakteri ini.
Banyak gejala gejala yang disebabkan bakteri dari air liur kucing, apa saja gejala nya jika tubuh terserang bakteri dari air liur kucing? di bawah ini penjelasannya.
  • Sulit bicara
  • Gangguan penglihatan
  • Gangguan pendengaran
  • Pusing
  • Kejang hingga koma
  • Ruam
  • Demam
  • Menggigil
  • Lemas
  • Sesak napas
  • Hilang selera makan
  • Bengkak yang tidak sembuh dalam waktu lama
cara menghindari tularan air liur kucing
cara menghindari tularan air liur kucing

Lalu bagaimana caranya kita bisa tahu kalau kita terkena bakteri tersebut atau tidak caranya? Cara yang cukup mudah dengan uji kulit dan uji darah. Kami juga akan berbagi tip bagaimana cara kita menghindari bakteri yang disebabkan oleh cakaran, gigitan atau bahkan air liur kucing. Baca artikel dibawah ini.

  • Membiasakan diri selalu mencuci tangan setiap kali memegang kucing
  • Hati-hati ketika memmegang kucing, jangan sampai kucing menjadi merasa terganggu
  • Mandikan kucing secara teratur, minimal seminggu sekali
  • Jika ada kucing yang berkelahi sebaiknya tidak usah dilerai sebab hal ini mecegah terkena cakaran atau gigitannya kucing

Sudah tahu kan apa saja bahaya air liur kucing? Usahakan jangan terlalu sering membelai kucing, karena berbahaya. Demikian artikel kami semoga dapat menambah wawasan anda.

Leave a Reply